PusatDapodik
Home Guru Kesiswaan Aplikasi Praktis Koreksi Lembar Jawab Ujian Peserta Didik Secara Otomatis

Aplikasi Praktis Koreksi Lembar Jawab Ujian Peserta Didik Secara Otomatis

pexels kindel media 7054757

Table of content:

[Hide] [Show]

    Salah satu tugas guru yang sangat melelahkan dan sangat sulit adalah memodifikasi tugas. Apalagi jika jumlah koreksi lembar jawaban siswa banyak. Tentu saja kegiatan ini membutuhkan waktu dan tenaga. Namun, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Belum lagi pekerjaan rumah dan pengasuhan anak.

    Sangat mudah untuk mengunduh dan menggunakan dari Google Playstore. Dengan aplikasi ini Anda dapat menguji dan mengevaluasi ujian siswa hanya dengan memindai atau mentransfernya melalui kamera ponsel. Oleh karena itu, aplikasi ini akan secara otomatis memeriksa apakah jawabannya salah atau benar.

    Untungnya, bagaimanapun, ada aplikasi yang dapat diinstal pada ponsel Android untuk membuat segalanya lebih mudah. Nama aplikasinya adalah Evalbee. Sangat mudah untuk mengunduh dan menggunakan dari Google Playstore. Dengan aplikasi ini Anda dapat menguji dan mengevaluasi ujian siswa hanya dengan memindai atau mentransfernya melalui kamera ponsel. Oleh karena itu, aplikasi ini akan secara otomatis memeriksa apakah jawabannya salah atau benar.

    Koreksi Lembar Jawaban Otomatis dengan Aplikasi Evalbee

    Apa itu aplikasi Evalbee? Evalbee adalah perangkat lunak yang dikembangkan pihak ketiga yang dapat diinstal pada ponsel berbasis Android. Aplikasi ini gratis untuk digunakan. Dan cara menggunakannya sangat mudah.

    Sayangnya, aplikasi AutoCorrect dengan Evablee ini memiliki kekurangan. Artinya, tidak dapat digunakan untuk menilai esai atau pertanyaan penjelasan. Namun, kehadiran aplikasi ini tentunya sangat membantu para guru untuk memodifikasi jawaban siswa.

    Fitur Aplikasi Evalbee

    Seperti aplikasi lainnya, aplikasi ini memiliki beberapa fitur menarik yang dapat Anda manfaatkan. Anda dapat memilih jumlah pertanyaan yang akan dikoreksi secara otomatis. Jumlah maksimum pertanyaan terbatas adalah 240. Dan itu pasti lebih dari cukup.

    Jangan khawatir, Evalbee siap mempermudah pekerjaan Anda. Dan yang terpenting, aplikasi ini dapat menghasilkan ringkasan nilai secara otomatis dalam format file Excel setelah dimodifikasi.

    Langkah Download Aplikasi Evalbee

    Langkah pertama dalam menggunakan Evalbee sebagai alat untuk memodifikasi lembar jawaban siswa secara otomatis adalah dengan mengunduh aplikasi dari Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka play store di smartphone
    2. Masukkan kata kunci “Evalbee” dalam pencarian
    3. Klik aplikasi “Evalbee” dan klik Instal
    4. Tunggu hingga unduhan selesai

    Setelah menyelesaikan proses pengunduhan dan penginstalan di ponsel cerdas Anda, yang harus Anda lakukan hanyalah membuat akun di aplikasi. Anda dapat mendaftar menggunakan alamat email yang aktif.

    Sekarang, setelah proses pendaftaran selesai, yang harus Anda lakukan hanyalah pengaturan sederhana. Misalnya, perlu menyesuaikan tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di Indonesia, Anda harus memilih negara Indonesia sebagai lokasi.

    Aplikasi ini memiliki beberapa menu. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi untuk mengubah lembar jawaban siswa secara otomatis, Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian. Aplikasi ini menggunakan pemindaian dalam proses pemindaian atau remediasi, sehingga harus memasukkan jawaban yang benar tergantung pada soal ujian yang ingin Anda perbaiki.

    Setelah memasukkan jawaban, proses mengoreksi akan jauh lebih mudah. Pegang saja lembar jawaban siswa di depan kamera handphone. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui jawaban yang benar dan salah untuk siswa Anda.

    Ini mempersingkat proses panjang yang biasa dilakukan dalam memodifikasi lembar jawaban siswa. Anda tidak perlu memeriksa lembar jawaban setiap siswa satu per satu, yang akan melelahkan mata Anda. Karena sistem pemindaian respons melalui aplikasi, akurasi koreksi sudah sangat baik.

    Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi Evalbee memiliki beberapa menu, masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Salah satunya adalah menu yang digunakan untuk memasukkan data siswa. Ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan jawaban yang dikoreksi yang Anda terima dengan data siswa Anda. Itu membuat segalanya mudah.

    Aplikasi Evalbee memang sudah sangat populer di kalangan guru, namun sepertinya masih banyak yang belum bisa menggunakannya. Untuk itu, eGuru.id akan melatih Anda kembali menggunakan Evalbee dengan tujuan memodifikasi lembar jawaban siswa Anda secara otomatis.

    Adapun aplikasi lain yang dapat mengoreksi jawaban ujian siswa dengan menggunakan Microsoft Excel (ExcelNoob). Untuk membuat Koreksi lembar jawaban di Excel, tentunya untuk mendapatkan jawaban yang benar di Excel, guru terlebih dahulu harus memasukkan data siswa dalam format tabel yang disesuaikan dengan lembar kerja Excel berikut. Contoh format tabel ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Formatnya bisa disesuaikan dengan situasi sekolah masing-masing.

    Fitur Aplikasi Koreksi Lembar Jawaban dengan Microsoft Excel

    Aplikasi koreksi otomatis excel untuk pilihan ganda dan essay yang dapat digunakan untuk USBN, PAS, PTS dan koreksi ulangan harian. Aplikasi ini dalam format excel sehingga guru hanya perlu memasukkan kunci jawaban dan jawaban siswa, maka sistem akan melakukan koreksi secara otomatis.

    Beberapa fiturnya antara lain:

    • Masukkan data sekolah
    • Masukan data kelas
    • Masukan data peta
    • Masukkan data siswa
    • Menu koreksi
    • menu analisis
    • Menu nilai
    • Menu cetak nilai
    • Dan lain-lain

    Keuntungan dari Aplikasi Koreksi Excel

    Aplikasi ini dibuat dengan macro VBA Excel dan dengan menu yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya aplikasi ini menggunakan Excel. Namun, beberapa menu sengaja dihilangkan untuk mengefektifkan tampilan dan terlihat efisien.

    Beberapa kelebihan dari aplikasi ini antara lain:

    • Dapat melakukan koreksi secara otomatis
    • Sudah ada analisis pertanyaan
    • Ada fitur untuk melihat dan mencetak nilai
    • Dalam satu file dapat menampung beberapa kelas
    • Fitur mudah untuk input data
    • Dll

    Cara Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel

    Pada artikel sebelumnya penulis telah menjelaskan tentang penggunaan Microsoft Excel dalam mengelola nilai siswa. Kali ini penulis akan menjelaskan kembali bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel.

    Aplikasi ini dalam format Excel, sehingga sangat mudah digunakan. Cukup masukkan nama siswa dan detail tes pilihan ganda siswa, dan aplikasi akan secara otomatis mengoreksi jumlah jawaban yang benar dan salah untuk siswa, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Hitung secara manual.

    Aplikasi ini sangat efektif bila digunakan untuk mengolah nilai siswa, baik digunakan bulanan maupun semester. Pasalnya, guru moderat ini sebenarnya bisa melakukan berbagai hal, mulai dari penjumlahan, perkalian, pembagian, urutan pencapaian, dan lain sebagainya. Namun, hampir semua pengguna Ms.Excel menggunakannya secara manual, namun hanya sedikit yang benar-benar dapat mengoptimalkannya, terutama untuk keperluan evaluasi.

    Aplikasi Soal Pilihan Ganda dan Koreksi Esai Format Exel Revisi – Akses mudah pekerjaan guru tersedia di semua jenjang sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Aplikasi perbaikan soal pilihan ganda berfungsi untuk menentukan jawaban yang benar untuk setiap soal sesuai dengan jumlah soal. Selanjutnya, Anda harus memasukkan jawaban untuk semua siswa (A, B, C, D, dst). Secara otomatis mengenali nomor yang benar dan benar-benar salah untuk semua jawaban siswa.

    Demikianlah pembahasan tentang aplikasi praktikum koreksi otomatis lembar jawaban siswa dengan menggunakan aplikasi Evalbee dan Microsoft Excel.

    Bagi anda yang ingin mendapatkan e-book gratis dari Guru Champion, silahkan akses link berikut: E-book Gratis Guru Champion

    Comment
    Share:

    Ad