Bagaimana Buku Anak Dapat Meningkatkan Pemikiran Matematika

- Penulis

Selasa, 28 Februari 2023 - 02:29 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

hero blog ELA math k 2 photo iStock 1160927627 monkeybusinessimages scaled

hero blog ELA math k 2 photo iStock 1160927627 monkeybusinessimages scaled

Banyak siswa dan guru memandang matematika sebagai mata pelajaran angka dan perhitungan, bukan pelajaran yang bermanfaat dari diskusi dan interpretasi. Berdasarkan pengalaman kami sebagai guru-pendidik sastra dan matematika anak-anak, kami telah menemukan bahwa menyediakan konteks untuk masalah matematika melalui sastra mendukung pembelajaran siswa—buku anak-anak dapat digunakan untuk mengintegrasikan matematika dan literasi dan menyediakan konteks untuk matematika.

Misalnya buku-buku Ketika Sophie Berpikir Dia Tidak Bisa, sebuah cerita tentang seorang gadis kecil yang menemukan pentingnya perjuangan, dan Birucerita tentang sejarah warna biru, adalah contoh bagus dari buku yang mengintegrasikan pemikiran matematika ke dalam penceritaan.

MENGGUNAKAN SASTRA UNTUK MENDUKUNG BERPIKIR MATEMATIKA

1. Memilih buku untuk mendukung pemikiran matematis: Pertama, temukan buku yang memiliki soal matematika yang layak untuk didiskusikan atau cerita untuk dikaitkan dengan soal matematika dalam kurikulum Anda. Konteks adalah salah satu bagian terpenting dalam memilih buku. Jika masalahnya tidak menantang atau cukup dapat diakses oleh siswa, pikirkan cara untuk merevisi masalah tersebut. Kami mengadvokasi masalah ambang batas rendah dan langit-langit tinggi, yang memungkinkan akses untuk semua siswa dengan pengetahuan mereka sebelumnya dan membangun lebih banyak pengetahuan dan menantang semua siswa.

Ketika Sophie Berpikir Dia Tidak Bisa, oleh Molly Bang, memberikan tugas matematika yang bermanfaat, meminta Sophie dan teman-temannya untuk membentuk persegi panjang berbeda sebanyak mungkin dengan 12 ubin. Karena dia tidak dapat menemukan solusi untuk masalah tersebut, gurunya berkata, “Kamu tidak dapat mengetahuinya belum,” yang mendorongnya untuk terus berusaha. Buku ini adalah contoh sempurna soal matematika yang mudah dilihat dalam konteks cerita dan mendorong gagasan tentang kekuatan belum sebagai teknik pemecahan masalah.

Di banyak buku, soal matematika tidak mudah dilihat. Sebagai seorang guru, Anda mungkin tidak berpikir bahwa sebagian besar buku memiliki beberapa jenis fokus matematika di dalamnya, tetapi setelah pemeriksaan lebih dekat, Anda dapat menemukan bahwa banyak dari buku tersebut dapat menjadi bagian dari kurikulum matematika Anda. Misalnya, Biru, ditulis oleh Nana Ekua Brew-Hammond dan diilustrasikan oleh Daniel Minter, dapat dikaitkan dengan pemeriksaan pola dan bentuk dalam desain tekstil. Bekerja dengan warna kertas biru yang berbeda, siswa dapat diminta untuk membuat pola dengan melipat kertas dan mempelajari pola yang mereka buat secara matematis. Mempelajari hubungan antara jumlah lipatan dan partisi pada bentuk akhir akan membawa tugas ini ke langit-langit yang lebih tinggi.

Baca Juga :  POS UN Tahun 2020 dan Kisi-Kisi UN 2020

2. Meneliti literatur secara kritis: Guru harus meluangkan waktu untuk memeriksa teks mereka secara kritis; seperti yang disarankan oleh Maria José Botelho dan Masha Kabakow Rudman, guru harus membaca melampaui kata-kata dalam teks dan membuat hubungan antara konten lokal, sosiopolitik, pribadi, dan matematika. Guru dapat mengajukan pertanyaan seperti berikut:

  1. Cerita siapa ini? Bagaimana mungkin berhubungan dengan cerita matematika siswa?
  2. Melalui sudut pandang apa cerita ini diceritakan?
  3. Konsep matematika apa yang membentuk cerita?
  4. Bagaimana tugas dan pemahaman matematika dibangun?

Dua pertanyaan pertama membantu siswa berhubungan dengan isu, topik, dan pertanyaan yang mungkin mereka miliki tentang cerita tersebut. Dua pertanyaan terakhir membantu siswa berpikir seperti ahli matematika. Misalnya, Biru diceritakan dari perspektif sejarah dan menyentuh klasisisme sepanjang waktu. Dengan mempelajari buku ini dengan cermat, guru dapat menarik pola dalam ilustrasi dan meminta siswa untuk membuat pola matematika sendiri—hal ini ditunjukkan di seluruh buku ini dan khususnya di kertas akhir.

Buku bergambar ini memberikan begitu banyak pemahaman latar belakang sejarah tentang siapa yang mengolah bahan untuk membuat warna biru dan siapa yang memiliki akses ke tekstil yang terbuat dari pewarna biru. Dengan mengarahkan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan di atas, guru akan membantu mereka mulai melihat matematika dalam segala hal dan mulai berpikir seperti ahli matematika.

3. Merancang pelajaran untuk mengintegrasikan literasi dan matematika: Sangatlah bermanfaat untuk berpikir ke depan tentang pertanyaan untuk kedua disiplin ilmu yang dapat membantu siswa memperluas dan membimbing pemikiran mereka; dalam pekerjaan sebelumnya, kami mengembangkan pelajaran lengkap dengan pertanyaan khusus konten. Meminta siswa untuk menganalisis atau menginterpretasikan karya matematika teman sebayanya dan menghubungkannya dengan teks juga akan memperluas pemikiran siswa. Setelah menemukan susunan persegi panjang mereka sendiri dengan 12 ubin, siswa dapat membandingkan persegi panjang mereka dengan persegi panjang yang dibuat oleh temannya atau oleh Sophie dan teman-temannya. Ini dapat mengarah pada diskusi tentang seberapa mirip atau berbeda semua persegi panjang itu.

Baca Juga :  Materi Matematika Kelas 4 Semester 1&2 Kurikulum Merdeka Revisi Baru

LEBIH BANYAK BUKU YANG MEMPROMOSIKAN BERPIKIR MATEMATIKA

Anjing Lingkaran, ditulis oleh Kevin Henkes, diilustrasikan oleh Dan Yaccarino. Menjelajahi bentuk sepanjang hari dalam kehidupan dua dachshund. Pembacaan yang sempurna untuk unit geometri! Pasangkan ini dengan Hot Dog (di bawah) untuk membantu siswa Anda membuat koneksi teks-ke-teks.

Kacang Tiga Belas, ditulis dan diilustrasikan oleh Matthew McElligott. Buku ini mengeksplorasi konsep pembagian dengan kesengsaraan yang dihadapi kedua karakter saat mereka menyelesaikan suatu masalah. Cara yang bagus untuk melibatkan anak-anak dalam diskusi mencoba bekerja melalui pemecahan masalah.

Hot Dogditulis dan diilustrasikan oleh Doug Salati. Buku pemenang Caldecott tahun 2023 ini mengeksplorasi satu hari dalam kehidupan seekor anjing saat pembaca dibawa bertualang di lingkungan perkotaan untuk menemukan kesunyian bagi pemilik dan anjingnya di kota yang bising. Cara luar biasa untuk melihat pemetaan.

Tanah Buku: Impian Pelukis Kata Mexihcah Muda, ditulis dan diilustrasikan oleh Duncan Tonatiuh. Cerita ini berfokus pada pembuatan buku oleh penduduk asli Meksiko, mengeksplorasi pengetahuan, budaya, dan sejarah mereka. Pembaca dapat menggali lebih dalam ilustrasi dan melihat bagaimana pengukuran yang tepat, geometri, dan hubungan khusus dari konsep matematika meningkatkan penceritaan cerita ini.

Kami berharap ide dan buku ini akan mendukung Anda saat Anda memberikan percakapan yang bermakna dengan siswa Anda dengan mengintegrasikan pemahaman matematika melalui literatur anak-anak.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Guru

Download Surat Edaran Piloting PPG Guru 2024

Minggu, 21 Jul 2024 - 13:08 WIB