PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Berikut Penyebab Pelamar Tidak Mendapat Formasi PPPK 2022

Berikut Penyebab Pelamar Tidak Mendapat Formasi PPPK 2022

fff

Seiring dengan dibukanya pendaftaran PPPK 2022, saat ini sedang ramai dibicarakan mengenai cara pendaftaran dan formasi yang akan didapatkan nantinya.

Para pemohon PPPK 2022 ini tidak bisa begitu saja mendaftar atau mengabaikan PPPK 2022.

Para pemohon PPPK 2022, harus jeli dan memperhatikan secara detail persyaratan, cara mendaftar dan terkait formasi yang akan diperoleh.

Pasalnya, pelamar tersebut bisa saja melakukan kesalahan saat mengisi pendaftaran dan akan berakibat fatal nantinya.

Perlu diketahui juga bahwa ada 4 kategori pendaftar dalam seleksi PPPK Guru 2022, antara lain:

  1. Pelamar Prioritas 1 dimana pelamar prioritas ini sebelumnya telah mengikuti seleksi pada tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pelamar prioritas 1 telah memenuhi nilai ambang batas.
  2. Pelamar prioritas 2 yaitu guru non-ASN yang tidak termasuk dalam kategori pelamar prioritas 1 atau THK-II pada pelamar prioritas 1.
  3. Prioritas 3 pelamar yang merupakan guru non-ASN yang tidak termasuk dalam pelamar prioritas 1. Pada pelamar prioritas 2, pelamar memiliki persyaratan yaitu dengan minimal 3 tahun mengajar.
  4. Pelamar umum, dimana pelamar ini diisi oleh lulusan PPG yang sebelumnya terdaftar dalam database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tidak hanya itu, untuk pendaftar umum, selama pendaftar yang terdaftar di Dapodik juga diperbolehkan mengikuti PPPK 2022.

Baru-baru ini, pelamar Program Diklat Guru Tahun 2022 dikejutkan oleh beberapa pelamar prioritas 1 yang mendapat notifikasi setelah login ke halaman SSCASN.

Notifikasi tersebut berisi bahwa mereka dinyatakan tidak mendapatkan formasi. Hal ini ternyata tidak hanya terjadi pada pelamar prioritas 1, tetapi juga pada semua pelamar.

Baik pelamar prioritas 2, 3, atau bahkan umum pun merasa kecewa setelah mendapatkan notifikasi tersebut.

Pasalnya, hal ini akan berdampak pada mereka tidak bisa melanjutkan registrasi ulang. Hal ini karena tidak mendapatkan formasi maupun daerah tidak membuka formasi.

Tentu banyak yang bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi? Mengapa muncul pemberitahuan bahwa saya tidak dapat formulir dan tidak dapat melanjutkan pendaftaran?

Hal-hal berikut menyebabkan pelamar prioritas 1 menerima pemberitahuan, antara lain:

  • Ijazah pelamar prioritas 1 tidak linier (artinya ijazah pelamar prioritas 1 tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan sekarang).
  • Ijazah pelamar prioritas 1 bersifat linier (artinya ijazah pelamar prioritas 1 sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan saat ini). Namun kendalanya pelamar prioritas 1 tidak mendapatkan formasi pada PPPK 2022. Pada dasarnya pelamar prioritas 1 masih diberikan kesempatan untuk turun ke prioritas 2 atau 3. Hal ini dimaksudkan agar pelamar prioritas 1 dapat mendaftar pada seleksi observasi. mekanisme.
  • Ijazah pelamar prioritas 1 bersifat linier (artinya ijazah pelamar prioritas 1 sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan saat ini). Persoalannya, pemda tidak membuka formasi PPPK 2022. Inilah sebabnya mengapa pelamar prioritas 1 tidak dapat melanjutkan pendaftaran.
Sementara itu, untuk beberapa pendaftar prioritas 2, terdiri dari THK-II yang belum lulus passing grade, juga ditemukan pemberitahuan serupa

Soalnya pendaftar prioritas 2 ini tidak bisa terbentuk jika pemerintah daerah tidak membuka formasi Program Diklat Guru 2022.

Tidak hanya itu, pelamar prioritas 3 juga mendapatkan notifikasi. Disebutkan bahwa pelamar prioritas 3 tidak mendapatkan formasi karena hal-hal sebagai berikut:

  1. Formasi di lingkungan instansi yang bersangkutan atau di satuan pendidikan telah diisi oleh pelamar prioritas 1.
  2. Ijazah pelamar prioritas 3 tidak linier dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah tempatnya mengajar
  3. Pelamar prioritas 3 yang memiliki ijazah linier dengan mata pelajaran yang diajarkan dapat menunggu formasi yang tersisa dari pelamar prioritas 1 dan 2.
Jika artikel ini kurang jelas dan mungkin masih ada pertanyaan, Anda bisa bertanya di kolom komentar yang tersedia di akhir postingan ini. Untuk bisa mengikuti berita terbaru dan mendapatkan notifikasi, silahkan follow akun www.biokata.com ini. Karena akan menyajikan berita terbaru dan terpopuler di dunia pendidikan, terima kasih.

Comment
Share:

Ad