PusatDapodik
Home Guru Sertifikasi Pendidik Checking, Ini Link Validnya! Buruan Cek Sekarang Juga!!

Sertifikasi Pendidik Checking, Ini Link Validnya! Buruan Cek Sekarang Juga!!

PUSAT DAPODIK – Akhir-akhir ini sedang diperbincangkan terkait sertifikasi pendidik checking atau ada link beredar yang menyatakan bahwa jika guru tersebut dipanggil PPG Daljab 2024. Apakah para guru yang ketika melakukan cek panggilan PPG Dalam Jabatan 2024 kemarin dinyatakan terdaftar di Sertifikasi Pendidik berarti masuk menjadi peserta tahun ini?

Lantas, bagaimana nasib guru yang ketika melakukan pengecekan muncul notifikasi tidak terdaftar Sertifikasi Pendidik? Apakah hal ini berarti guru yang belum mempunyai sertifikat pendidik atau serdik ini benar-benar tidak termasuk peserta PPG Dalam Jabatan 2024?

Seperti yang diketahui bersama, beredarnya link panggilan PPG Daljab 2024 tengah pekan kemarin ini disambut kehebohan yang sangat luar biasa oleh guru non serdik se-Indoneesia.

Berdasarkan pada penelusuran yang telah dilakukan, link tersebut mulai beredar pada hari Rabu 15 Mei 2024. Akan tetapi baru ramai dan heboh sehari setelahnya, yaitu pada hari Kamis, 16 Mei 2024.

Banyak guru yang merasa bersyukur karena namanya dinyatakan terdaftar dalam Sertifikasi Pendidik.  Namun, pada Kamis malam, link panggilan PPG Dalam Jabatan ternyata sudah tidak bisa lagi diakses.

Atau ada juga guru yang mengaku ketika melakukan pengecekan kedua, statusnya telah berubah menjadi tidak terdaftar. Sementara itu, tidak sedikit juga para guru yang mengaku namanya tidak terdaftar dalam Sertifikasi Pendidik di PMM atau Platform Merdeka Mengajar.

Pada Kamis sore melalui tayangan live, Dirjen GTK Prof Nunuk menjelaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax. Apakah benar begitu? untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan di bawah ini dan mari lakukan analisa bersama apakah link panggilan PPG Daljab 2024 itu palsu atau valid.

Prof Nunuk: Jangan Percaya

Dalam tayangan live, Dirjen GTK Prof Nunuk Suryani mengimbau supaya tidak percaya dengan adanya sumber informasi yang datang selain dari Kemdikbud secara resmi. Ia juga menegaskan bahwa satu-satunya informasi valid terkait program profesi guru dalam jabatan hanya datang dari dirinya dan Direktur PPG Andika Ganendra.

“Kalau bukan dari Bu Dirjen yang mengumumkan dan Direktur PPG, itu berarti hoax,” tegas dia.

“Pasti harus diawali dari Bu Dirjen dulu dan Mas Direktur PPG, Mas Dika,” sembungnya.

Ia juga memastikan bahwa sampai dengan saat ini pelaksanaan PPG Dalam Jabatan 2024 sama sekali masih belum dimulai. Akan tetapi, dia juga menyatakan bahwa pihaknya pada saat ini sedang melakukan segala persiapan.

Sementara itu, untuk rencana jadwal pelaksanaan PPG Daljab 2024 yang sesungguhnya akan dimulai pada bulan Juni 2024.

Hal ini akan ditandai dengan peluncuran transformasi PPG Dalam Jabatan dengan melalui Platform Merdeka Mengajar.

“Tepatnya bulan depan akan ada peluncuran secara resmi,” tegas dia.

Sertifikasi Pendidik Checking- Ini Link Validnya! Buruan Cek Sekarang Juga!! (1)

Setidaknya saat ini ada 3 fakta yang mendasari pendapat bahwa link panggilan PPG Daljab 2024 yang beredar itu merupakan valid, bukan hoax.

Untuk diketahui, saat ini ada 2 link yang beredar yaitu:

https://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/  dan

https://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/index.html.

Pertama, jika Anda melihat dari susunan alamat link dan domain utama, dipastikan bahwa link ini merupakan bagian dari website utama dan resmi milik Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Dimana link website resmi Kemdikbudristek yaitu https://www.kemdikbud.go.id/. Sehingga dipastikan tidak ada pihak manapun yang dapat menggunakan domain website Kemdikbud, selain dari Kemdikbud itu sendiri.

Sebagai informasi, domain dotgodotid (.go.id) merupakan sebuah domain resmi milik pemerintah yang mana merupakan singkatan dari Goverment Indonesia. Adapun, domain ini bukan hanya digunakan oleh instansi pusat, tapi juga digunakan di semua website-website resmi pemerintah daerah seluruh Indonesia.

Kedua, bahwa dalam pernyataannya pada tayangan live, Dirjen GTK Prof Nunuk Suryani juga tidak mengiyakan sekaligus tidak membantah soal kevalidan kedua link di atas.

Namun, yang juga cukup penting adalah, Prof Nunuk tidak menyatakan jika kedua link tersebut merupakan link palsu. Dia hanya menyatakan bahwa sekarang ini pihaknya sedang melakukan segala persiapan dan akan melaunching secara resmi pada bulan Juni 2024.

Peluncuran resmi ini tidak lain adalah launching transformasi program profesi pendidikan guru dengan melalui PMM atau Platform Merdeka Mengajar yang dimulai pada tahun ini. Namun, karena masih belum launching secara resmi, maka informasi tersebut disebut hoax.

Ketiga, kemungkinan besar link tersebut berasal dari internal Kemdikbud sendiri, sebab tidak mungkin ada orang luar bisa mengetahuinya. Peristiwa ini sama halnya dengan pengumuman penempatan PPPK guru 2022 lalu, yang mana tersebar sebelum rilis resmi sesuai jadwal.

Pada saat itu beredar link yang jika diakses berupa tabel dalam format excel terkait penempatan PPPK guru 2022. Sama seperti sekarang, saat itu Prof Nunuk juga menyebutkan link tersebut merupakan hoax. Akan tetapi ketika rilis resmi, data tersebut sama persis dengan data yang ada pada link yang lebih dulu tersebar.

Kesimpulan

Nah, itulah di atas pembahasan lengkap terkait sertifikasi pendidik checking atau link valid cek sertifikasi pendidik agar bisa ikut PPG Daljab tahun ini. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Tetap semangat dan semoga jadi peserta PPG Daljab tahun ini ya!

Comment
Share:

Ad