PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Alat Teknologi untuk Melibatkan Siswa Bahasa Dunia

Alat Teknologi untuk Melibatkan Siswa Bahasa Dunia

hero blog photo World Languages middle school shutterstock 2074145639 Ground Picture scaled

Sebagai pendidik bahasa dunia yang mengajar di dunia pascapandemi, saya selalu mencari alat teknologi pendidikan yang akan meningkatkan pengajaran dan hasil siswa saya. Saya baru saja menemukan Genial dan telah menggunakan alat teknologi ini selama satu semester terakhir.

Berikut adalah empat cara semua guru, terlepas dari tingkat kelas dan konten akademiknya, dapat mengintegrasikan Genially ke dalam kelas mereka.

Infografis

Salah satu fokus utama saya tahun ini adalah mencoba alat teknologi pendidikan baru melalui pembuatan infografis untuk siswa saya. Saya mulai menggabungkan Awalnya untuk menyajikan konten dengan cara yang berbeda pada tahun ajaran baru ini, dan situs web ini ramah pengguna.

Membagikan lembar kerja dan kuliah bisa jadi monoton, dan saya ingin memicu inkuiri pembelajaran bagi siswa melalui pendekatan yang berbeda. Infografis memberikan kesempatan bagi siswa saya untuk berinteraksi dengan konten akademik dengan cara yang menyenangkan dan menarik, dibandingkan dengan lembar kerja. Berbagai jenis infografis, seperti peta, garis waktu, poster, dan banyak lagi, mudah dibuat.

Saat mengajar tentang negara-negara berbahasa Spanyol, misalnya, saya dapat membuat peta interaktif yang memungkinkan siswa mengeklik tautan tentang masing-masing negara. Dengan infografik ini, siswa dapat mempelajari informasi tambahan tentang populasi negara, ibu kota, bendera, pemerintah, mata uang, makanan populer, dan fakta menarik melalui berbagai gambar. Saya juga suka bagaimana siswa dapat melihatnya dengan kecepatan mereka sendiri, menghabiskan waktu sebanyak yang mereka butuhkan untuk memahami konten lebih lanjut.

Ide infografis lain yang saya integrasikan melibatkan karya seni terkenal. Jenis infografik ini penuh dengan karya seni terkenal yang kemudian ditautkan ke situs web lain yang menjelaskan lebih detail tentang artis dan memberikan sinopsis karya seni tersebut. Misalnya, murid-murid saya memperdalam pembelajaran mereka tentang karya Pablo Picasso Guernica dan La Sagrada Família karya Antoni Gaudí.

Infografis memiliki jumlah teks yang terbatas, yang tidak membuat siswa kewalahan dan tetap memberi mereka cara untuk memahami inti topik. Pelajar menikmati infografik karena mereka dapat dengan cepat mengingat detail dari apa yang telah mereka lihat, daripada membaca bagian yang panjang tentang pelajaran tersebut. Selain itu, karena siswa saya belajar bahasa kedua (Spanyol), ini membantu mereka membangun kosa kata dan kepercayaan diri. Siswa dapat menggunakan gambar untuk membangun perkembangan bahasa mereka lebih lanjut dan meningkatkan pemahaman secara keseluruhan.

Ruang melarikan diri

Cara lain untuk mengintegrasikan Genially adalah membuat game escape room untuk kelas Anda. Permainan ini memiliki berbagai teka-teki dalam setiap permainan, dan siswa harus mengerjakan setiap teka-teki untuk membuka petunjuk. Saat mereka maju dalam game, mereka akhirnya akan keluar dari ruangan dalam game. Ini biasanya membutuhkan waktu antara 45 hingga 60 menit untuk menyelesaikannya. Saya senang membuat permainan ruang pelarian untuk siswa saya karena saya ingin mereka memiliki kesempatan untuk bekerja satu sama lain dan memiliki persaingan yang sehat.

Karena begitu banyak pembelajaran selama dua tahun terakhir ini dalam isolasi, saya tahu bahwa permainan ini akan mendorong kerja tim dan kolaborasi. Banyak siswa lebih nyaman dalam pengaturan gamifikasi ini dan terbuka untuk membuat kesalahan, yang membuat mereka ingin mencoba lagi.

Satu permainan ruang pelarian yang saya buat melibatkan siswa memanjat melalui Machu Picchu. Siswa menjawab pertanyaan dengan berbagai tingkat kesulitan melalui empat pelajaran yang berbeda. Ketika mereka berhasil melarikan diri, mereka menerima stempel di “paspor” mereka. Siswa menikmati balapan untuk menyelesaikan dan tampaknya bekerja sama dengan baik.

Presentasi

Genially memiliki banyak template gratis untuk digunakan, yang menghemat waktu saya dengan proses desain dan pemformatan. Beberapa presentasi memberi siswa kesempatan untuk berlatih kosa kata. Misalnya, ada kuis renang yang menampilkan avatar siswa “berenang” di slide saat siswa menjawab pertanyaan. Jika mereka menjawab dengan benar, maka perenang individu mereka terus berenang mendekati akhir. Sementara itu, jika siswa menjawab salah, penyelamat muncul dan mereka dapat mencoba lagi dengan pertanyaan tersebut.

Jenis pembelajaran ini menjadi terlihat bagi siswa melalui indikator kemajuan. Penting bagi siswa untuk mendapatkan umpan balik segera tentang kemajuan mereka dengan materi dan untuk dapat berinteraksi dengan materi dalam berbagai cara.

Gambar interaktif

Cara terakhir saya mengintegrasikan Genially adalah melalui proyek gambar interaktif kami. Siswa membuat gambar interaktif ketika kami membahas Bulan Warisan Hispanik. Gambar interaktif ini termasuk Hispanik terkenal seperti Jennifer Lopez, Diego Rivera, Frida Kahlo, dan banyak orang berpengaruh lainnya.

Siswa mengintegrasikan infografis yang menyertakan hyperlink yang membawa mereka ke situs web yang menjelaskan di mana orang-orang ini dilahirkan, sorotan karier, karya seni terkenal, dll. Siswa juga merekam audio yang meriwayatkan seluruh presentasi. Beberapa siswa bahkan memanfaatkan opsi “baca lebih lanjut” yang memberikan penelitian tambahan tentang orang Hispanik mereka yang berpengaruh.

Gambar-gambar ini interaktif dan menarik. Proyek puncak kami meminta seluruh kelas untuk berpartisipasi dalam jalan galeri digital. Tujuannya adalah agar siswa berjalan di sekitar kelas dan berinteraksi dengan proyek Genially siswa lain dengan langkah mereka sendiri, mengklik gambar yang mengarahkan mereka ke situs dan informasi tambahan.

Sebagai seorang pendidik, saya berusaha untuk terus meningkatkan pengajaran dan hasil siswa saya setiap tahun. Tahun ajaran ini, saya telah melihat kemajuan pengajaran saya melalui penyampaian konten akademik dan siswa saya memperdalam pemahaman dan keterlibatan mereka melalui penggunaan Genially.

Comment
Share:

Ad