PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Bagian-bagian Mikroskop, Fungsi, dan Cara Penggunaanya

Bagian-bagian Mikroskop, Fungsi, dan Cara Penggunaanya

Bagian bagian Mikroskop Fungsi dan Cara Penggunaanya.webp

Mikroskop adalah alat penting untuk mempelajari dunia di sekitar kita. Ini memungkinkan Anda mengamati objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari mikroskop, penting untuk memahami bagian-bagiannya dan fungsinya. Ada banyak jenis mikroskop, tetapi semuanya memiliki bagian-bagian tertentu yang sama.

Artikel ini akan membahas berbagai komponen mikroskop dan fungsinya untuk membantu Anda memahami cara menggunakannya dengan benar. Jadi, baca sampai akhir!

Bagian Mikroskop Umum

Bagian optik mikroskop digunakan untuk melihat, memperbesar, dan menghasilkan gambar spesimen yang ditempatkan pada slide. Bagian ini meliputi:

Lensa objektif

Lensa objektif mikroskop adalah komponen penting dari setiap mikroskop. Tugas lensa objektif adalah mengumpulkan cahaya dari spesimen dan memfokuskannya ke lensa okuler.

Lensa obyektif dapat memperbesar gambar, memungkinkan Anda melihat objek detail yang lebih kecil.

Kekuatan perbesaran lensa objektif dapat berkisar dari 4x hingga 100x atau lebih tergantung pada desain dan konstruksinya.

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh lensa objektif bergantung pada sifat optiknya seperti apertur numerik, panjang fokus, dan aberasi kromatik.

Lensa mata

Lensa mata mikroskop merupakan bagian integral dari instrumen dan memainkan peran kunci dalam melihat dan memperbesar objek.

Lensa mata memperbesar gambar yang dibentuk oleh lensa objektif, memungkinkan tampilan yang lebih besar dan lebih jelas.

Ini juga membantu menyesuaikan fokus dan depth-of-field, menghadirkan detail dan kejelasan yang lebih besar pada gambar yang dilihat.

Selain itu, ini dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat kontras guna menonjolkan detail yang lebih halus pada spesimen yang sulit dilihat hanya dengan satu lensa objektif.

Kualitas optik lensa mata sering dibandingkan dengan bukaan numeriknya (disingkat NA), yang menunjukkan efisiensi pengumpulan cahaya dan dinyatakan sebagai kebalikan dari diameter (yaitu, 1/NA).

Kualitas optik juga dapat dicirikan oleh berbagai sistem pengukuran seperti sudut cahaya atau rasio perbesaran.

Penghematan Mikroskop

Tabung mikroskop adalah komponen penting dari mikroskop, karena membantu memfokuskan dan memperbesar gambar. Ini adalah tabung berongga, biasanya terbuat dari kaca atau logam, yang berisi dua lensa.

Tabung mikroskop berfungsi sebagai saluran cahaya dari sumber eksternal seperti lampu atau sumber cahaya LED yang diperlukan untuk melihat spesimen dengan memperbesarnya.

Tabung mikroskop memiliki dua bukaan yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam tabung: bukaan lensa objektif dan bukaan lensa okuler. Bukaan ini dilindungi oleh diafragma yang menghalangi cahaya sekitar saat tidak diperlukan.

Reflektor Mikroskop

Fungsi reflektor membantu mengumpulkan cahaya dari sampel dan mengarahkannya ke lensa objektif, untuk memastikan gambar yang akurat dilihat melalui mikroskop.

Tujuan komponen ini dalam mikroskop adalah untuk membantu peneliti fokus pada sampel tanpa dibutakan oleh terlalu banyak cahaya yang masuk melalui lensa mata dan mengenai mata.

Dalam beberapa jenis mikroskop, seperti mikroskop majemuk, ada dua peran berbeda di mana satu mengumpulkan cahaya yang tersebar sementara yang lain mengumpulkan cahaya yang ditransmisikan.

Diafragma

Fungsi diafragma adalah untuk mengontrol intensitas cahaya dan mencegahnya keluar dari instrumen.

Konfigurasi ini meminimalkan aberasi sferis, meningkatkan kualitas gambar, dan membatasi distorsi karena sinar yang berasal dari titik berbeda mencapai fokus pada titik yang sesuai di sisi yang berlawanan.

Mikrometer dan Makrometer

Mikrometer dan makrometer adalah dua alat penting yang digunakan dalam mikroskop.

Mikrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur jarak yang sangat kecil, biasanya berkisar antara 1-1000 mikron. Biasanya digunakan untuk mengukur ukuran benda mikroskopis seperti sel, bakteri, atau virus.

Di sisi lain, mikrometer adalah instrumen yang mengukur jarak yang lebih jauh, biasanya berkisar antara 1-100 milimeter. Ini biasanya digunakan untuk mengukur objek yang terlalu besar untuk diukur secara akurat dengan mikrometer seperti organ atau organisme yang lebih besar.

Kedua perangkat tersebut adalah alat penting bagi ilmuwan mana pun yang bekerja dengan mikroskop dan diperlukan untuk pengukuran dan analisis spesimen mikroskopis yang akurat.

revolver

ilmuwan dapat memperoleh gambar rinci dari spesimen yang terlalu kecil atau halus untuk dilihat dengan mata telanjang.

Selain itu, fungsi tersebut dapat digunakan untuk membuat gambar objek 3D, memungkinkan analisis yang lebih komprehensif. .

Fungsi revolver diaktifkan dengan cara pengguna menekan tombol di samping mikroskop. Fungsi ini memungkinkan beralih di antara tujuan yang berbeda, yang biasanya digunakan dalam mikroskop untuk memperoleh gambar pada perbesaran yang berbeda.

Sampel dapat dilihat dan difoto dengan mudah hanya dengan mengatur fokus masing-masing lensa, yang dilakukan melalui kenop di samping masing-masing lensa.

Meja Mikroskop

fungsi meja mikroskop memungkinkan pemosisian spesimen yang tepat. Meja mikroskop diaktifkan ketika tombol di atas instrumen ditekan, menyebabkan tuas yang dapat disesuaikan keluar dari kedua sisi mikroskop.

Tuas ini memungkinkan pemosisian dan dukungan yang tepat untuk spesimen masing-masing hingga 10 kilogram atau 22 pon.

Kondensator

Fungsi lensa kondensor digunakan untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya dari iluminator ke dalam spesimen.

Kondensor terletak di sebelah diafragma mikroskop. Kondensor memainkan peran utama dalam memastikan gambar yang jelas dan tajam dihasilkan pada pembesaran tinggi 400 kali atau lebih.

Semakin tinggi perbesaran kondensor, semakin jelas gambarnya. Mikroskop yang lebih canggih hadir dengan kondensor Abbe yang memiliki perbesaran sekitar 1000 kali.

Lengan dan Kaki Mikroskop

Lengan mikroskop menghubungkan tabung lensa mata ke bagian bawah dan digunakan sebagai pegangan. Cara menggunakannya adalah dengan memegang lengan sambil menggerakkan mikroskop.

Sedangkan kaki berfungsi sebagai mikroskop berdiri dan memberikan stabilitas selama penelitian.

Penjepit kaca / Persiapan

Fungsi penjepit kaca ini adalah sebagai pelapis objek yang akan diamati agar tidak bergeser atau menjaganya tetap stabil.

Sendi kemiringan

Pada beberapa mikroskop, ada bagian vertikal kecil yang menonjol. Ini menempelkan lengan mikroskop ke alas dan biasanya memiliki sekrup yang bagian atasnya dapat dimiringkan.

Langkah Dasar Menggunakan Mikroskop

Berikut cara menggunakan dan memfokuskan mikroskop dengan mudah, antara lain:

Langkah 1

Pada langkah pertama, Anda bisa menyiapkan kaca spesimen/slide. Kemudian letakkan kaca penutup di atas sampel. Langkah ini penting sebelum menggunakan mikroskop.

Sampel diratakan dengan kaca penutup untuk memberikan gambar yang jelas dan kaca penutup berisi cairan di dalam slide yang diratakan.

Langkah 2

Sekarang, Anda dapat mulai menggunakan mikroskop. Awalnya, langkah kedua adalah mengatur lensa objektif 4x dengan tingkat perbesaran terendah.

Mengapa ukuran lensa harus berada di level terendah? Ini dilakukan untuk membantu dan mendapatkan fokus tepat pada sampel.

Selain itu, dapat mencegah slide dari kerusakan karena lensa objektif terlalu dekat dan menjaga jarak yang akurat di antara keduanya.

Kemudian, Anda dapat beralih ke tingkat kekuatan pembesaran berikutnya. Setelah penghentian selesai, Anda dapat mengatur ulang ke pengaturan awal.

Langkah 3

Pada langkah ini, Anda harus menyesuaikan iluminator untuk mendapatkan jumlah cahaya yang tepat.

Selain itu, Anda perlu melakukan pengaturan kenop kondensor dan lensa untuk mendapatkan gambar yang tajam dan jernih.

Jika masih bingung menggunakan mikroskop, jangan malu untuk bertanya dan meminta bantuan guru saat mempraktekkan mata pelajaran Biologi.

Itulah informasi mengenai bagian-bagian mikroskop baik dari fungsinya maupun cara penggunaannya. Semoga artikel ini membantu.

www.quipper.com

Comment
Share:

Ad