PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rumus Gravitasi Newton, Fisika Dasar

Rumus Gravitasi Newton, Fisika Dasar

Rumus Gravitasi Newton – Pengertian Gravitasi secara umum adalah gaya tarik menarik yang terjadi antara semua partikel yang memiliki massa di Alam Semesta dan Planet Bumi yang memiliki massa yang sangat besar yang menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda disekitarnya seperti makhluk hidup dan benda – benda yang ada di Bumi bahkan Meteor. Gaya gravitasi ini bisa dibuktikan sendiri dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan menjatuhkan benda apapun dari atas, pasti benda tersebut akan jatuh atau pada malam hari pasti pernah melihat meteor yang jatuh.

rumus gravitasi newton

Ini karena Daya Tarik Benda (Apel atau Meteor) ke Bumi jauh lebih kecil daripada Daya Tarik Bumi ke Apel atau Meteor. Kemudian dalam Fisika tentang Gaya Gravitasi dikenal dengan istilah Hukum Gravitasi Newton karena dalam Hukum Gravitasi Universal Newton dirumuskan sebagai berikut, “Setiap massa menarik massa lain dengan gaya garis yang menghubungkan inti kedua massa. Besarnya gaya tarik menarik yang terjadi berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara dua titik massa.

Hukum Gravitasi Universal Newton dikemukakan oleh Issac Newton yang merupakan seorang Fisikawan, Astronom, Matematikawan, Filsuf Alam, Teolog dan Alkiwiawan dalam sebuah artikel di Jurnal Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687 dan berkembang lagi teori bahwa setiap benda langit akan saling menarik satu sama lain dan hal ini dapat menjelaskan mengapa Bumi harus berputar mengelilingi Matahari untuk mengimbangi Gaya Tarik Gravitasi Bumi dengan Matahari.

rumus dasar gaya gravitasi

Di bawah ini adalah gambar yang menjelaskan cara kerja Rumus Gaya Gravitasi Newton di atas dengan dua buah benda yang mengalami gaya gravitasi dengan penjelasan bahwa F12 adalah gaya gravitasi yang diberikan oleh m1 pada m2 dan F21 pada gambar di bawah ini menjelaskan bahwa gaya yang diberikan oleh m2 pada m1 . F12 bekerja pada m2 menuju m1, dan sebaliknya F21 bekerja pada m1 dan menarik m1 menuju m2. Kemudian F12 dan F21 memiliki besar yang sama dengan arah yang berlawanan sehingga disebut pasangan aksi-reaksi dan pada gambar di bawah juga terdapat elemen r dimana elemen r adalah jarak antara pusat m1 dan pusat m2 .

Hukum Gravitasi Newton

Mungkin jika Anda kesulitan memahami penjelasan pada Gambar di atas yang menjelaskan cara kerja Rumus Dasar Gravitasi Fisika, maka Anda bisa melihat langsung Contoh Soal Fisika Gravitasi yang telah kami buat di bawah ini yang tentunya sudah memiliki jawaban lengkapnya.

Contoh Soal dan Jawaban Gaya Gravitasi

Hitunglah besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada pesawat ruang angkasa yang memiliki massa 2.500 kg dan mengorbit di dalam Bumi dengan radius orbit 13 x 106 m?, diketahui massa bumi adalah 5,98 x 1024 kg.

Contoh gaya gravitasi Newton

Demikian pembahasan dan ulasan tentang Rumus Gravitasi Fisika yang telah kami buat dengan contoh soal secara lengkap dan semoga apa yang telah kami jelaskan dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang tentunya pelajar atau mahasiswa di jenjang sekolah menengah pertama (SMP) atau sekolah menengah atas (SMA) di seluruh Indonesia karena tidak bisa dipungkiri ilmu Gaya Gravitasi Newton sering muncul dalam Pelajaran Fisika tingkat SMP dan SMA sehingga anda sebagai pelajar dan mahasiswa pasti mengetahui atau minimal mengetahui tentang Rumus Dasar Gravitasi Fisika agar ketika anda datang Soal-soal Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, kalian bisa mengerjakan soal-soal tersebut dengan benar. Benar.

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad