Strategi Jitu Tenaga Honorer dan Non ASN Tembus Seleksi CPNS-PPPK 2024, Ini Rahasianya!

- Penulis

Selasa, 19 Maret 2024 - 22:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20240379 211857448 copy 1800x1200

IMG 20240379 211857448 copy 1800x1200

Pusatdapodik.com Strategi Jitu Tenaga Honorer dan Non ASN Tembus Seleksi CPNS-PPPK 2024, Ini Rahasianya! – Bagi para tenaga kerja honorer, mengikuti proses inklusi dalam pendataan non ASN di Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi langkah penting yang harus diambil sebagai persiapan untuk mendaftar rekrutmen CPNS-PPPK 2024. Informasi mengenai pendataan non ASN tersebut menjadi sangat penting mengingat bahwa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka.

Proses pendataan non ASN masih berada di bawah tanggung jawab instansi masing-masing, termasuk tenaga honorer kategori II yang sudah terdaftar dalam database BKN dan pegawai non ASN yang bekerja di berbagai instansi pemerintah. Menurut informasi yang dikutip dari situs menpan.go.id, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menetapkan sebanyak 1,28 juta formasi yang akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tenaga Honorer dan Non ASN Tembus Seleksi CPNS-PPPK 2024

8m
Tenaga Honorer dan Non ASN Tembus Seleksi CPNS-PPPK 2024

Kemenpan RB juga menegaskan bahwa rekrutmen PPPK 2024 ini hanya akan terbuka bagi tenaga non ASN dan juga eks Tenaga Honorer Kategori 2 (THK-2) yang sudah terdaftar dalam basis data BKN. Cara untuk memeriksa status pendataan non ASN telah dijawab oleh BKN melalui akun resmi Instagram mereka @bkngoidofficial.

BKN menyarankan agar para tenaga honorer berkoordinasi dengan Unit Pengelola Kepegawaian di tempat kerja mereka saat ini, seperti Biro SDM/BKD/BKPSDM. Penjelasan dari BKN menyatakan bahwa kewenangan untuk melakukan pendataan non ASN berada di tangan masing-masing instansi.

Menurut informasi yang disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui situs resminya pada Senin, 18 Maret 2024, proses pengumpulan data mengenai Pegawai Non-Aparatur Sipil Negara (Non-ASN) telah diselesaikan pada bulan Oktober tahun 2022. Saat ini, belum ada rencana kebijakan untuk melakukan pengumpulan data ulang. Pendataan Non-ASN ini mencakup berbagai kategori, termasuk di antaranya tenaga honorer yang mengabdi sebagai guru atau tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Bukan untuk Kaum Mendang-mending! Camaba yang Mau Ambil Jurusan Teknik Informatika Wajib Tahu 6 Fakta Ini

Surat MenPAN-RB B/1511/M.SM.01.00/2022 tentang Pendataan Tenaga Non-ASN di lingkungan instansi pemerintah menjelaskan bahwa ada dua kelompok yang dimasukkan dalam kategori non-ASN, yaitu tenaga honorer kategori II yang terdaftar dalam database BKN, dan pegawai non-ASN yang bekerja di lembaga pemerintah.

Syarat dan Ketentuan

Namun, untuk bisa memenuhi syarat-syarat tersebut, mereka perlu melaksanakan beberapa ketentuan tertentu, di antaranya adalah pembayaran secara langsung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dilakukan pengangkatan oleh pimpinan unit kerja yang bersangkutan.

Memiliki pengalaman kerja minimal selama satu tahun pada tanggal 31 Desember 2021, serta memenuhi kriteria usia antara 20 hingga 56 tahun pada tanggal tersebut. Sementara itu, beberapa kategori pegawai non-ASN yang tidak akan terdaftar dalam pendataan non-ASN adalah seperti berikut:

  • Satpam,
  • Sopir,
  • Petugas kebersihan, dan
  • Pegawai dengan kontrak atau Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan setelah tahun 2021.

Harapannya, informasi ini akan memberikan bantuan kepada tenaga honorer dalam mengecek status pendaftaran mereka sebagai non-ASN. Hal itu guna mempersiapkan diri untuk mendaftar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau PPPK pada tahun 2024.

Rahasia Sukses Seleksi CPNS Dan PPPK

8n
Rahasia Sukses Seleksi CPNS Dan PPPK

Di samping saran-saran yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa faktor kunci keberhasilan yang dapat membantu Anda melewati seleksi CPNS dan PPPK dengan sukses:

1.      Mendalami Standar Nilai Minimal

Ini berarti memahami secara menyeluruh persyaratan nilai minimal yang diperlukan. Hal ini untuk lulus dalam setiap jenis tes yang ada dalam seleksi CPNS dan PPPK. Ini penting agar Anda dapat mengarahkan upaya belajar dan persiapan Anda sesuai dengan target yang ditetapkan.

Baca Juga :  JAWABAN SOAL: Buatlah Artikel dengan Tema sebagai Berikut: Peran Keluarga dalam Membangun Demokrasi yang Beradab

2.      Menganalisis Pola-Pola Pertanyaan

Sebuah pemahaman mendalam tentang jenis-jenis pertanyaan yang sering muncul dalam latihan soal. Akan membantu Anda mengidentifikasi pola atau tema tertentu yang biasanya diujikan. Dengan memahami hal ini, Anda dapat fokus pada materi yang relevan dan meningkatkan efisiensi dalam belajar.

3.      Merancang Strategi Sistematis

Ini melibatkan pengembangan pendekatan yang terstruktur dan efektif dalam menjawab pertanyaan. Misalnya, Anda bisa merencanakan apakah akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mudah terlebih dahulu, atau fokus pada bagian yang memiliki bobot nilai lebih tinggi. Dengan strategi yang terorganisir, Anda dapat meningkatkan efisiensi pengerjaan soal.

4.      Mengelola Alokasi Waktu

Ini mencakup kemampuan untuk membagi waktu dengan bijak untuk setiap bagian tes. Dengan mengetahui batas waktu yang ada, Anda dapat membuat rencana untuk memastikan bahwa Anda memiliki waktu yang cukup untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik tanpa harus terburu-buru.

5.      Menjaga Ketenangan Dan Konsentrasi

Ini adalah faktor psikologis yang penting. Dengan tetap tenang dan fokus, Anda dapat menghindari kepanikan yang dapat mengganggu kinerja Anda selama ujian. Berbagai teknik relaksasi atau meditasi sebelum ujian bisa membantu Anda mencapai kondisi mental yang optimal untuk menghadapi tes dengan percaya diri.

Dengan memahami dan menerapkan dengan baik strategi-strategi tersebut, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda dalam melewati seleksi CPNS dan PPPK. Semoga Anda dapat menjalani proses ini dengan percaya diri dan sukses.

Berita Terkait

Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut
Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan
Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar
Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:10 WIB

Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:26 WIB

Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan

Senin, 22 Juli 2024 - 10:03 WIB

Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB