PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Bagaimana Kepala Sekolah Mendapat Manfaat dari Kerumunan Pagi

Bagaimana Kepala Sekolah Mendapat Manfaat dari Kerumunan Pagi

hero blog Administration Leadership all grades illustration ikon 00016148 OttoSteininger scaled

Pernahkah Anda mempertimbangkan bahwa ketika mencoba melakukan semuanya, Anda benar-benar tidak menyelesaikan apa pun dengan baik? Kepala sekolah harus bisa melakukan banyak tugas, tetapi dengan melakukan itu, Anda mungkin membuat diri Anda lelah, membuat kesalahan, dan membuang-buang waktu. Kepala sekolah yang sibuk selalu mencari cara yang lebih efektif untuk merestrukturisasi hari kerja.

Jika Anda terus-menerus dibombardir dengan panggilan telepon, diganggu oleh anggota staf yang mampir ke kantor Anda, terganggu oleh email baru yang masuk ke kotak masuk Anda, terkubur di bawah tumpukan pekerjaan dengan tenggat waktu yang semakin dekat, atau sering dipanggil untuk menangani masalah perilaku siswa, Anda cenderung bergerak cepat antara pengalihan tugas aktif dan pasif.

Anda menentukan sakelar aktif Anda; sakelar pasif diprakarsai oleh orang lain. Konsekuensi untuk terus-menerus mengalihkan fokus dan perhatian Anda adalah kurang memperhatikan detail dan meningkatkan potensi kesalahan.

Jika Anda beralih antar aktivitas dengan kecepatan tinggi, kemungkinan staf kantor Anda juga demikian. Setiap orang memiliki daftar tugas yang lengkap, tetapi ketika sakelar pasif merusak tugas yang ada, setiap orang dapat merasa stres dan terbebani. Tidak ada yang merasakan beban staf kantor yang multitasking lebih dari sekretaris.

Kerumunan pagi

Kebutuhan untuk multitasking tidak akan pernah berakhir. Tetapi Anda dapat mengambil tindakan untuk mengurangi stres dan disfungsi yang ditimbulkannya. Salah satu strateginya adalah dengan mengembangkan morning huddle untuk tim Anda: asisten kepala sekolah, sekretaris, pengawas utama, juru masak pengelola, perawat, pekerja sosial—siapa saja di kantor Anda atau staf yang bekerja sama dengan kantor untuk menciptakan kelancaran operasional sehari-hari di sekolah. Dan jangan abaikan koordinator staf sebelum dan sesudah sekolah dan layanan transportasi Anda. Kontribusi mereka terhadap keberhasilan operasional sekolah Anda tidak boleh diminimalkan.

Tujuan dari ngerumpi tim adalah untuk memeriksa dengan anggota tim tentang apa milikmu hari akan terlihat seperti. Ini bukan untuk merencanakan minggu atau proyek—untuk itulah pertemuan lainnya. Ngerumpi pagi yang efektif memberi anggota tim terdekat Anda kesempatan untuk terhubung dengan Anda setiap hari, menyebarkan informasi, dan membuat keselarasan jadwal mereka dan memprioritaskan tujuan untuk pekerjaan bersama Anda. Praktek ini akan meningkatkan moral dan produktivitas bagi semua orang.

Cara kerja ngerumpi pagi

1. Kapan dan di mana. Tim Anda berkumpul dalam lingkaran di tempat yang ditentukan dan waktu yang sama setiap hari. Waktu pagi hari sebelum siswa tiba dianjurkan. Peserta berdiri. Berdiri akan membantu menjaga rapat tetap singkat dan to the point.

2. Berapa lama? Ngerumpi dapat dan harus bervariasi panjangnya, tetapi jika menjadi diskusi 45 menit, kemungkinan besar mereka akan gagal. Pertahankan selama 15 menit atau kurang di sebagian besar waktu.

3. Siapa yang berbicara? Semua orang berbicara dan berbagi sesuatu tentang apa yang sedang mereka kerjakan. Menyuarakan prioritas kerja dan pembaruan status di depan orang lain akan mengarah pada komitmen dan akuntabilitas tugas yang lebih besar. Sebagai pemimpin, Anda mungkin akan berbicara terlebih dahulu, tetapi pastikan untuk mendengar dari semua orang. Peserta dapat berbicara secara berurutan dengan mengelilingi lingkaran searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Tetap sederhana.

4. Tetap pada topik. Jika seseorang cenderung berbicara terlalu banyak, menetapkan pencatat waktu. Setiap orang harus membuat pembaruan mereka singkat dan jelas—satu atau dua menit, bergantung pada jumlah orang dalam ngerumpi.

5. Apa yang harus dikatakan? Peserta harus menyatakan prioritas mereka untuk hari itu, memberikan pembaruan status, berbagi hambatan dan kekhawatiran, dan merayakan kemenangan. Identifikasi masalah dan masalah yang mendesak tetapi selesaikan setelah ngerumpi. Kenali pencapaian tim Anda.

Keuntungan-keuntungan

1. Operasional kantor lebih efisien. Setelah sekretaris Anda mengetahui prioritas Anda untuk hari itu, dia dapat menyelaraskan pekerjaan mereka dengan cara yang lebih efektif. Tangan kanan Anda dapat menentukan dengan lebih baik kapan Anda bebas dilihat atau diinterupsi oleh staf, siswa, atau orang tua. Pengunjung dapat disambut dengan lebih efektif jika ada pemberitahuan sebelumnya tentang perkiraan waktu kedatangan mereka.

2. Klarifikasi kebijakan pintu terbuka Anda. Ada kalanya menjadi sangat penting, seperti dengan tenggat waktu yang mendesak untuk sebuah laporan, Anda menutup pintu. Ketika tim Anda tahu bahwa Anda tidak boleh diganggu, mereka akan membuang lebih sedikit waktu untuk mencari tahu apakah Anda tersedia dan menghargai kebutuhan privasi Anda.

3. Kesadaran/berbagi. Tim Anda tidak hanya akan mengetahui prioritas Anda untuk hari itu, tetapi mereka juga akan belajar tentang prioritas satu sama lain. Komunikasi akan menjadi bebas dan terbuka.

4. Membangun tim. Anda akan memperkuat dan memantapkan budaya sekolah Anda dengan perhatian terus-menerus yang ditujukan untuk membayangkan dan mewujudkan nilai-nilai dan kebiasaan yang diperlukan untuk operasi sekolah yang efektif. Anda tidak dapat membuat budaya sendiri atau terisolasi. Berbagi tanggung jawab untuk sukses.

5. Moral. Ketika anggota tim mempelajari prioritas masing-masing untuk hari itu, merasa bebas untuk didengar dan berkontribusi, dan menerima arahan yang memadai dari pemimpin mereka, mereka akan bersemangat dengan koneksi mereka. Ketika orang merasa senang dengan pekerjaan mereka dan dihargai atas kontribusi mereka, semangat kerja melonjak.

Mendedikasikan hanya 15 menit di awal hari Anda untuk mendukung hal-hal yang paling Anda butuhkan untuk memastikan bahwa sekolah Anda beroperasi secara efisien tidak boleh menambah beban Anda yang sudah penuh. Sebaliknya, ngerumpi di pagi hari memiliki potensi besar untuk memberdayakan orang lain, memperkuat struktur Anda, dan mencegah gangguan dan gangguan selama sisa hari kerja. Ini mungkin pertemuan terbaik yang pernah Anda miliki.

Comment
Share:

Ad