Tips Menulis Esai Guru Penggerak Supaya Lulus

- Penulis

Jumat, 10 Februari 2023 - 14:57 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Screenshot 41

Screenshot 41

Tips Menulis Esai untuk Mendorong Guru Lulus

Mobilisasi Pendidikan Guru merupakan salah satu program unggulan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.

Tujuan dari program Pendidikan Mobilisasi Guru (PGP) adalah untuk mendidik kepemimpinan guru dalam pembelajaran. Selain itu, juga menciptakan pemimpin pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menghasilkan sebanyak mungkin guru sebagai agen transformasi dalam ekosistem pendidikan.

Penggerak guru memiliki peran penting dalam ekosistem pendidikan, mulai dari menjadi instruktur praktis bagi sesama guru dalam pengembangan pembelajaran hingga menggerakkan komunitas belajar bagi sesama guru di sekolah dan wilayahnya.

Bagi guru yang ingin mengikuti program PGP dan telah memenuhi semua syarat dan ketentuan, harus mendaftar terlebih dahulu melalui website resmi layanan program GTK Kemendikbud atau school.penggerak.kemdikbud.go.id.

Saat mendaftar, guru atau calon peserta pendidikan guru mengemudi akan diarahkan ke halaman muka halaman Sekolah Mobilisasi. Pada bagian ini peserta harus melengkapi data sesuai dengan tahapannya. Selain melengkapi data daftar riwayat hidup, peserta juga diwajibkan menulis essay guru mengemudi.

Baca Juga :  Lengkap ! Berikut Gaji PNS Terbaru Berdasarkan Golongan

Dalam menulis esai, peserta tidak boleh asal-asalan karena nantinya esai akan dinilai dan menjadi salah satu penentu kelulusan peserta ke tahap selanjutnya. Selain itu, peserta juga harus memperhatikan pertanyaan yang harus dijawab dan durasi waktu penyelesaian esai.

Ada beberapa tips menulis esai guru mengemudi yang dapat membantu melengkapi pengisian esai pada saat pendaftaran. Tipsnya adalah sebagai berikut;

1. Tulis apa adanya

Dalam penulisan esai guru mengemudi, peserta harus mengisinya apa adanya. Bukan angan-angan atau sesuatu yang dilebih-lebihkan, karena nanti hal ini bisa ditanyakan kembali oleh asesor.

2. Logika Kritis, Penalaran, dan Positif

Isi esai dengan jawaban yang kritis, beralasan, dan logika positif. Hal itu dilakukan guna menunjukkan kapasitas sebagai pendidik yang kompeten dan memenuhi standar kompetensi.

3. Berikan jawaban yang relevan

Pada tahap pengisian essay, peserta akan diberikan sejumlah pertanyaan yang harus dideskripsikan. Agar esai menjadi menarik dan berkualitas, alangkah baiknya jika peserta menulis esai dengan jawaban yang relevan.

Baca Juga :  Bukan Cuma Baksonya Aja! Di Wonogiri Juga Ada Hotel Murah yang Harganya Mulai 40 Ribuan, Berminat?

4. Jawab semua pertanyaan

Saat mengisi esai, peserta tidak hanya diinstruksikan untuk menjawab pertanyaan wajib. Ada beberapa pertanyaan opsional yang akan disajikan nanti. Untuk menambah nilai dalam menulis essay guru mengemudi, peserta dapat menjawab semua pertanyaan yang disajikan, termasuk pertanyaan pilihan.

5. Sesuaikan dengan pengalaman

Hal penting yang harus diperhatikan oleh peserta dalam menulis karangan tentang pendaftaran guru mengemudi adalah menulis berdasarkan pengalaman. Seperti diketahui sebelumnya, salah satu syarat untuk mengikuti program Pendidikan Mobilisasi Guru adalah memiliki pengalaman mengajar.

Menulis esai sesuai pengalaman tentu akan menggambarkan seberapa kompeten peserta untuk menjadi seorang guru. Selain itu, penyeleksi juga dapat mengetahui apa yang dilakukan peserta selama mengajar dan kontribusi apa saja yang telah diberikan kepada satuan pendidikan tempat peserta mengajar.

Itulah tips menulis essay guru mengemudi yang dapat membantu peserta mengisi essay pada tahap pendaftaran di website Sekolah Mobilisasi. Selain tips di atas, peserta juga harus memperhatikan sisa waktu yang disediakan untuk menulis esai agar dapat menulis esai dengan optimal.

www.trendguru.id

Berita Terkait

Ada Jaminan Pensiun Untuk Guru Honorer Swasta, Namun Syaratnya cukup Bikin geleng-geleng
Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing
Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam
Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 24 Juli 2024 - 12:21 WIB

Ada Jaminan Pensiun Untuk Guru Honorer Swasta, Namun Syaratnya cukup Bikin geleng-geleng

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 19:11 WIB

Pengumuman Piloting PPG 2024 Di Mulai Hari ini, Ayok Cek SIM PKB Bapak/ibu Guru Masing-masing

Senin, 22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Guru Kategori Berikut Tidak Usah Khawatir, Ada Bantuan TPP Tambahan Untuk Yang Mengajar Lebih dari 24 Jam

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB