APLIKASI SIPLAH UNTUK BELANJA SEKOLAH

- Penulis

Kamis, 13 April 2023 - 10:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

3

3

SIPLAH, mungkin belum banyak yang mengetahuinya, namun aplikasi Siplah merupakan aplikasi yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap satuan pendidikan penerima bantuan operasional sekolah atau yang sering disebut dengan bantuan dana BOS.Dalam juknis penggunaan dana BOS telah ditetapkan aturan yang mengatur tentang pembelian barang dan jasa, dimana barang tersebut dapat dibeli baik secara langsung maupun online melalui toko resmi dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

APLIKASI SIPLAH UNTUK BELANJA SEKOLAH
Berbicara tentang SIPLAH, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan apa itu SIPLAH dan bagaimana penggunaannya di sekolah.
SIPLAH adalah singkatan dari sistem informasi pengadaan sekolah.
SIPLAH merupakan sistem elektronik yang dapat digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan pengadaan barang dan jasa (PBJ) secara online yang dananya berasal dari dana bantuan operasional sekolah (BOS).
Bagi sekolah yang akan melakukan proses pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan sekolah, melalui aplikasi Siplah sekolah dapat melakukan proses pembelian barang dan jasa tersebut.

SIPLah dirancang untuk memanfaatkan Sistem Pasar Online yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Sistem pasar online yang dapat dikategorikan sebagai SIPlah harus memiliki fitur tertentu dan memenuhi kebutuhan Kemendikbud.

1681356937 91 APLIKASI SIPLAH UNTUK BELANJA SEKOLAH
SIPLah harus memiliki
fitur utama Yang
Bisa memudahkan sekolah
menyadari rencana bekerja
anggaran sekolah, memperoleh
informasi tentang penyedia barang-barang
Dan melayani, informasi mengenai barang-barang
Dan melayani Yang
akan dibeli, membandingkan harga barang dan jasa, memesan barang dan jasa, Mengerjakan
pemantauan kepatuhan
memesan, bawa pembayaran
non tunai, dan pengurusan dokumentasi proses dan bukti transaksi PBJ.

Selain itu SIP
harus Bisa menjadi
media interaksi berani
di antara sekolah sebagai
pembeli dengan pemberi barang-barang
Dan melayani Dan
sebagai penjual. SIPLah
Juga harus dapat
alat bantu pengawasan
proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) oleh Kepala
Sekolah dan/atau Bendahara Sekolah.

Dengan berkembangnya media teknologi berbasis online akan memudahkan siapa saja untuk melakukan proses jual beli secara online, termasuk sekolah yang akan melakukan pembelian barang dan jasa secara online.
Sistem berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan konsep sistem elektronik BOS bertujuan untuk menciptakan tata kelola keuangan yang transparan dan efektif, khususnya dalam pengelolaan dana BOS. Ini akan terdiri dari beberapa aplikasi berbasis TIK untuk melakukan tata kelola, mulai dari perencanaan, realisasi dan pelaporan dana BOS.

Dengan adanya SIP diharapkan pengelolaan dana BOS dapat terdokumentasi dengan lebih baik, lebih transparan dan akuntabel. Pengembangan sistem elektronik BOS juga untuk mendukung kebijakan penerapan transaksi nontunai dalam penyaluran dan pemanfaatan dana BOS.

1681356938 707 APLIKASI SIPLAH UNTUK BELANJA SEKOLAH

Bagi sekolah yang akan memanfaatkan aplikasi Siplah sebagai layanan dalam pengadaan barang dan jasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekolah terkait pengadaan barang dan jasa (PBJ) melalui SIPLAH, antara lain sebagai berikut:

  1. Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPlah) adalah katalog sekolah yang berada di bawah kewenangan dan pengelolaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan operator pasar online yang sudah mapan.
  2. Realisasi dana BOS melalui mekanisme pengadaan barang/jasa sekolah dengan nilai transaksi maksimal Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dilaksanakan dengan mekanisme online melalui SIPlah.
  3. Pembelian buku teks dan nonteks pendamping melalui dana BOS sebagaimana dimaksud dalam Surat Edaran Dirjen Dikdasmen nomor 2942/D/PB Tahun 2019 tentang Pembelian Buku Teks dan Nonteks melalui dana BOS tahun anggaran 2019, dilakukan melalui mekanisme online melalui SIPlah.
  4. SIPlah dapat diakses melalui laman https://bos.kemdikbud.go.id dengan pelaksanaan pengadaan mengacu pada Pedoman Umum tata cara pengadaan barang/jasa sekolah.
  5. Dalam hal pengadaan barang/jasa sekolah tidak dapat dilakukan secara daring, maka pengadaan barang/jasa sekolah dilakukan secara luring sesuai ketentuan yang berlaku.
Seperti kita ketahui, saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan telah meningkatkan bantuan dana BOS menjadi 3 jenis, yaitu Dana BOS Reguler, Dana BOS Afirmasi, dan Dana BOS Kinerja. Jika pada tahun-tahun sebelumnya setiap satuan pendidikan hanya mendapatkan dana BOS reguler untuk membantu pengembangan sekolah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mutu sekolah, kini pemerintah kembali memberikan bantuan berupa dana bos afirmasi dan dana bos kinerja.
Perlu diketahui bahwa dana bos afirmasi dan dana bos kinerja merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah dalam bentuk uang tunai yang akan digunakan untuk membangun sekolah yang semakin modern khususnya di bidang ilmu teknologi dan informasi.

Meskipun semua sekolah mendapatkan dana bos reguler, namun tidak semua sekolah dapat menerima dana bos afirmasi dan dana bos kinerja dan sebaliknya jika ada sekolah yang telah mendapatkan dana bos afirmasi, sekolah tersebut tidak dapat menerima dana bos kinerja, artinya satu sekolah tidak dapat menerimanya. . Bantuan dana bos sekaligus 3.

Sekolah yang terpilih sebagai penerima hibah afirmasi bos adalah sekolah yang berada di daerah 3T yaitu daerah terluar, tertinggal dan terdepan. Sedangkan sekolah yang terpilih sebagai penerima hibah kinerja BOS adalah sekolah yang memiliki kinerja baik, yang dalam hal ini dapat meningkatkan mutu pendidikannya dengan baik dan dapat diketahui melalui hasil pengisian aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP).
Afirmasi dan bantuan dana bos kinerja dimaksudkan agar sekolah mampu memberikan layanan pendidikan yang lebih baik, terutama membantu sekolah dalam hal penyiapan sarana pembelajaran berbasis teknologi. Dengan bantuan dana BOS afirmasi dan kinerja, sekolah dapat membeli barang elektronik yang dapat membantu proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan untuk penggunaan dana bos afirmasi dan dana bos kinerja.
Intinya, melalui bantuan dana bos afirmasi dan dana bos kinerja, sekolah dapat membeli perangkat berupa laptop, server, router, tablet yang disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi sasaran penerima bantuan dana afirmasi atau kinerja sekaligus. sebagai barang lain yang telah diatur dalam aturan pakai. dana bos.
Berbicara tentang pengadaan barang dan jasa, khususnya penggunaan dana afirmasi dan kinerja bos, aplikasi SIPLAH merupakan web yang wajib digunakan sekolah dalam proses pembelian barang elektronik tersebut.
Melalui siplah, proses belanja menjadi lebih transparan dan kebenaran dapat diakses dengan mudah dalam hal melakukan pembelian barang kebutuhan sekolah.

Demikian penjelasan singkat mengenai penggunaan aplikasi Siplah untuk sekolah. Kami berharap dengan adanya aplikasi Siplah ini, semakin memudahkan sekolah untuk membeli barang secara online dan semuanya dapat dilakukan dengan lebih transparan dan sesuai dengan aturan.

Baca Juga :  Materi Pelajaran PPKN Kelas 12 Semester 1&2 Revisi Terbaru

www.pusatdapodik.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru