PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Sektor-sektor Ini Bisa Selamatkan Indonesia dari Ancaman Resesi

Sektor-sektor Ini Bisa Selamatkan Indonesia dari Ancaman Resesi

Screenshot 20230302 115627 Gallery 1782446972

PUSATDAPODIK.COM l Perusahaan Jasa Keuangan Global, JP Morgan memprediksi kemungkinan terjadinya resesi ekonomi di Indonesia sangat kecil dan dipastikan tidak akan terjerumus ke dalam resesi tahun ini.

Seperti pasar saham Indonesia yang diprediksi mencapai level 7500 tahun ini. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga diprediksi tumbuh 3%.

Baca Juga: Polisi Berhasil Menangkap Satu Debt Collector

Lantas sektor apa saja yang bisa menopang perekonomian Indonesia di tahun 2023?

1. Sektor Barang Konsumsi
Jumlah penduduk Indonesia yang besar sangat mempengaruhi tingkat konsumsi domestik.

Hal ini menarik investor asing untuk datang ke Indonesia.

Tahun lalu, produk domestik bruto (PDB) mencapai USD$1,2 triliun atau Rp. 18,302 triliun, dimana 55% dari jumlah tersebut merupakan konsumsi dalam negeri.

Baca Juga: Pernah Jadi Orang Terkaya di Dunia, Sosok Ini Kini Kembali ke Titik Awal

“Kita memiliki 280 juta orang, jadi pasarnya sangat tangguh. Padahal, jika terjadi perlambatan ekonomi global, investor mencari pasar domestik yang sangat kuat. Salah satunya Indonesia,” ujar Head of Indonesia Research & Strategy JP Morgan Indonesia Henry Wibowo pada Rabu (3/1/2023) di Jakarta.

2. Bidang Perbankan
Pertumbuhan positif sektor perbankan juga menjadi salah satu faktor yang mungkin bisa membuat Indonesia sedikit terobati dari ancaman resesi tahun ini.

Tahun lalu, sektor perbankan tumbuh 12%, dan melebihi ekspektasi. Sedangkan tahun ini, sektor perbankan diprediksi tumbuh 10%.

Baca Juga: Video Viral Personel TNI AD Pukuli Warga, Gara-gara Ini

3. Bidang Ekonomi Digital
Mungkin terlalu dini untuk membahasnya, namun ekonomi digital merupakan sektor yang paling menguntungkan untuk menekan bahkan mengurangi dampak inflasi bagi Indonesia.

Head of Indonesia Research & Strategy JP Morgan Indonesia, Henry Wibowo mengungkapkan industri ekonomi digital bernilai USD$50 miliar atau sekitar 5% dari PDB Indonesia pada 2022.

www.posflores.com

Comment
Share:

Ad