PusatDapodik
Home Guru Kepegawaian Berikut Bocoran Untuk Kebutuhan Guru Pada ASN PPPK tahun 2023

Berikut Bocoran Untuk Kebutuhan Guru Pada ASN PPPK tahun 2023

Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah Siap Publikasi Hasil Penelitian Bidang Sains, Pendidikan, Sosial, dan Humaniora

Ada informasi terbaru untuk seluruh tenaga kependidikan dan juga untuk guru honorer tahun 2023. Informasi ini terkait kebutuhan guru dan tenaga kependidikan untuk seleksi PPPK dari Kemendikbud.

Terkait hal tersebut, Kemendikbud akhirnya mengumumkan jumlah kebutuhan total guru dan tenaga kependidikan yang digunakan untuk seleksi PPPK ASN nasional tahun 2023.

Nadiem Makariem selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek memaparkan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi terkait rencana pengadaan ASN tahun 2023 bersama dengan Kementerian PAN dan RB pada 30 November 2022.

Sebelumnya, pada tahun 2021, pemerintah pusat telah memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk mengajukan formasi guru PPPK dengan total hingga 1,1 juta guru. Namun, saat ini pemerintah daerah atau pemerintah daerah baru mengusulkan pembentukan guru PPPK, kurang dari 50 persen kebutuhan guru PPPK setiap tahunnya.

Menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pada tahun 2021, dari total kebutuhan 1,1 juta guru, pemerintah daerah atau pemda hanya mengusulkan 506 ribu formasi guru ASN PPPK. Kemudian pada tahun 2022 saja, dari kebutuhan guru ASN yang berjumlah 781 ribu, pemda hanya mengusulkan formasi guru PPPK sebanyak 319 ribu guru.

Untuk itu, Kemendikbud mengapresiasi pemerintah daerah yang mengusulkan pembentukan guru PPPK yang telah memenuhi 100 persen kebutuhan di daerahnya masing-masing.

Kemudian, Kemendikbud juga memberikan izin kepada pemerintah daerah untuk mengajukan perlunya pembentukan tenaga kependidikan. Oleh karena itu, karena permasalahan tersebut, Kemendikbud pun menghitung jumlah kebutuhan guru ASN PPPK pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI akan melakukan perhitungan kebutuhan guru. Kebutuhan guru sebanyak 662.919 guru ASN PPPK.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek RI pada Rakor Pengadaan ASN tahun 2023, menjelaskan akan mendorong pemerintah daerah untuk mengajukan formasi guru 100 persen sesuai kebutuhan.

Halaman selanjutnya

Anggaran Gaji

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad