Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Struktur

- Penulis

Sabtu, 29 April 2023 - 23:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

muslim g1dcbba40a 1280

muslim g1dcbba40a 1280

Dalam Bahasa Indonesia kita mengenal berbagai jenis teks dengan fungsi dan strukturnya masing-masing. Secara umum teks tulisan dibedakan menjadi dua yaitu teks fiksi dan non fiksi. Salah satu teks nonfiksi adalah teks deskripsi.

Teks deskripsi merupakan karya tulis dengan beberapa tujuan kepada pembaca. Untuk membuat teks deskripsi kita harus tahu dulu struktur dan jenis-jenisnya. Untuk itu, simak ulasan berikut mengenai teks deskripsi.

Pengertian teks deskripsi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia deskripsi diartikan sebagai pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. Sehingga teks deskripsi merupakan teks yang berisi penggambaran benda dapat berupa tempat, peristiwa, makhluk hidup atau tak hidup dan lain sebagainya, yang dijelaskan secara terperinci.

Ide utama teks deskripsi adalah penggambaran sebuah objek secara terperinci, sehingga pembaca saat membaca tulisan tersebut seolah-olah merasakan sendiri secara fisik benda atau peristiwa yang dideskripsikan.

Sedangkan berdasarkan para ahli Henry Guntur Tarigan menjelaskan deskripsi merupakan tulisan yang dapat menggambarkan sebuah peristiwa atau cerita dengan tujuan mengajak pembaca agar dapat memahami, merasakan dan menikmati isi tulisannya. Menurut Gorys Keraf deskripsi adalah suatu tulis yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek dengan tujuan agar pembaa daat seoalholeh melihat sendiri onbjek yang digambarkan tersbeut.

Berdasarkan pengertian diatas maka teks deskripsi mempunyai tujuan yakni untuk menggambarkan suatu objek yang berkaitan yang telah diamati oleh seluruh panca indra, sehingga penulis menciptakan daya khayal untuk pembaca agar mereka dapat merasakan langsung apa yang ditulis dalam teks deskripsi tersebut.

Sehingga untuk menulis teks deskripsi maka penulis harus benar-benar menggambarkan objek tersebut dengan sangat rinci dan sedetail mungkin. Supaya membantu pembaca merasakan sendiri hal yang dibahas dalam tulisan tersebut.

Ciri-ciri teks deskripsi

Dengan melihat tujuan teks deskripsi maka jenis teks datu ini juga mempunyai karakteristiknya sendiri jika dibandingkan dengan teks lain. Ciri-ciri dari teks deskripsi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Berisi mengenai penggambaran objek seperti benda, peristiwa atau suasana, dll
  • Penjelasan objek yang digambarkan melibatkan seluruh panca indra
  • Membuat pembaca seolah-olah merasakan langsung dan mendapatkan gambaran fisik secara langsung tentang hal digambarkan dalam teks deskripsi
  • Memaparkan tentang ciri-ciri dan sifat suatu objek dengan jelas dan terperinci
  • Menggunakan kalimat dengan banyak kata sifat yang lebih spesifik untuk memberikan penggambaran kuantitas, kualitas atau urutan
  • Biasanya bersifat subjektif karena hadir dai pandangan penulis itu sendiri
  • Terdapat banyak kata keterangan seperti keterangan tempat, waktu, alat, atau cara nya dll
  • Menggunakan frasa kata benda seperti Bu Ida adalah seorang guru yang sabar
  • Menggunakan kata kerja transitif untuk menggambarkan suatu objek
  • Biasanya terdapat bahasa kiasan atau metafora seperti kulitnya putih seputih salju, dll.
Baca Juga :  Bagaimana Administrator Dapat Membuat PD Lebih Kolaboratif

Jenis-jenis teks deskripsi

Berdasarkan isi teksnya, teks deskripsi dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Teks deskripsi spatial, yakni teks yang isinya hanya menggambarkan objek terkait tempat, ruangan atau suatu benda
  2. Teks deskripsi subjektif, teksi yang isinya menggambarkan objek berdasarkan kesan yang dimiliki oleh penulisnya sendiri
  3. Teks deskripsi imajinatif , yakni teks yang isinya mengenai penggambaran suatu tempat atau kejadian dilihat dari berbagai segi sehingga tergambar dengan jelas oleh pembaca dan pembaca dapat merasakannya sendiri
  4. Teks deskripsi objektif, yakni teks yang isinya penggambaran suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, ditulis tanpa mengandung opini dari penulis
  5. Deskripsi faktual, yakni teks yang isinya penggambaran objek atau peristiwa sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya

Sedangkan teks deskripsi juga dibedakan berdasarkan tujuan dibuatnya, berdasarkan tujuannya teks deskripsi ada dua jenis yakni sebagai berikut.

  1. Teks deskripsi eksplanatori, yakni teks yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang sebuah hal secara umum yang sudah sering ditemui pembaca seperti penjelasan objek tempat atau keadaan tertentu
  2. Teks deskripsi sugestif, merupakan teks yang tujuannya supaya pembaca dapat menciptakan imajinasinya tentang objek, tempat atau keadaan yang ditulis dalam teks deskripsi tersebut.
Baca Juga :  Kondisi Indonesia Pada Masa Demokrasi Parlementer

Kemudian ada teks deskripsi yang dibedakan berdasarkan bentuknya, jenis teks deskripsi berdasarkan bentuknya terdiri dari dua jenis sebagai berikut.

  1. Teks deskripsi yang berdiri sendiri, artinya teks deskripsi ini satu kesatuan tidak tercampur dengan teks lain
  2. Teks deskripsi bagian dari teks lain, artinya bahwa teks deskripsi telah tergabung atau tercampur dengan teks lainya, seperti pada teks iklan, teks berita, novel dan lain sebagainya.

Struktur teks deskripsi

Untuk membuat sebuah teks deskripsi maka kalian harus memahami terlebih dahulu struktur teks deskripsi. Teks deskripsi dibuat berdasarkan struktur tersebut agar menjadi sebuah tulisan yang baik dan dapat menyampaikan tujuannya pada pembaca.

Nah, berikut ini adalah struktur dari teks deskripsi.

  • Judul, judul merupakan daya tarik dalam suatu teks atau tulisan agar pembaca tertarik untuk membaca karya tersebut. dalam teks deskripsi pembuatan judul setidaknya harus mengandung tiga aspek yaitu relevan, proaktif atau menarik dan singkat.
  • Identifikasi, merupakan bagian awal dari sebuah teks deskripsi yang umumnya berisi pengenalan objek, seperti nama, lokasi, sejarah atau gambaran umumnya.
  • Klasifikasi, tahap selanjutnya adalah cara penyampaian pesan dari penulis ek pembaca. Penulis akan menulis kalimat secara urut dan sistematis sehingga memudahkan pembaca menangkap apa yang dimaksud
  • Deskripsi, merupakan bagian paling penting yang berisi gambaran terperinci dari sudut pandang penulis mengenai suatu objek yang dibahas. Pada tahap ini pemaparan topik digambarkan secara mendetail bagian-bagian yang ingin disampaikan. Penulis menggambarkan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan terkait objek tersebut sehingga diharapkan pembaca dapat merasakan hal yang sama.
  • Kesimpulan, bagian ini berisi kesimpulan atau kesan dari hasil penggambaran penulis, bisa jadi bagian ini diisi dengan penegasan kembali hal yang dianggap penting. 

 

 

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru