PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Bidang Sosial Budaya

Sikap Selektif Terhadap Pengaruh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Bidang Sosial Budaya

pengaruh IPTEK sosial budaya

Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dewasa ini bagaikan pedang bermata dua. Hal ini dikarenakan iptek dapat membawa manfaat maupun dampak negatif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam bidang sosial budaya yang rentan terhadap pengaruh asing. Maka diperlukan sikap atau filter yang selektif dalam menghadapi pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar kearifan lokal masyarakat tidak tergadaikan dan tertinggal.

Sosial budaya merupakan bidang kehidupan yang dapat dikatakan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal inilah yang perlu mendapat perhatian penuh karena banyak perubahan dan pengaruh dari luar yang masuk ke negara kita melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang teknologi.

Berbagai kemajuan di bidang teknologi telah ditemukan yang telah mempermudah kehidupan manusia. Kemudahan komunikasi dan informasi (IPTEK) memungkinkan berbagai budaya masuk dan mempengaruhi masyarakat pada umumnya dan kaum muda pada khususnya.

Adapun pengaruh kemajuan iptek dalam sosial budaya seperti gaya hidup konsumtif, pergaulan bebas, egoisme, dan mabuk-mabukan adalah beberapa kebiasaan orang luar yang sangat merugikan bangsa Indonesia. Untuk menangkal budaya asing yang negatif sebagai warga negara, kita harus bisa memilih budaya yang pantas atau kita tolak.

Dalam hal ini pancasila memegang peranan penting, jika kebudayaan itu sesuai dengan pancasila atau sifat luhur bangsa kita dapat kita terima. Tapi kalau bertentangan dengan Pancasila kita harus tegas menolaknya. Jika sikap selektif diterapkan maka bangsa Indonesia dapat mencapai kemajuan dan kemakmuran tanpa meninggalkan budaya, norma, adat istiadat dan tradisi asli Indonesia.

Baca juga: Menerapkan Sikap Positif Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Agar manfaat globalisasi dapat terserap ke dalam budaya dan kehidupan sehari-hari, maka perlu diupayakan perubahan nilai dan perilaku di bidang sosial budaya, sebagai berikut:

  1. Terbuka terhadap inovasi dan perubahan

Tanpa perlu menahan diri dan menutup diri terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sikap selektif yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah dengan terbuka terhadap hal-hal yang berbau inovasi dan perubahan dalam masyarakat. Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat kita ambil sisi positifnya bagi peradaban manusia di Bumi untuk kelangsungan hidupnya.

  1. Berorientasi ke masa depan bukan masa lalu

Perkembangan iptek harus dibarengi dengan visi atau tujuan ke depan, agar kemajuan iptek dapat memberikan manfaat yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara serta generasi bangsa.

  1. Dapat memanfaatkan kegunaan ilmu pengetahuan dan teknologi

Kemajuan dan perkembangan masyarakat modern yang begitu pesat dengan munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi harus dioptimalkan dan dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya dalam pemanfaatan iptek untuk menyebarkan nilai-nilai sosial budaya dengan membuat film, video untuk ditonton masyarakat.

  1. Menghargai pekerjaan sesuai dengan prestasi

Kemajuan pesat karena ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa manusia pada berbagai profesi pekerjaan. Oleh karena itu, setiap orang harus dapat menghormati dan menghargai setiap keputusan kerja yang diambil oleh setiap manusia dalam masyarakat. Yang mana memang pekerjaan yang dipilih juga sesuai dengan prestasi yang diperoleh manusia itu sendiri.

  1. Menghargai dan menghormati hak asasi manusia

Setiap manusia di muka bumi ini memiliki kebebasan sesuai dengan aturan Hak Asasi Manusia (HAM). Oleh karena itu, dalam perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, setiap orang harus dapat menghargai orang lain. Dalam mengambil keputusan menurut hak asasi manusia itu sendiri yang berlaku dalam masyarakat.

  1. Memanfaatkan potensi lingkungan secara tepat guna untuk pembangunan berkelanjutan.

Memang akan menjadi penting untuk memanfaatkan potensi alam, lingkungan untuk dikembangkan dalam pembangunan pembangunan berkelanjutan bagi kelangsungan hidup manusia itu sendiri.

Misalnya dapat mengoptimalkan hasil pertanian, sumber daya alam seperti pertambangan, timah, minyak dan gas untuk kesejahteraan masyarakat. Namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan sekitar dan tidak mengeksploitasi hasil alam tersebut secara berlebihan.

Ikuti dan sukai kami:


www.kelaspintar.id

Comment
Share:

Ad