Volume Udara Pada Manusia

- Penulis

Senin, 29 Januari 2024 - 06:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

volume udara pada manusia

volume udara pada manusia

Volume udara pernafasan pada manusia adalah banyaknya udara pernafasan yang masuk dan keluar melalui sistem pernafasan. Volume udara pernafasan pada manusia dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
volume%2Budara%2Bpada%2Bmanusia
  1. Volume tidal yaitu volume udara pernapasan normal kurang lebih 500 cc atau 500 ml.
  2. Volume cadangan inspirasi atau udara komplementer yaitu udara yang masih dapat dihirup secara maksimal setelah melakukan inspirasi normal adalah kurang lebih 1.500 cc atau 1.500 ml.
  3. Volume cadangan ekspirasi atau udara tambahan yaitu udara yang masih dapat dikeluarkan secara maksimal setelah melakukan ekspirasi normal adalah kurang lebih 1.500 c atau 1.500 ml.
  4. Volume sisa atau sisa (volume sisa) adalah volume udara yang tersisa di paru-paru setelah ekspirasi maksimal, yaitu kurang lebih 1.000 cc atau 1.000 ml.
  5. Kapasitas vital yaitu volume udara yang dapat dikeluarkan sebanyak-banyaknya setelah inspirasi maksimal kira-kira 3.500 cc atau 3.500 ml. Kapasitas vital adalah jumlah volume tidal ditambah volume cadangan inspirasi dan volume cadangan ekspirasi.
  6. Volume paru total (total lung volume) adalah volume udara yang dapat ditampung paru-paru semaksimal mungkin, yaitu kurang lebih 4.500 cc atau 4.500 ml. Volume paru total adalah jumlah volume residu ditambah kapasitas vital.
Volume udara setiap orang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan volume paru-paru setiap orang berbeda-beda. Volume paru-paru dipengaruhi oleh faktor genetik, aktivitas, olahraga, kondisi lingkungan, dan jenis kelamin. Orang yang sering berolahraga biasanya memiliki volume paru-paru yang lebih besar dibandingkan orang yang jarang berolahraga. Orang yang tinggal di dataran tinggi dengan kadar oksigen rendah biasanya memiliki volume paru-paru yang lebih besar dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah. Laki-laki biasanya memiliki volume paru-paru yang lebih besar dibandingkan volume paru-paru perempuan.
Secara umum, manusia mampu bernapas antara 15-18 kali setiap menitnya. Namun, frekuensi pernapasan setiap orang berbeda-beda. Faktor yang mempengaruhi frekuensi pernafasan adalah umur, jenis kelamin, suhu tubuh, posisi tubuh dan aktivitas tubuh. Sedangkan bayi dan balita memiliki frekuensi pernapasan yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Sedangkan frekuensi pada wanita umumnya lebih tinggi dibandingkan pria, karena wanita memiliki volume paru-paru yang lebih kecil dibandingkan pria. Namun jika dilihat dari jumlah aktivitasnya, frekuensi pernafasan laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan. Hal ini karena laki-laki lebih aktif. Semakin tinggi suhu tubuh, semakin tinggi pula frekuensi pernafasannya. Pada posisi badan berdiri frekuensi pernafasan lebih tinggi dibandingkan pada posisi duduk atau berbaring. Sedangkan frekuensi pernapasan orang yang banyak beraktivitas lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak pernah beraktivitas atau orang yang jarang beraktivitas

Baca Juga :  Hukum Pascal Meliputi Rumus, Bunyi Hukum, Gambar, dan Contoh Soal

Baca Juga :  Karakteristik Kualitatif Informasi Akuntansi

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB