Usulan Pendampingan yang Diharapkan Bagi Guru/Satuan Pendidikan dalam Penerapan 6 Kemampuan Fondasi

- Penulis

Kamis, 18 Januari 2024 - 20:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Usulan Pendampingan yang Diharapkan Bagi GuruSatuan Pendidikan dalam Penerapan 6 Kemampuan Fondasi

Usulan Pendampingan yang Diharapkan Bagi GuruSatuan Pendidikan dalam Penerapan 6 Kemampuan Fondasi

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk dasar kemampuan anak pada masa transisi mereka. Masa ini menjadi fase krusial dalam pengembangan kemampuan fondasi, yang menjadi landasan bagi perkembangan selanjutnya. Dalam konteks ini, artikel ini akan membahas enam kemampuan fondasi yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik pada masa transisi PAUD, apa yang dimaksud dengan kemampuan fondasi, serta siapa yang bertanggung jawab agar anak memiliki kemampuan tersebut.

1. Apa Itu Kemampuan Fondasi?

Kemampuan fondasi merujuk pada keterampilan dan pengetahuan dasar yang menjadi dasar bagi perkembangan anak. Ini mencakup berbagai aspek, termasuk kognitif, fisik, sosial, dan emosional. Pada masa transisi PAUD, anak-anak membangun dasar ini melalui berbagai pengalaman belajar dan interaksi dengan lingkungan sekitar.

2. Kemampuan Fondasi Apa Saja yang Perlu Dimiliki Peserta Didik pada Masa Transisi PAUD?

Ada enam kemampuan fondasi utama yang perlu diperhatikan pada masa transisi PAUD:

a. Kemampuan Kognitif: Peserta didik perlu mengembangkan kemampuan berpikir, mengamati, dan memecahkan masalah secara sederhana.

b. Kemampuan Bahasa: Komunikasi adalah kunci, dan kemampuan bahasa yang baik membantu peserta didik berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga :  Apa Itu Lembaga Keuangan Non-Bank

c. Kemampuan Motorik Halus dan Kasar: Kemampuan untuk mengendalikan gerakan halus (seperti menulis atau meronce) dan gerakan kasar (seperti berlari dan melompat) penting untuk pengembangan fisik secara menyeluruh.

d. Kemampuan Sosial dan Emosional: Anak-anak perlu belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan mengelola emosi mereka dengan baik.

e. Kemampuan Seni dan Kreativitas: Pengembangan ekspresi seni dan kreativitas membantu peserta didik mengekspresikan ide dan perasaan mereka.

f. Kemampuan Literasi Awal: Kemampuan dasar membaca, menulis, dan memahami angka adalah pondasi untuk pembelajaran selanjutnya.

3. Siapa yang Bertanggung Jawab agar Anak Memiliki Kemampuan Fondasi?

Tanggung jawab untuk memastikan anak memiliki kemampuan fondasi tersebut melibatkan berbagai pihak, terutama:

a. Orang Tua: Orang tua memiliki peran utama dalam memberikan stimulasi awal, merangsang rasa ingin tahu, dan mendukung perkembangan anak di rumah.

b. Guru PAUD: Guru memiliki tanggung jawab untuk merancang dan memberikan pengalaman belajar yang merangsang untuk mengembangkan keenam kemampuan fondasi tersebut.

c. Lingkungan Sekitar: Fasilitas dan aktivitas di sekitar anak, seperti taman bermain, perpustakaan, dan tempat bermain lainnya, turut memainkan peran dalam mendukung pengembangan kemampuan fondasi.

Baca Juga :  Inilah Aturan Baru Seragam Sekolah Tahun Ajaran 2023/2024 yang Ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)

4. Usulan Pendampingan yang Diharapkan Bagi Guru/Satuan Pendidikan:

Untuk mendukung guru dan satuan pendidikan dalam penerapan keenam kemampuan fondasi, berikut adalah beberapa usulan pendampingan yang dapat diimplementasikan:

a. Pelatihan Guru: Guru perlu mendapatkan pelatihan reguler yang melibatkan metode pengajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan anak.

b. Sumber Belajar yang Relevan: Menyediakan sumber belajar yang kreatif dan relevan untuk membantu guru dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan bermakna.

c. Kolaborasi dengan Orang Tua: Membangun kemitraan yang kuat antara guru dan orang tua untuk saling mendukung pengembangan anak di sekolah dan di rumah.

d. Monitoring dan Evaluasi: Melakukan pemantauan dan evaluasi berkala terhadap perkembangan anak untuk memastikan pendekatan pembelajaran yang efektif.

Dengan pendampingan yang tepat, guru dan satuan pendidikan dapat memastikan bahwa peserta didik berhasil mengembangkan keenam kemampuan fondasi, memberikan dasar yang kuat untuk kesuksesan masa depan mereka. Ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga membantu membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru