Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran Pilihan

- Penulis

Rabu, 3 Mei 2023 - 21:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tes Mata Pelajaran Pilihan untuk Kurikulum Mandiri

Pendidikan di Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana menyelenggarakan pendidikan yang relevan dan adaptif sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan menerapkan Kurikulum Mandiri.

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang saat ini diterapkan dalam sistem pendidikan Indonesia, mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelaksanaan Kurikulum Mandiri pada jenjang SMA memiliki kegiatan belajar mengajar yang lebih fleksibel, dimana siswa memiliki kebebasan untuk mengembangkan bakat, minat dan kemampuannya. Dalam Kurikulum Mandiri khususnya di tingkat kelas 11 terdapat Mata Pelajaran Pilihan (MPP) yaitu mata pelajaran yang dapat dipilih siswa berdasarkan minat, bakat dan kemampuannya sendiri.

Dengan Mata Pelajaran Pilihan (MPP), mahasiswa diharapkan bertanggung jawab atas pilihan studinya. Kebebasan memilih akan menjadikan siswa lebih terampil dalam mengoptimalkan potensi dirinya dalam menyelesaikan setiap prestasi belajar karena telah selaras dengan motivasi pribadi. Hal ini terbukti berdampak positif pada proses pembelajaran dan pilihan karir di masa depan.

Temukan Minat dan Bakat Siswa dengan Tes Mata Pelajaran Pilihan (MPP)

Tes Mata Pelajaran Pilihan Quipper merupakan instrumen pengukuran yang dirancang khusus untuk memberikan rekomendasi Mata Pelajaran Pilihan (MPP) yang paling sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Dalam tes ini terdapat tiga kelompok mata pelajaran pilihan yaitu kelompok MIPA yang terdiri dari mata pelajaran Matematika Lanjutan, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika. Kemudian kelompok IPS, yang terdiri dari mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Antropologi. Lalu ada kelompok Bahasa dan Budaya yang terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Lanjutan dan Bahasa Inggris Lanjutan.

Anda dapat menggunakan hasil tes yang diperoleh sebagai pertimbangan tambahan dalam memberikan bimbingan dan saran pemilihan MPP yang tepat kepada siswa. Selain itu, dengan mengetahui minat dan kebutuhan siswa, Anda juga dapat mengembangkan kurikulum yang lebih efektif, fokus pada materi yang lebih relevan dengan siswa, dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Hal ini tentunya juga akan berdampak pada peningkatan motivasi belajar siswa.

Tes MPP di Quipper Campus Premium dibagi menjadi dua sub tes, yaitu:

  • Tes Bunga yaitu jenis tes yang menilai minat siswa terhadap suatu mata pelajaran.
  • Tes Bakat yaitu jenis tes yang menguji potensi kemampuan verbal, numerik, penalaran, dan spasial sebagai keterampilan prasyarat dalam mempelajari suatu mata pelajaran.
Baca Juga :  7 Keistimewaan Jika Profesimu Seorang Guru Tanpa Kamu Sadari

Hasil tes minat akan mewakili karakteristik dan minat siswa yang selanjutnya akan mempengaruhi motivasi belajarnya terhadap suatu mata pelajaran. Sedangkan hasil tes bakat akan mempertimbangkan potensi kognitif siswa, melalui penilaian keterampilan umum (bukan keterampilan per mata pelajaran).

Keterampilan umum ini merupakan prasyarat yang diperlukan agar siswa dapat berhasil mempelajari suatu mata pelajaran tanpa hambatan yang berarti di kemudian hari. Penjelasan dari masing-masing potensi yang diujikan pada tes bakat adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan lisan mengukur potensi berpikir tentang tata bahasa, pengelompokan kata, wacana, dan memori.
  • Kemampuan numerik mengukur aritmatika, kemampuan situasional, aplikasi rumus, dan pemahaman grafik dan tabel.
  • kemampuan penalaran mengukur potensi berpikir analogis, analitis, dan silogistik.
  • Kemampuan spasial mengukur kemampuan pencitraan spasial dan konsistensi logis.

Tes MPP berjumlah 140 soal, yang terbagi menjadi 55 soal tes minat dan 85 soal tes bakat yang semuanya harus diselesaikan dalam waktu 120 menit.

Mengenal Profil Diri Siswa Secara Komprehensif Melalui Tes Mata Pelajaran Pilihan (MPP)

Setelah menyelesaikan tes, siswa akan menerima laporan hasil tes MPP yang memuat beberapa informasi penting terkait profil siswa, antara lain:

1. Menilai minat siswa

Skor minat siswa untuk setiap mata pelajaran. Hasil tes minat akan merekomendasikan mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan keinginan siswa untuk menekuninya. Urutan mata pelajaran disusun dari hasil tertinggi sampai terendah, dengan skor sempurna 100.

1683124388 427 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp

2. Menilai bakat siswa

Menilai bakat siswa untuk setiap keterampilan umum yang diperlukan dalam setiap mata pelajaran. Hasil tes bakat memberikan rekomendasi mata pelajaran yang sesuai dengan potensi kemampuan berpikir terbaik yang dimiliki siswa. Urutan mata pelajaran disusun dari hasil tertinggi sampai terendah, dengan skor sempurna 100.

1683124389 353 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp

3. Rekomendasi mata pelajaran

Rekomendasi mata pelajaran pilihan yang paling sesuai dengan minat dan bakat siswa. Rekomendasi MPP diperoleh dari integrasi hasil tes minat dan tes bakat yang dilaksanakan dengan komposisi 60% minat siswa dan 40% bakat. Baik minat maupun bakat memiliki andil dalam keberhasilan pembelajaran.

Hasil tes minat dan tes bakat harus diintegrasikan untuk mendapatkan profil diri yang komprehensif, sehingga menghasilkan rekomendasi MPP yang mempertimbangkan persinggungan antara kemauan dan kemampuan.

Rekomendasi mata pelajaran pilihan yang paling sesuai dengan minat dan bakat siswa

4. Analisis prestasi belajar siswa

Analisis prestasi belajar siswa untuk komponen prasyarat dari setiap mata pelajaran yang direkomendasikan. Pada bagian ini diberikan penjelasan tentang keterampilan umum apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk dapat menguasai mata kuliah pilihan yang dianjurkan.

Baca Juga :  Cara Membuat Agenda Harian Guru, Lengkap dengan Contohnya

Komponen aptitude dari setiap mata pelajaran berbeda, dalam urutan yang berbeda. Urutan teratas adalah keterampilan yang dianggap paling penting untuk dikuasai oleh siswa jika ingin menguasai mata pelajaran.

Pada bilah di sebelahnya, diberikan gambaran pencapaian atau kemampuan yang dimiliki siswa saat ini terhadap keterampilan tersebut.

Analisis prestasi siswa

5. Rekomendasi untuk pengembangan diri

Rekomendasi pengembangan diri berdasarkan kelebihan dan kekurangan siswa pada mata pelajaran yang direkomendasikan, mengacu pada hasil analisis prestasi belajar siswa pada komponen prasyarat.

1683124389 368 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp

6. Kuliah rekomendasi utama

Rekomendasi jurusan perkuliahan yang dapat dipilih berdasarkan masing-masing mata kuliah yang direkomendasikan.

1683124390 754 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp

7. Potensi pengembangan karir

Potensi untuk pengembangan karir jika siswa mengejar setiap mata pelajaran yang direkomendasikan.

1683124390 634 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp

Laporan hasil ujian diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif mengenai rekomendasi mata pelajaran pilihan bagi setiap siswa.

Panduan Penggunaan Tes Mata Pelajaran Pilihan (MPP)

    1. Masuk ke akun LINK guru Anda, lalu pilih menu: Kurikulum dan Tugas
    2. Di opsi kategori, pilih: “Ujian Mata Pelajaran Pilihan untuk Kurikulum Mandiri”
Kategori Kurikulum & Tugas
    1. Pilih semua bagian modul “Ujian Mata Pelajaran Pilihan untuk Kurikulum Mandiri”
1683124391 944 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp
    1. Klik tab “Tugas”kemudian atur pengiriman tugas:
      1. Pilih kelas yang akan menerima tugas
1683124391 704 Ketahui Minat dan Bakat Siswa Anda Melalui Tes Mata Pelajaran.webp
      1. Pilih jenis tugas: “Tugas”
      2. Isikan nama tugas dan komentar sesuai dengan yang anda inginkan
lalu Isikan Nama Tugas & Keterangan
      1. Pada bagian Duration, Anda bisa menggunakan pilihan durasi yang tersedia atau Anda juga bisa mengatur sendiri tanggal mulai dan berakhirnya sesuai keinginan
Kemudian Tetapkan Periode Tes
      1. Setelah semua bagian diisi, klik “Melanjutkan”
    1. Periksa pengaturan tugas lagi. Jika sudah sesuai, klik “Kirim Tugas”
Langkah Terakhir Pratinjau Tugas

Informasi Lebih Lanjut Tentang Tes Mata Pelajaran Pilihan (MPP) di Quipper School Premium

Itulah informasi tentang Tes Mata Pelajaran Pilihan (MPP) di Quipper School Premium yang dapat memudahkan para guru untuk mengetahui minat dan bakat siswa secara komprehensif. Kamu bisa langsung menggunakan layanan di atas jika sekolahmu sudah terdaftar sebagai mitra Quipper School Premium. Namun, jika sekolah Anda belum menjadi mitra, maka Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Quipper School Premium dengan menghubungi tim Quipper melalui form berikut:

Hubungi Tim Quipper

www.quipper.com

Berita Terkait

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:08 WIB

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB