PusatDapodik
Home Berita 6 Universitas Jurusan Ekologi Terbaik di Indonesia, UI Peringkat 4

6 Universitas Jurusan Ekologi Terbaik di Indonesia, UI Peringkat 4

ekologi trias 630938091

pusatdapodik.com – Ekologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Fokus utamanya adalah pada struktur, fungsi, sebaran dan dinamika ekosistem.

Ahli ekologi memahami bagaimana organisme hidup bersama, bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungan, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan organisme lain.

Lulusan program studi Ekologi memiliki berbagai peluang karir antara lain menjadi ahli lingkungan hidup, konsultan konservasi, peneliti lingkungan hidup, pengelola sumber daya alam, guru dan pendidik lingkungan hidup dan masih banyak lagi.

Dikutip smol.id pada 19 Januari 2024, berikut daftar 6 perguruan tinggi jurusan ekologi terbaik di Indonesia versi EduRank 2023. Simak ulasan singkatnya.

6. Universitas Brawijaya (UB)

Peringkat Indonesia: 6
Peringkat Asia: 298
Peringkat dunia: 1042

UB menawarkan program studi Ekologi yang mencakup berbagai aspek, antara lain ekologi hutan, ekologi perairan, dan kelestarian lingkungan.

5. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Peringkat Indonesia: 5
Peringkat Asia: 254
Peringkat dunia: 928

ITB menduduki peringkat kelima dengan program studi Ekologi yang fokus pada penerapan teknologi untuk pengelolaan lingkungan hidup. ITB memadukan ilmu teknik dengan ilmu ekologi untuk solusi berkelanjutan.

4. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat Indonesia: 4
Peringkat Asia: 239
Peringkat dunia: 889

UI memiliki program studi Ekologi yang mengintegrasikan biologi, ilmu lingkungan dan ilmu sumber daya alam. Mahasiswa UI terlibat dalam penelitian dan proyek praktis untuk menghadapi tantangan lingkungan.

3. Universitas Diponegoro (Undip)

Peringkat Indonesia: 3
Peringkat Asia: 215
Peringkat dunia: 825

Undip menawarkan program studi Ekologi dengan fokus penelitian dan konservasi lingkungan. Undip berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu memberikan kontribusi terhadap pelestarian alam dan pengelolaan sumber daya alam.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat Indonesia: 2
Peringkat Asia: 192
Peringkat dunia: 747

UGM menduduki peringkat kedua dengan program studi Ekologi yang komprehensif. Mahasiswa UGM belajar tentang keanekaragaman hayati, konservasi alam, dan dampak manusia terhadap lingkungan.

1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peringkat Indonesia: 1
Peringkat Asia: 131
Peringkat dunia: 581

IPB dikenal luas atas keunggulannya dalam ilmu pertanian dan lingkungan hidup. Program studi Ekologi IPB menawarkan pengetahuan mendalam tentang hubungan ekosistem dan kelestarian lingkungan.

Itulah daftar 6 universitas jurusan ekologi terbaik di Indonesia menurut EduRank 2023. Tertarik untuk bergabung di departemen ini?***

Comment
Share:

Ad