PusatDapodik
Home Bantuan Pemerintah Tujuan dan Keunggulan Platform SIPLah Kemendikbud

Tujuan dan Keunggulan Platform SIPLah Kemendikbud

61F6DB7E 681A 465A A34E 3B06DE0AB6D4

Pusatdapodik.com – Demi mendukung kelancaran layanan pendidikan, maka dibutuhkan dukungan lainnya seperti pengadaan Barang dan Jasa atau PBJ. Kini dalam pengadaan barang dan jasa diwajibkan menggunakan aplikasi yang mempermudah proses PBJ, aplikasi tersebut bernama SIPLah dan diluncurkan oleh Kemendikbud. Apa keunggulan dari aplikasi ini?

Mengenal Aplikasi SIPLah Kemendikbud

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang keunggulan aplikasi ini, kita harus mengenal terlebih dahulu apa aplikasi SIPLah tersebut. Nah, dalam setiap pembelajaran tentunya dibutuhkan dukungan berupa barang dan jasa. Oleh karenanya keluarlah program pengadaan barang dan jasa oleh kemendikbud.

Kehadiran SIPLah sesuai dengan peraturan nomor 14/2020, tentang PBJ oleh satuan pendidikan. Tujuannya sendiri adalah mempermudah sekolah menjalankan kegiatan PBJ.

SIPLah yang merupakan sistem elektronik melakukan pengadaan barang dan jasa diharapkan pembelian dan penggunaan barang atau jasa bisa berjalan dengan transparan, efektif dan efisien.

Tidak hanya hadir dalam bentuk aplikasi saja, SIPLah bisa diakses dalam bentuk lain yakni web. Anda bisa langsung mengaksesnya di siplah.kemdibud.go.id.

Tujuan SIPLah Kemendikbud

Secara umum, tujuan adanya aplikasi SIPLah untuk membantu pembelanjaan kebutuhan pendidikan. Namun ada tujuan lainnya diantaranya adalah:

  • Memfasilitasi satuan pendidikan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas PBM (Proses Belajar Mengajar).
  • Membantu sekolah merealisasikan anggaran sekolah dengan tepat.
  • Membantu sekolah mengelola dana BOS secara efektif dan transparan, baik terkait perencanaan, pengadaan, hingga pelaporan.
  • Mendukung sekolah menyalurkan dana BOS atau melakukan transaksi non tunai sesuai dengan syarat atau ketentuan yang berlaku.
  • Mengawasi pihak sekolah selama proses pengadaan barang dan jasa.

Manfaat SIPLah Kemendikbud

Perkembangan teknologi saat ini hadir untuk membantu kebutuhan di semua lini, salah satunya di lini pendidikan. Sekolah yang melakukan pembelanjaan dana BOS untuk berbagai kebutuhan mengajar mengajar haru dilakukan secara fleksibel.

Penggunaan SIPLah kemendikbud memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Efektif Dan Efisien

Manfaat pertama penggunaan SIPLah adalah mempermudah proses pembelanjaan barang dan jasa kebutuhan pembelajaran menggunakan dana BOS. Sekolah lebih mudah mengadakan barang dan jasa menggunakan SIPLah karena efektif dan efisien.

Disisi lain, SIPLah juga meminimalisir penipuan dan tindak kejahatan online dan offline lainnya. Jadi baik sekolah maupun mitra sekolah bisa bertransaksi dengan aman menggunakan SIPLah. Ada pula pihak khusus yang memantau dan mencatat transaksi yang dilakukan. Jadi potensi permasalahan selama PBJ sangatlah kecil.

2. Dokumentasi Transaksi Transparan

Hadirnya SIPLah berdampak besar karena transaksi apapun menjadi transparan. Transaksi dalam SIPLah bersifat akuntabilitas dan transparan. Fakta yang ada, mitra SIPLah sangat banyak dan terbuka. Sekolah menjadi lebih bisa mengelola uang dengan tepat dan anggaran pun jadi lebih efisien.

Cara Login Ke SIPLah Kemendikbud

Hadirnya SIPLah menguntungkan berbagai pihak, pihak sekolah dipermudah dalam mendapatkan barang dan jasa. Dan pihak penjual bisa menawarkan seluruh produk yang dimiliki. Langkah login ke akun SIPLah adalah:

  • Install aplikasi atau masuk ke website SIPLah.
  • Kemudian buat akun menggunakan user dan password.
  • Isi data diri.
  • Jika sudah masuk kembali dengan user dan password.
  • Selesai.

Itulah informasi tentang SIPLah. Semoga membantu.

Disclaimer : “Jangan lewatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan dan informasi CPNS dan PPPK dengan bergabung di channel telegram kami. Klik LINK BERIKUT dan pilih join”

 

Comment
Share:

Ad