7 Amalan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah Yang Bisa Dilakukan

- Penulis

Jumat, 14 Juni 2024 - 05:10 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

– Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang special dimana di 10 hari pertamanya merupakan waktu yang sangat utama untuk melakukan berbagai macam ibadah dengan ganjaran yang berlimpah. Jika anda memiliki kesempatan untuk menyambut bulan Dzulhijjah maka gunakan waktu ini dengan sebaik-baiknya jangan sampai terlewatkan. Berikut ini Amalan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah yang bisa dilakukan:

1. Berpuasa 10 Hari Di Bulan Dzulhijjah

Semua ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba sebenarnya kebaikannya kembali lagi ke hamba tersebut namun berbeda dengan Puasa. Puasa adalah suatu ibadah yang amalannya dipilih oleh Allah SWT untuk diri-Nya. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits qudsi :

“Allah berfirman, “Puasa itu adalah untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku”

Pada bulan Dzulhijjah umat muslim dianjurkan untuk berpuasa 10 hari awal bulan dzulhijjah namun karena tanggal 10 Dzulhijjah adalah idul adha sehingga puasa dikerjakan 9 hari saja. Hal ini sebagaimana anjuran dari hadits Abu Dawud:

“Sesungguhnya, Rasulullah SAW berpuasa Asyura, sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, dan tiga hari pada setiap bulan.” (HR Abu Dawud)

2. Memperbanyak Dzikir

Dzikir adalah salah satu amalan yang memiliki pahala berlipat ganda. Umat islam sangat disarankan memperbanyak dzikir di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, anjuran ini terdapat dalam surat Al Hajj ayat 28 :

“…dan agar mereka menyebut nama Allah pada hari-hari yang telah ditentukan…” (Al-Hajj:28).

Menurut para ahli tafsir, ayat di atas merujuk pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Oleh karenanya para ulama sangat menganjurkan memperbanyak Dzikir pada hari-hari tersebut.

3. Bertakbir

Salah satu bacaan dzikir yang dianjurkan untuk diperbanyak pada awal bulan Dzulhijjah adalah mengucapkan kalimat takbir. Dzikir satu ini dianjurkan dilakukan setiap waktu dan keadaan sebagaimana firman Allah SWT:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَمًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَوَةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَّوْقُوتًا (3)

Baca Juga :  10 Cara Mudah Mempercepat Kinerja Smartphone Anda

Artinya: “Maka, apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya, shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. an Nisa'[4]: 103).

Anjuran untuk memperbanyak takbir di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah juga dijelaskan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya. Berikut penjelasannya:

وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ أَيَّامُ الْعَشْرِ، وَالْأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيقِ. وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ وَأَبُو هُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِي أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَفِّرَانِ، وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيْرِهِمَا، وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِي خَلْفَ النَّافِلَةِ.

Artinya: “Ibnu Abbas berkata, ‘Berdzikirlah kalian kepada Allah di hari-hari yang ditentukan, yaitu sepuluh hari pertama Dzulhijjah dan juga pada hari-hari Tasyriq. Ibnu Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.”

4. Memperbanyak Amal Saleh

Ada banyak amal saleh yang bisa diperbanyak di 10 hari bulan dzulhijjah sehingga anda mendapatkan banyak pahala. Amalan yang bisa dilakukan contohnya shalat sunnah, sedekah dan juga membaca Al-Quran. Semua amalan ini akan dilipatgandakan pahalanya jika dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Amalan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah ini bahkan menjadi amalan utama yang bisa dikerjakan kapan saja dan tentunya menjadi amalan yang paling dicintai Allah SWT. Seperti sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berdzikir hingga terbit Matahari, setelah itu ia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah.” Rawi berkata: Rasulullah berkata, “Sempurna…sempurna…sempurna.” (HR. Tirmidzi).

5. Haji Dan Umrah

Di Bulan dzulhijjah amalan yang paling penting dan utama yang sangat dianjurkan oleh seluruh umat islam adalah melaksanakan haji dan umrah bagi yang mampu. Amalan paling utama ini berdasarkan berbagai hadits shahih:

Baca Juga :  Pengertian Debat, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, dan Jenisnya

“Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah Surga.”

Selain itu, menunaikan ibadah haji sendiri merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Seseorang yang menunaikan ibadah haji menurut cara dan tuntunan yang disyariatkan maka Allah SWT akan memberikan balasan yang sangat agung.

6. Puasa Arafah

Hari ke 9 di bulan Dzulhijjah Adalah hari yang spesial dimana lebih dikenal dengan Arafah. Pada hari ni umat islam yang sedang emlaksanakanhaji sedang melakukan wukuf dan mengakui semua dosa dan meminta pengampunan.

Bagi umat muslim yang tidak melaksanakan haji pada waktu tersebut dianjurkan untuk melakukan puasa. Hal ini sebagaimana Aisyah mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada suatu hari yang Allah lebih banyak membebaskan seorang hamba dari api neraka, melainkan hari Arafah. Sesungguhnya, Allah mendekat dan berbangga di hadapan para malaikat-Nya seraya berkata, ‘Apa yang mereka inginkan?’.” (HR Muslim)

Oleh karenanya, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim yang tidak berhaji untuk berpuasa di hari Arafah. Dijelaskan lebih lanjut dalam sebuah hadis dari Abu Qatadah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Puasa Arafah menghapus dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan datang.” (HR. Muslim).

7. Berkurban

Amalan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah adalah berkurban. Berkurban ini termasuk ibadah yang disyariatkan Allah SWT dalam firman-Nya berikut:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَآخَرُ

Artinya: “Maka, dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.” (QS. Al-Kautsar [108]: 02).

Berkurban ini artinya menyembelih hewan untuk kurban dan menjadi salah satu amalan spesial di bulan Dzulhijjah.

Itulah beberapa Amalan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah yang bisa anda lakukan dengan pahala yang banyak.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut
Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim
Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK
Selebgram Ambon Viral Lakukan Adegan Dewasa di Live Kontennya
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Sabtu, 20 Juli 2024 - 05:21 WIB

Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?

Kamis, 18 Juli 2024 - 10:44 WIB

Sesuai Undang-undang, Guru-guru Dengan Kategori Berikut Berhak Mendapatkan Tunjangan dan Penghargaan Berikut

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:34 WIB

Guru PPPK Yang Sudah Mengabdi lebih Dari 2 Tahun Akan mendapatkan Tunjangan Dari nadiem Makarim

Minggu, 14 Juli 2024 - 10:48 WIB

Berikut Daftar Instansi Pemerintah Yang Resmi Membuka Formasi CPNS dan PPPK Untuk Lulusan SMA/SMK

Berita Terbaru