Tips Terapi Okupasi Dapat Membantu Siswa Merasa Siap Membaca

- Penulis

Sabtu, 11 Februari 2023 - 01:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

hero blog ELA PreK K 2 photo iStock 827085442 FatCamera scaled

hero blog ELA PreK K 2 photo iStock 827085442 FatCamera scaled

Sebagai terapis okupasi, saya telah menemukan bahwa tindakan membaca bergantung pada banyak komponen perkembangan mendasar yang terkait dengan terapi okupasi.

Ketika siswa sekolah dasar antara kelas satu dan lima secara fisik terlalu terstimulasi atau tidak teratur secara emosional, Anda mungkin melihat membaca dengan tergesa-gesa, kesulitan membaca kata-kata secara visual, penurunan pemahaman, melewatkan baris, penurunan fokus visual, memilih buku di atas levelnya dan membolak-balik halaman, penurunan stamina, dan penghindaran kerja (misalnya, bangun untuk pergi ke kamar mandi ketika mereka baru saja istirahat di kamar mandi, mencari sesuatu di ransel mereka, akan berbicara dengan teman, dll.).

Strategi yang diuraikan di bawah ini menggabungkan persimpangan garis tengah (di mana anggota tubuh menjangkau ke sisi lain tubuh, mengarah ke integrasi lintas belahan), taktil (sentuhan), input visual, proprioception (tekanan dalam pada sendi untuk meningkatkan kesadaran tubuh), dan input vestibular (rasa keseimbangan). Saya merekomendasikan untuk memulai dari dukungan yang paling tidak membatasi dan bergerak secara progresif ke yang paling membatasi sesuai kebutuhan: dimulai dengan gerakan kecil, kemudian berlanjut ke alat, dan kemudian terobosan besar.

  • Pertimbangkan untuk membuat visual dari strategi-strategi di bawah ini dan menempatkannya di dekat area membaca kelas Anda sehingga siswa diingatkan tentang strategi yang dapat mereka manfaatkan selama periode membaca untuk memaksimalkan membaca berkelanjutan. Misalnya, mengambil gambar model siswa.
  • Buat bookmark visual dari dukungan bagi siswa untuk ditempatkan di buku mereka untuk digunakan saat mereka membaca.
  • Pertimbangkan untuk membuat kit alat baca individual untuk siswa Anda dengan bahan-bahan berikut: pensil, buku catatan pembalik (informasi di bawah), dan tas I-Spy (informasi di bawah).
  • Pertimbangkan untuk mempelajari alat-alat tersebut bersama-sama sebagai kegiatan persiapan membaca sebelum membaca mandiri.
  • Latihan gerakan kecil yang diuraikan di bawah ini efektif pada saat-saat kelelahan mata (misalnya, telapak mata) dan untuk memperkuat otot untuk membaca (misalnya, pensil ke hidung); siswa dapat melakukan ini pada saat-saat dalam proses membaca.
  • Latihan gerakan besar yang diuraikan di bawah ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam stasiun membaca dan pelajaran untuk menargetkan keterampilan terkait selama membaca.

Latihan gerakan kecil

Telapak mata: Strategi ini memungkinkan mata untuk beristirahat pada saat mereka mulai merasa lelah (misalnya, saat membaca banyak teks dari buku, melihat layar untuk waktu yang lama, melihat papan tulis/mencatat).

Baca Juga :  Sudut Berelasi: Rumus, Tabel, Contoh Soal

1. Siswa saling menggosokkan kedua tangan sampai telapak tangan terasa hangat.

2. Mereka kemudian menutup mata mereka.

3. Mereka meletakkan tangan yang hangat di atas mata mereka yang tertutup dan menahannya setidaknya selama 10 detik.

4. Untuk meningkatkan fokus, mintalah siswa menyilangkan tangan sebelum meletakkan tangan di atas mata.

1. Siswa harus menjaga kepala tetap lurus—hanya mata yang boleh bergerak.

2. Mereka mengambil pensil dan memutarnya sehingga mereka melihat penghapus.

3. Mereka memegang pensil sejauh lengan, mengarahkan penghapus ke hidung.

4. Siswa kemudian perlahan-lahan mendekatkan pensil ke arah hidung (tanpa menyentuhkan ke hidung), sambil menatap penghapus.

Peralatan

Buku catatan pembalikan: Untuk alat ini, siswa memerlukan pengikat 3 inci. Ini adalah pengikat yang diisi dengan lembar kerja pembalikan huruf dan angka (B‘S, D‘S, P‘S, Q‘s, dll.), yang dapat Anda temukan dan cetak secara online. Semakin banyak siswa berlatih membentuk huruf dengan cara yang benar, semakin mudah bagi mereka untuk memasukkan huruf ke dalam memori otot dan mengintegrasikannya ke dalam skema pembelajaran mereka. Binder ini juga dapat diletakkan pada sisinya di mana buku dapat diletakkan miring dengan sudut visual yang lebih baik.

tas I-Spy: Penopang ini dibuat dari tempat pensil yang diisi dengan benda-benda kecil, termasuk targetnya, yaitu huruf-huruf magnetis atau manik-manik surat, serta pengisi seperti beras, kacang-kacangan, jelai, dll. Anda juga bisa memasukkan mainan kecil. Pertimbangkan untuk meminta siswa Anda membuat tas I Spy mereka sendiri.

Siswa harus mencari huruf atau kata tertentu di dalam kacang, jelai, atau manik-manik, mencubit dan mengguncang kotak pensil saat mereka mencari setiap huruf. Menelusuri huruf dan kata penglihatan tertentu (dan bahkan mainan tertentu) yang tersembunyi di antara pengisi menargetkan keterampilan membaca, khususnya keterampilan motorik okular, seperti figure ground (mampu membedakan apa yang mereka fokuskan dari apa lagi yang terlihat), visual persepsi, akomodasi (menyesuaikan fokus sebagai perubahan jarak), dan kemampuan pemindaian, yang berhubungan dengan keterampilan membaca decoding dan stamina secara keseluruhan.

Baca Juga :  Cara Konfirmasi Bantuan PIP Siswa Tahun 2022

Huruf dan kata dapat ditulis atau diucapkan oleh orang dewasa. Siswa juga dapat menulis huruf atau kata yang sesuai di atas kertas, yang juga menambahkan komponen integratif graphomotor/tulisan tangan dan visual motor.

Istirahat besar

Catatan: Dua kegiatan berikut dibuat berdasarkan penelitian yang menyoroti gagasan bahwa visual motor integration dapat bekerja untuk menargetkan keterampilan literasi.

Panah melompat: Pada selembar kertas besar, gambar panah ke arah yang berbeda—atas, bawah, kanan, kiri—dan rekatkan lembaran itu ke dinding. Siswa harus memindai dari kiri ke kanan (mirip dengan membaca) dan melompat sesuai arah panah. Level selanjutnya: Letakkan kata atau huruf penglihatan di atas setiap panah untuk menambahkan komponen membaca tambahan ke aktivitas ini. Saat siswa memindai setiap panah secara bergantian, mereka menyatakan setiap huruf atau kata penglihatan saat mereka melompat ke arah setiap panah.

Lompat persegi: Untuk aktivitas ini, Anda memerlukan empat kotak ubin atau kotak yang ditempel dengan empat kuadran. Pada selembar kertas, gambarlah kotak-kotak yang serasi dengan empat kuadran di sepanjang kertas dan rekatkan kertas itu ke dinding. Tempelkan stiker di salah satu dari empat kuadran—ini melambangkan kuadran yang harus dilompati siswa pada kuadran yang cocok di lantai.

Level selanjutnya: Tulis kata atau huruf penglihatan pada setiap stiker untuk menambahkan komponen membaca tambahan ke aktivitas ini. Saat siswa memindai setiap stiker secara bergiliran, mereka menyebutkan setiap huruf atau kata saat mereka melompat ke arah setiap kuadran.

Penerapan

Mintalah siswa menggunakan latihan gerakan kecil sebelum (misalnya, pensil-ke-hidung) dan selama (misalnya, telapak mata) latihan membaca.

Siswa dapat menggunakan alat pendukung sesuai kebutuhan (misal, buku catatan terbalik), dalam kerja kelompok kecil, atau sebagai bagian dari kegiatan menulis dan membaca multisensori (misal, tas I-Spy).

Siswa juga dapat menggunakan strategi istirahat besar sesuai kebutuhan (misalnya, untuk siswa dengan kebutuhan membaca yang lebih signifikan), untuk siswa dengan tingkat disregulasi fisik yang tinggi di mana Anda mungkin ingin menerapkan bacaan atau karya akademis ke dalam jeda gerakan mereka, atau sebagai bagian dari intervensi akademik kelompok kecil.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB