PusatDapodik
Home Guru Guru Madrasah Sudah Tahu Belum? Begini Cara Login Space Siaga Pendis PPG

Guru Madrasah Sudah Tahu Belum? Begini Cara Login Space Siaga Pendis PPG

PUSAT DAPODIK – Cara login Space PPG SIAGA Pendis wajib diketahui oleh para calon guru madrasah. Program ini diketahui diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan sebuah program sertifikasi yang wajib ditempuh sebelum menjadi guru. PPG juga bisa diartikan sebagai pendidikan tinggi tepatnya setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan para peserta didik dengan persyaratan keahlian khusus untuk menjadi seorang guru.

Untuk guru sekolah umum, program PPG ini diadakan oleh Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud). Selain itu, untuk guru MI, MTs, dan MA, yang menyelenggarakan PPG yaitu Kemenag. Sebelum mengetahui Pendis PPG, Ada baiknya Anda sekalian memahami lebih jelas terkait apa itu program PPG.

Mengenal Program PPG

Guru Madrasah Sudah Tahu Belum Begini Cara Login Space Siaga Pendis PPG (7)

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah salah satu kebijakan Kementerian untuk dapat menyelesaikan dan menuntaskan sertifikasi guru dalam jabatan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru & Dosen.

Calon guru bisa mengikuti program PPG untuk dapat menciptakan keseimbangan kebutuhan serta pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas. Program PPG ini diadakan untuk lulusan Sarjana, Sarjana Terapan, atau bisa Diploma IV dari jurusan pendidikan ataupun non kependidikan bagi calon guru untuk bisa mendapat sertifikat pendidik.

Dikutip dari laman resmi Kemenag, PPG Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah program pendidikan yang dirancang untuk mengintegrasikan penyajian materi, workshop, serta praktik lapangan yang diadakan untuk mempersiapkan guru supaya dapat menguasai kompetensi guru dengan utuh sesuai pada standar nasional. Setelah menyelesaikan program, para peserta akan mendapatkan sertifikat.

PPG Pendis diselenggarakan dengan melalui SPACE SIAGA Pendis, sebuah aplikasi terpusat untuk mengatur kegiatan PPG. dikutip dari laman resmi SPACE SIAGA Pendis, aplikasi ini hadir sebagai media belajar bagi para guru dalam meningkatkan kompetensinya tanpa terbatasi dengan lokasi, jarak, dan waktu. Selain PPG, SPACE SIAGA Pendis juga mencakup materi diantaranya seperti Pendidikan Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu.

Space merupakan akronim dari Sistem Pembelajaran Agama Cara Elektronik. Platform ini diketahui dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis). Peserta PPG bisa mengakses modul pembelajaran pada laman ini.

Cara Login Space PPG Siaga Pendis

Guru Madrasah Sudah Tahu Belum Begini Cara Login Space Siaga Pendis PPG (6)

 

 

Agar bisa lulus program PPG Kemenag, para peserta harus menguasai bahan pembelajaran dan kompetensi yang telah diatur. Penting untuk peserta program agar bisa mengakses platform Space dan rajin dalam mempelajari beberapa modul yang disajikan oleh Kemenag RI.

Adapun, untuk cara login Space PPG SIAGA Pendis sangat mudah dilakukan, yakni sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda buka laman resmi siagapendis.com
  2. Selanjutnya masukkan nomor akun dan password
  3. Tekan login
  4. Jika Anda lupa password, maka tekan “Lupa Password” dan masukkan email yang sudah didaftarkan untuk bisa mendapat kata sandi sementara yang baru
  5. Jika belum mempunyai akun SPACE, maka Anda bisa daftar akun terlebih dahulu
  6. Untuk dapat mengetahui Akun dan Password, peserta PPG bisa menghubungi LPTK (kampus) dimana Anda mengikuti program PPG

Syarat Utama Agar Dipanggil PPG Kemenag 2024

Guru Madrasah Sudah Tahu Belum Begini Cara Login Space Siaga Pendis PPG (3)

Dikutip dari persyaratan PPG Daljab guru madrasah, ada sebanyak enam syarat yang wajib dipenuhi agar mendapatkan undangan PPG Kemenag 2024. Dibawah ini merupakan informasi lengkapnya.

1. Mempunyai Akun Simpatika atau Terdaftar di Database Akun Siaga Pendis

Syarat utama untuk bisa mendapat undangan PPG dari Kemenag yaitu guru harus terdaftar di dalam database simpatika. Jika belum terdaftar, maka daftar terlebih dahulu di portal simpatika. Jika belum masuk, maka lakukan login dengan menggunakan username dan password masing-masing. Cek portofolio pada tombol “portofolio” untuk dapat memastikan kebenaran data atau jika ingin merubah profil.

Jika sudah, maka klik “ok” dan lihat di bagian bawah menu barusan, ada tombol “aktivasi”. Silakan klik menu tersebut dan akun berhasil diaktifkan. Sebagai informasi, jika sewaktu-waktu data tersebut diperlukan, guru bisa mencetaknya dengan cara menekan menu “cetak kartu”. Lalu, simpan file di perangkat.

2. Linieritas Ijazah yang Dimiliki dengan Mata Pelajaran yang Diajarkan

Guru juga wajib menyesuaikan ijazah yang dimiliki dengan pendidikan yang diajarkannya sebagai suatu syarat utama agar bisa di undang PPG Kemenag 2024. Kualifikasi pendidikan adalah minimal S1 atau D4 dengan program pendidikan yang telah terverifikasi dan tervalidasi di Simpatika.

Oleh sebab itu, guru wajib melakukan verval ijazah di Simpatika untuk dapat menyinkronkan background pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu. Untuk linieritas guru dan sertifikat pendidik, bisa dilihat pada aturan Keputusan Menteri Agama Nomor 890 Tahun 2019. Ada juga di Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penetapan Linieritas Guru dengan Sertifikat Pendidik.

3. Memiliki Nomor Pendidik Kemenag (NPK)

Jika guru berada di lingkungan Kementerian Pendidikan Budaya Riset dan Teknologi diwajibkan mempunyai NUPTK, Kemenag mewajibkan guru madrasah memiliki NPK. Kedua nomor tersebut sama-sama sebagai ciri utama atau identitas dari guru tersebut, berasal dari Kemenag ataupun Kemendikbud.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap terkait cara login Space Siaga Pendis PPG Kemenag. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait cara login Space Siaga Pendis bisa bermanfaat bagi Anda.

Comment
Share:

Ad