PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran SEL Manfaat Berbagi Pujian Dengan Siswa dan Staf

SEL Manfaat Berbagi Pujian Dengan Siswa dan Staf

hero blog administration and leadership illustrationi iSpot a932ir1172 Bejar scaled

Tindakan kebaikan kecil dapat mengubah corak hari seseorang. Memberi seseorang pujian, memberi tahu mereka betapa berartinya mereka bagi Anda, atau hanya membagikan kata-kata penyemangat dapat mengubah pandangan keseluruhan seseorang.

Selama enam tahun terakhir, staf dan siswa di Sekolah Menengah Wayne Valley di New Jersey telah berpartisipasi dalam kegiatan yang dikenal sebagai Pujian Pihak Ketiga. Setiap tahun, kami berbagi antara 2.500 dan 3.000 pesan kebaikan dan kepositifan anonim di seluruh komunitas sekolah kami.

Kepositifan dan Dorongan

Saya mendapat ide untuk ini dari pemecah es yang diperkenalkan kepada saya oleh saudara ipar saya. Tiga orang dipisahkan dari kelompok. Mereka diisolasi satu sama lain dan dibawa kembali satu per satu. Mereka ditutup matanya dan menyerahkan 10 sen untuk dibuang ke tong sampah. Untuk orang pertama, tidak ada yang berbicara saat mereka melempar uang. Untuk orang kedua, orang banyak mengolok-olok mereka selama tugas, dan untuk orang ketiga, orang banyak memberi semangat.

Anda mungkin dapat menebak bahwa orang terakhir melakukan tugas dengan sangat baik, tetapi yang mungkin mengejutkan Anda adalah bahwa setiap kali saya melakukan aktivitas ini, orang yang tidak menerima umpan balik selalu tampil pada tingkat yang sama dengan orang yang menerima umpan balik negatif. Kegiatan ini memberikan bukti kekuatan positif dan dorongan.

Kami memanfaatkannya di sekolah saya melalui proyek pujian kami, yang merupakan salah satu dari beberapa kegiatan pembelajaran sosial dan emosional yang kami lakukan. Prosesnya dimulai dengan staf dan siswa menggunakan Formulir Google untuk mengirimkan pujian dan pesan positif bagi siapa pun dalam komunitas sekolah kami. Tautan ke formulir diposting di media sosial, dikirim melalui email ke staf dan siswa, diposting di Google Classroom, dan juga tersedia melalui kode QR yang dipasang di sekitar gedung.

Logistik

Formulir disetel untuk hanya menerima tanggapan dari email dalam domain sekolah kami dan untuk mengumpulkan alamat email responden. Penting bagi kita untuk mengetahui siapa yang mengirimkan pesan tersebut untuk alasan keamanan. Selama periode tiga minggu, tujuan kami adalah memberi setiap orang kesempatan sebanyak mungkin untuk mengirimkan pesan positif mereka.

Setelah semua pesan terkumpul, kami memberi waktu dua minggu untuk memilah, mengatur, dan menyiapkan pesan untuk disampaikan ke komunitas sekolah kami. Ada fokus yang disengaja pada detail untuk memastikan bahwa setiap siswa dan anggota staf menerima pesan.

Bagian ini sedikit rumit, tetapi dengan penyortiran kreatif menggunakan Google Sheets, itu bisa dilakukan. Autocrat, add-on untuk Spreadsheet, adalah alat penggabungan email yang menarik data dari berbagai kolom di Spreadsheet dan menambahkannya ke template. Setelah penggabungan terjadi, setiap pesan akan ditambahkan ke template di Google Doc. Sekarang datang kerja manual! Banyak pemotongan dan pengorganisasian.

Setelah pesan siap untuk dibagikan, pesan akan disusun menjadi dua grup. Sebagian besar pesan didistribusikan melalui kelas pendidikan jasmani secara berkelompok selama seminggu. Selama proses penyortiran, sekitar 100 pesan diidentifikasi untuk dikirim secara langsung. Pesan-pesan ini dipilih karena sangat menyentuh hati dan berdampak sekaligus menyoroti siswa dan staf yang biasanya tidak diperhatikan atau dikenali.

Upaya Tim

Siswa, administrator, konselor, dan guru berpartisipasi berkeliling untuk mendistribusikan pesan-pesan ini. Siswa diminta untuk datang ke lorong untuk membaca pujian mereka, dan pesan tersebut dibacakan kepada anggota staf di depan siswa mereka. Siswa TV kami menangkap reaksi otentik terhadap pesan dan menyusunnya menjadi video.

Proses mengumpulkan, memilah, mengatur, dan mendistribusikan pesan membutuhkan banyak komitmen dari banyak orang. Kami memiliki konselor, asisten administrasi, dan siswa yang membantu proses tersebut. Saya benar-benar dapat mengatakan bahwa melihat reaksi orang-orang yang menerima pesan itu sangat berharga dan sepadan dengan setiap menit energi yang dibutuhkan.

Bunda Theresa berkata bahwa kata-kata yang baik bisa pendek dan mudah diucapkan, tetapi gaungnya benar-benar tidak ada habisnya. Meskipun prosesnya memakan waktu, dampak program ini terhadap iklim sekolah kita tidak dapat disangkal. Staf dan siswa secara konsisten berbagi dengan saya bahwa ini adalah kegiatan favorit mereka tahun ini. Kegembiraan dan kebahagiaan murni dalam tanggapan setiap orang yang membaca pesan mereka membuat semua pekerjaan untuk menyatukan aktivitas ini sepadan.

Comment
Share:

Ad