1 Liter Berapa kg? Konversi Liter ke Kilogram

- Penulis

Rabu, 3 Mei 2023 - 21:22 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Satuan kilogram dan liter tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Satuan liter umumnya digunakan untuk menyebut benda cair seperti air, bensin, cairan kimia dan lain-lain. Sedangkan kg untuk benda padat. Pertanyaannya 1 liter berapa kg? Penting untuk mengetahui konversi liter ke kilogram.

Mengubah liter menjadi kilogram atau sebaliknya dari kilogram menjadi liter berguna untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya pada saat transaksi jual beli, terkadang masyarakat membeli minyak goreng dalam liter dan terkadang kilogram, juga beras yang terkadang disebut 1 kg, terkadang 1 liter.

Satuan Liter

Untuk dapat mengetahui konversi nilai antara liter dan kilogram, terlebih dahulu Anda harus memahami arti dari satuan liter itu sendiri. Liter adalah satuan untuk volume suatu benda. Volume sendiri merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok berupa panjang (meter).

Jadi satuan SI resmi untuk volume adalah meter kubik (m³). Sedangkan liter tidak termasuk satuan dalam Sistem Internasional (SI). Hanya saja besaran liternya masih diakui di semua negara dan banyak digunakan. Liter ditulis dengan notasi l dan notasi L.

Ada beberapa satuan volume berdasarkan liter yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

  • kiloliter (cl)
  • hektoliter (hl)
  • dekaliter (dal)
  • liter (l)
  • desiliter (dl)
  • sentimeter (cl)
  • mililiter (ml)

Satuan volume di atas telah diurutkan dari yang terbesar hingga terkecil. Satuan mililiter (ml) biasanya digunakan untuk merujuk pada volume cairan yang sangat kecil seperti cairan untuk parfum, cairan untuk perawatan kulit, dan sebagainya.

Mengkonversi Liter ke Meter Kubik

Sebelum membahas tentang 1 liter berapa kg? Mengubah liter menjadi kilogram yang merupakan satuan massa, jadi Anda harus mengetahui konversi liter menjadi meter kubik (m³) terlebih dahulu. Satuan m³ adalah satuan volume yang diakui SI karena diturunkan dari satuan panjang meter (m).

Satu liter saja sama dengan 1 desimeter kubik (1 dm³). Maka satu kiloliter sama dengan 1 meter kubik (1 m³) dan satu mililiter masing-masing sama dengan 1 sentimeter kubik (1 cm³).

Baca Juga :  Menggunakan Escape Room untuk Meningkatkan Literasi di Sekolah Dasar

1 kL = 1 m³
1 L = 1 dm³
1 ml = 1 cm³

Ketiga konversi ini sangat penting untuk mengubah satuan volume berbasis liter menjadi meter kubik (m³). Ketiganya juga merupakan satuan volume yang paling sering digunakan. Selain ketiga konversi di atas, berikut adalah konversi liter ke m³ lainnya:

1 L = 1000 cm³
1 L = 1.000.000 mm³
1 L = 0,001 m³
1 cm³ = 0,001 L
1 m³ = 1000 L

Satuan Kilogram

Berat suatu benda dinyatakan dalam kilogram atau kg. Sehingga kilogram sendiri merupakan satuan ukuran berat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari bersama dengan satuan gram, ons, kwintal, ton dan lain-lain.

Kilogram adalah satuan berat atau massa yang diakui dalam Sistem Internasional atau SI. Satuan kilogram sendiri merupakan satuan turunan dari gram atau satuan berat berbasis gram. Selain kilogram, ada banyak satuan berbasis gram lainnya sebagai berikut:

  • kilogram (kg)
  • hektogram (hg)
  • dekagram (dag)
  • gram (g)
  • desigram (dg)
  • centigram (cg)
  • miligram (mg)

Skala satuan berat di atas sudah diurutkan dari ukuran terbesar hingga terkecil. Setiap turun satu tingkat, nilainya dikalikan 10. Sedangkan jika naik satu tingkat, nilainya dibagi 10.

Contoh:

1 kg = 100 dag
100 mg = 0,1 gram
1 kg = 1.000.000 miligram (mg)
1 kg = 1000 gram (g)
1 kg = 100.000 centigram (cg)

Kepadatan

Kepadatan, juga dikenal sebagai kerapatan, adalah tingkat kerapatan partikel suatu benda per satuan volume benda itu. Semakin besar massa jenis suatu benda, berarti semakin berat massa per volumenya.

Jika massa jenis suatu benda lebih besar, berarti volume benda tersebut lebih rendah daripada benda dengan massa yang sama tetapi massa jenisnya lebih rendah.

Misalnya besi memiliki massa jenis 7,874 kg/m³ dan memiliki volume lebih rendah dari air yang memiliki massa jenis 1000 kg/m³ pada massa yang sama.

Massa jenis atau kerapatan adalah massa suatu benda dibagi dengan volume benda tersebut. Rumus kerapatannya adalah:

ρ = m/V

Informasi:

ρ = densitas (kg/m³)
m = massa benda (kg)
V = Volume benda (m³)

Baca Juga :  Cara Memeriksa Dokumen dan Legalitas Mobil Bekas

Rumus Konversi Liter ke Kilogram

Saat membeli beras, ada yang menggunakan liter dan terkadang kilogram. Seperti halnya minyak goreng, umumnya satuan untuk minyak goreng kemasan adalah liter sedangkan untuk minyak goreng curah menggunakan satuan berat (kg).

Pertanyaannya 1 liter berapa kg? Mengubah liter menjadi kilogram sendiri tidak selalu sama untuk setiap benda. Ini karena konversi ditentukan oleh kepadatan objek. Massa jenis tiap benda berbeda-beda.

Oleh karena itu, mengubah liter menjadi kilogram atau sebaliknya memerlukan informasi massa jenis benda. Misalnya, volume air adalah 1 liter. Jadi berapa kilogram massa airnya? Cara menghitungnya menggunakan rumus densitas berikut:

ρ = m/V

1 kg/liter = m / 1 liter
m = 1 kg/liter x 1 liter
m = 1 kg
Jadi 1 liter air = 1 kg air.

Contoh Pertanyaan & Diskusi

Ibu ingin membeli 10 liter beras di toko. Jika diketahui berat jenis beras tersebut adalah 0,8 kg/liter. Tentukan berapa kg beras yang dibeli ibu di toko tersebut?

Diskusi

Dikenal:

massa jenis beras (ρ) = 0,8 kg/liter
volume beras (V) = 10 liter

Menjawab:

Untuk mengubah liter beras menjadi kg, digunakan rumus massa jenis beras berdasarkan informasi massa jenis beras di atas.

ρ = m/V
m = ρ x V
m = 0,8 kg/liter x 10 liter
m = 8 kg

Maka berat beras yang dibeli ibu adalah 8 kg.

Ayah membeli minyak goreng curah sebanyak 9 kg di toko kemudian memasukkannya ke dalam botol berkapasitas 2,5 liter. Tentukan berapa botol yang diperlukan bapak untuk memindahkan minyak goreng tersebut? Diketahui massa jenis minyak goreng adalah 0,9 kg/L.

Diskusi

Menjawab:

ρ = m/V
V=m/ρ
V = 9 kg / (0,9 kg/liter)
V = 10 liter

Jumlah botol yang dibutuhkan = V minyak goreng : kapasitas botol
Jumlah botol yang dibutuhkan = 10 L : 2,5 L = 4 botol

Untuk bisa ganti 1 liter berapa kg? Konversi liter ke kilogram sangat ditentukan oleh kerapatan benda yang dikonversi. Di masyarakat sendiri pada umumnya untuk mengukur berat suatu benda akan menggunakan timbangan sementara pada saat mengukur volume menggunakan gelas ukur dalam satuan liter.

mejakelas.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru