Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024, Lulusan Baru Perlu Simak!

- Penulis

Selasa, 9 Juli 2024 - 21:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Berikut ini merupakan pembahasan lengkap terkait tips mudah lolos seleksi CPNS 2024. Adapun, tips dibawah ini dapat diterapkan bagi Anda yang merupakan lulusan baru atau fresh Graduate.

Perlu diketahui, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 ini akan kembali dibuka oleh pemerintah. Akan tetapi, sampai saat ini jadwal resmi dari seleksi CPNS dan PPPK 2024 belum juga keluar.

Pada awalnya, seleksi CPNS dan PPPK 2024 ini dirancangkan akan dibukan pada bulan Maret, lalu kemudian mundur menjadi Mei, lalu mundur lagi menjadi Juni, dan kali ini juga dikabarkan akan dibuka pada akhir bulan Juli atau pada awal bulan Agustus 2024.

Dalam seleksi CPNS 2024 ini, pemerintah secara resmi akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada lulusan baru atau fresh graduate. Hal ini karena sekitar 2,3 juta formasi untuk CPNS 2024 atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diumumkan pemerintah, sebanyak 690.822 formasi CPNS diperuntukkan untuk lulusan baru.

Sementara itu, untuk sisanya sebanyak 1.605.694 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Oleh sebab itu, kesempatan bagi lulusan baru atau fresh graduate ini sangat terbuka lebar dan memiliki peluang besar untuk lolos menjadi ASN.

Nah, bagi Anda yang merupakan lulusan baru atau fresh graduate yang baru akan melamar seleksi CPNS pertama kali, ada sederet tips yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti seleksi CPNS 2024.

Tips Mudah Lolos CPNS 2024 bagi Lulusan Baru

Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024- Lulusan Baru Perlu Simak! (1)

Dibawah ini adalah sederet tips agar lolos CPNS 2024 untuk lulusan baru atau fresh graduate yang dapat diterapkan hal berikut ini.

1. Mempelajari soal CPNS tahun lalu

Tips yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah mempelajari soal tes di tahun sebelumnya. Bagi Anda yang merupakan lulusan baru harus selalu rajin dalam mempelajari soal-soal tes CPNS agar Anda pun dapat terasah untuk menjawab soal-soal tes nanti.

Baca Juga :  Hasil Kesepakatan Audiensi Forum PPPK Dengan Kemendikbud

2. Mengetahui durasi mengerjakan soal

Tidak hanya itu, Anda juga diwajibkan untuk mengetahui durasi mengerjakan setiap tes CPNS nanti. Maka, nantinya Anda mempunyai prediksi waktu berapa waktu untuk mengerjakan satu soal di tes CPNS nanti.

3. Bisa belajar dari pengalaman

Nah, bagi Anda yang merupakan para lulusan baru atau fresh graduate dan baru pertama kali ikut seleksi ini, maka dapat bertanya-tanya kepada orang terdekat terkait dengan pengalaman mereka ikut seleksi CPNS ini.

4. Meminta doa restu orangtua

Di dalam dunia kerja atau dalam tes apapun termasuk tes CPNS, diwajibkan bagi Anda meminta doa restu kepada orang tua supaya bisa dilancarkan dala tes nanti.

5. Jangan memaksa terus belajar

Belajar terkait dengan soal CPNS sangat baik dilakukan sebagai bentuk kelancaran tes nanti, namun perlu diingat jangan terlalu memaksakan belajar tes CPNS dengan seharian penuh ya. Jaga kondisi badan Anda supaya tetap fit dan mental pun dapat tetap terjaga.

6. Harus istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk mengusahakan istirahat yang cukup sebagai salah satu bentuk bukti cinta Anda pada diri sendiri. Supaya nanti pada saat tes berlangsung, jiwa raga Anda bisa tetap fit, kesehatan mental juga akan terjaga.

7. Lokasi tes harus tahu dulu

Bagi Anda  para pelamar lulusan baru wajib memperhatikan hal yang satu ini. Tes CPNS nantinya akan dilakukan di tempat yang berbeda, jadi Anda perlu pastikan mengecek lokasi tes nanti dan ada baiknya Ajda mencari tahu lokasi tersebut secara mendetail.

8. Kerjakan soalnya dengan tenang

Perlu diingat, meskipun mengerjakan soal diberi waktu yang singkat, namun Anda juga harus tenang dalam mengerjakan soal tes nanti ya.

Baca Juga :  Kabar Gembira! Gaji ke-13 Pensiunan PNS Segera Cair, Ini Bocoran Tanggalnya

Jika Anda mengerjakan tes CPNS dengan tenang, maka Anda dapat berpikir dengan jernih dan tidak terburu-buru, Anda bisa mencoba memahami serta menganalisis soal di hadapan Anda dengan baik, membuat peluang lolos semakin tinggi.

9. Tetap berdoa dan terus berusaha

Yang terkahir, Anda harus yakin dan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berdoa meminta hasil yang terbaik bagi Anda dalam mengikuti seleksi CPNS.

Rincian Formasi CPNS IKN 2024

Adapun, pemerintah saat ini sedang berencana untuk membuka total 130.341 formasi di berbagai macam instansi pemerintah pusat guna penempatan di IKN. Dari adanya jumlah tersebut, 600 formasi di antaranya dikhususkan untuk dapat memenuhi kebutuhan di Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Selain itu, sebagian lainnya, yaitu 40.021 formasi dibuka untuk dapat ditempatkan pada kementerian dan lembaga yang akan berada di ibu kota baru. Anas menjelaskan, dari 40.021 formasi CPNS untuk kementerian dan lembaga di IKN, pemerintah memberikan afirmasi dengan sebesar 5 persen khusus bagi putra dan putri Kalimantan.

Rencananya, puluhan ribu formasi khusus IKN ini akan dibuka dalam seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) sekitar bulan Juli sampai Agustus 2024.

Tidak hanya alokasi formasi CPNS, pemerintah juga sedang menyiapkan skenario pemindahan ASN dari Jakarta ke IKN dengan bertahap. Anas menyebutkan, pemindahan diawali dengan adanya mutasi PNS dari pemerintah daerah di sekitar IKN dengan melalui seleksi terbuka secara kompetitif.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap mengenai Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan diatas bermanfaat ya!

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Berita ini 27 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:59 WIB

Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:15 WIB

Tenaga honorer Makin Rumit, Sekarang Gaji Akan di Potong 3% Untuk Tapera ?

Jumat, 12 Juli 2024 - 08:51 WIB

Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN

Berita Terbaru