Cara Belajar Efektif – Pembelajaran yang efektif adalah suatu kondisi ketika pembelajar dapat memahami bahan ajar dalam waktu yang ditentukan. Dengan belajar dengan baik akan mempengaruhi hasil belajar menjadi lebih maksimal. Hasil belajar di rumah mungkin dirasakan sebagian orang kurang maksimal karena lebih banyak gangguan dan munculnya rasa malas, namun hal ini bisa diatasi dengan beberapa cara.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa belajar dengan efektif di rumah:

  1. Buat rencana belajar mandiri

    Perencanaan pembelajaran perlu dilakukan, dengan menyiapkan bahan ajar yang akan dipelajari. Hal ini akan membuat proses pembelajaran lebih optimal dan hemat waktu.
    Agar pembelajaran dapat dilakukan secara konsisten maka perlu dibuat jadwal belajar. Dengan mengikuti jadwal belajar yang Anda buat, alam bawah sadar Anda akan lebih siap untuk mulai belajar karena sudah terbiasa dengan jadwal belajar.

  1. Luangkan waktu untuk belajar

    Sediakan waktu khusus untuk belajar, tidak belajar sambil memasak, sambil merapikan, sambil menonton, dll. Hal ini akan membuat fokus terpecah menjadi beberapa kegiatan sehingga kurang konsentrasi dalam belajar.

  1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman

    Mulai dari menyiapkan tempat belajar, menghindari kebisingan dan gangguan lainnya. Jika rumah sedang sibuk dan terasa cukup mengganggu, usahakan untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih waktu belajar saat kondisi rumah sudah kondusif.
    Jika perlu, sediakan minuman dan makanan ringan, lebih baik rajin minum air putih agar fokus Anda terjaga.

  2. Keterlambatan waktu saat belajar

    Belajar berjam-jam tanpa istirahat adalah cara belajar yang tidak efektif karena Anda memaksakan diri untuk fokus saat lelah dan bosan. Namun, dengan jadwal yang teratur, dan dengan istirahat yang cukup merupakan cara belajar yang efektif.
    Berapa lama waktu efektif untuk belajar? Saat belajar, Anda juga perlu istirahat. Ambil jeda belajar setiap 20-30 menit untuk mengoptimalkan penyerapan bahan ajar. Istirahat sejenak selama 5-10 menit, bisa digunakan untuk makan snack dan minum. Jika Anda merasa cukup segar, mulailah belajar segera.
    Belajar dengan batas waktu yang singkat dapat menghindari kram otak.

  3. Coba buat rangkuman

    Membuat rangkuman, bahan ajar akan lebih mudah diingat. Rangkuman yang dibuat juga dapat dijadikan sebagai bahan kajian singkat menjelang ujian. Gunakan kata-kata Anda sendiri untuk menjelaskan apa yang telah dipelajari dalam ringkasan singkat.
    Pahami setiap bahan ajar, bukan hanya sekedar dihafal dan dicatat. Mempelajari materi dengan cara menghafal cenderung kurang efektif karena setelah itu Anda akan segera melupakan materi tersebut. Di sisi lain, jika Anda memahami konsep di balik bahan ajar, pengetahuan itu akan diingat lebih lama.

Kapan waktu yang tepat untuk belajar?

Jam belajar juga dapat menjadi faktor penentu keberhasilan pembelajaran yang efektif. Waktu yang baik untuk belajar adalah antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang, kemudian jam 4 sore sampai jam 10 malam. Sedangkan waktu belajar yang paling tidak efektif adalah jam 4 pagi sampai jam 7 pagi.

Apa keuntungan belajar di pagi hari? Di pagi hari pikiran Anda lebih jernih, suasana di pagi hari meningkatkan fokus belajar, dan waktu tidur tidak terganggu.

Apa keuntungan belajar di malam hari? Suasananya tenang dan hening, Anda bisa lebih fokus karena gangguan berkurang, dan ide akan lebih berkembang.

Cara belajar efektif untuk setiap orang mungkin berbeda-beda, dan jika Anda belum menemukan cara belajar yang paling efektif dan efisien untuk diri sendiri, Anda bisa mencoba beberapa cara di atas.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Dapatkan informasi guru terupdate dengan bergabung di Channel Telegram: https://t.me/wartagurudotid

Pengarang: Ema Dwi Pratiwi

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *