PusatDapodik
Home Dapodik Informasi Dapodik Seleksi PPPK Guru akan di Buka November 2024 Dengan 781 ribu Formasi

Seleksi PPPK Guru akan di Buka November 2024 Dengan 781 ribu Formasi

Seleksi PPPK Guru akan di Buka November 2022 Dengan 781 ribu Formasi

Seleksi PPPK Guru akan di Buka November 2022 Dengan 781 ribu Formasi – Rekrutmen PPPK guru tahun 2022 hendak lekas dibuka bulan November tahun ini. Pilih guru ASN PPPK sesi 3 hendak berlangsung dari pekan ketiga November serta pengumuman kelulusan pekan ketiga sampai pekan keempat Desember 2022.

Pelaksana tugas( Plt.) Direktur Jenderal Guru serta Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, berkata pada pilih PPPK guru 2022 ini terdapat 3 kelompok yang hendak jadi prioritas buat dinaikan selaku guru PPPK, ialah:

  1. Kelompok Prioritas 1

Tenaga Honorer eks Jenis II( THK- II), Guru non- ASN, lulusan Pembelajaran Profesi Guru( PPG), serta guru swasta, yang sudah menjajaki pilih PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2021 serta telah penuhi nilai ambang batasan namun belum menemukan formasi.

  1. Kelompok Prioritas 2

Prioritas kedua merupakan guru THK- II

  1. Kelompok Prioritas 3

Kelompok prioritas ketiga merupakan guru non- ASN di sekolah negara yang terdaftar di Informasi Pokok Pembelajaran( Dapodik) dengan masa kerja minimun 3 tahun.

” Buat lulusan pembelajaran profesi guru( PPG) yang terdaftar di basis informasi Kemendikbudristek dan mereka yang terdaftar pada Dapodik masuk dalam jenis pelamar universal,” katanya dikutip dari web Pusat Layanan Pembelajaran Kemendikbudristek, Selasa( 27/ 9/ 2022).

Deputi Bidang Sistem Data Kepegawaian BKN, Suharmen, berkata pilih PPPK guru 2022 dilaksanakan lewat sistem Tes Nasional Berbasis Pc( UNBK) dan proses pendaftarannya menjajaki skema yang diatur di dalam Peraturan Presiden( PP) No 11 tahun 2017 maupun di dalam PP no 49 tahun 2018.

Pilih PPPK guru ini merupakan peluang baik untuk guru honorer buat menjajaki pilih. Suharmen melanjutkan, BKN hendak menjamin transparansi serta keketatan demi memperoleh PPPK guru yang bermutu serta berintegritas.

Masih Diperlukan 781 Ribu Orang Guru

Nunuk Suryani berkata, di satuan pembelajaran negara, angka kebutuhan guru menggapai 2, 4 juta orang, tercantum guru agama. Buat menutupi kebutuhan tersebut, dikala ini sudah ada 1, 3 juta guru ASN, Guru DPK, Guru yang sudah lulus Passing Grade di tahun 2021, serta penciptaan PPG Pra Jabatan.

” Jadi kami masih kekurangan guru ASN di sekolah negara sebanyak 781 ribu,” ucapnya.

Nunuk melanjutkan, total usulan formasi dari Pemerintah Wilayah yang sudah di verifikasi/ validasi Kemenpan- RB baru terdapat dekat 319 ribu pada tahun 2022, ataupun di dasar 50 persen.

” Seluruh provinsi telah membuka formasi, namun terdapat yang timpang. Selaku contoh, Kepulauan Riau cuma menganjurkan 718 dari total kebutuhan 3. 064 guru. Terdapat wilayah lain semacam Jawa Barat yang mengajukan 3. 800 dari 26 ribu kebutuhan, kata Nunuk.

Buat pengajuan kebutuhan PPPK guru menggapai 41 persen dari seluruh kebutuhan.

Comment
Share:

Ad