BKN Tegaskan Tak Ada Pendataan Ulang Tenaga Honorer di Tahun 2024

- Penulis

Jumat, 26 April 2024 - 18:17 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 202404100 140223352 copy 1800x1200 1

IMG 202404100 140223352 copy 1800x1200 1

Pusatdapodik.com BKN Tegaskan Tak Ada Pendataan Ulang Tenaga Honorer di Tahun 2024 – Non-ASN merupakan kependekan dari Non-Aparatur Sipil Negara, yang merujuk kepada individu yang bekerja di lingkungan pemerintahan tanpa memiliki status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Kategori tenaga non-ASN meliputi berbagai varian, seperti tenaga honorer, pegawai kontrak, pegawai harian lepas, dan sukarelawan. Dalam struktur pemerintahan, peran mereka sangatlah penting untuk menjaga kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi administrasi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menegaskan bahwa tidak akan ada pencatatan ulang terhadap tenaga non-ASN atau honorer pada tahun 2024. Proses pencatatan Non-ASN telah diselesaikan pada bulan Oktober 2022. Tujuannya adalah untuk merangkum kondisi dari para pegawai non-ASN serta memberikan dukungan dalam menyusun strategi terkait dengan status mereka.

Saat ini, BKN sedang melakukan verifikasi terhadap data-data Non-ASN yang telah terkumpul. Sementara itu, aturan mengenai pencatatan ulang Non-ASN atau tenaga honorer selanjutnya akan diatur dalam Rancangan Peraturan Perundang-undangan (RPP) Manajemen ASN. Bagi tenaga honorer yang ingin mengetahui hasil pencatatan mereka, BKN menyarankan untuk memeriksa informasinya di Biro SDM/BKD/BKPSDM/BKPP dari instansi tempat mereka bekerja.

BKN juga mengingatkan kembali kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan pejabat lainnya untuk tidak melakukan rekrutmen terhadap tenaga Non-ASN. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 65 UU No. 20 Tahun 2023 tentang ASN.

Pengangkatan PPPK Menjadi Prioritas Utama

4i
Pengangkatan PPPK Menjadi Prioritas Utama

Pemerintah mengutamakan penempatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada posisi fungsional yang dibutuhkan oleh setiap instansi. Bagi tenaga honorer yang memenuhi syarat dan sudah terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Nanti akan diajukan untuk diangkat menjadi PPPK.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Bahasa Inggris Kelas 8 Unit 3 Halaman 119-121 Kurikulum Merdeka: Kidness and Friendship

Prosedur pengangkatan PPPK akan dijelaskan secara rinci dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dijadwalkan akan dikeluarkan paling lambat pada akhir April 2024. Bagi mereka yang tidak memenuhi syarat untuk menjadi PPPK, beberapa opsi alternatif akan disediakan, termasuk:

1.      Penempatan Sebagai PPPK)Dalam Kategori Jabatan Fungsional Tertentu Dengan Persyaratan Khusus

Tenaga honorer yang tidak memenuhi syarat menjadi PPPK tetapi memiliki keahlian atau kualifikasi tertentu yang dibutuhkan dalam jabatan fungsional tertentu akan dipertimbangkan untuk penempatan sebagai PPPK dalam jabatan tersebut. Persyaratan khusus ini mungkin meliputi pengalaman kerja, sertifikasi atau pendidikan tambahan yang relevan dengan jabatan fungsional yang dituju. Pemerintah akan memastikan bahwa penempatan ini sesuai dengan kebutuhan instansi dan memungkinkan tenaga honorer untuk terlibat secara lebih aktif dalam tugas-tugas yang sesuai dengan latar belakang dan keahlian mereka.

2.      Penempatan Sebagai PPPK Dalam Kategori Jabatan Pengawas Sekolah Dengan Persyaratan Khusus

Bagi tenaga honorer yang memiliki pengalaman atau keahlian dalam bidang pendidikan dan memenuhi persyaratan khusus yang ditetapkan untuk jabatan pengawas sekolah, pilihan penempatan sebagai PPPK dalam kategori ini akan disediakan. Persyaratan khusus ini mungkin melibatkan pengalaman mengajar yang relevan, sertifikasi kepala sekolah, atau pelatihan khusus dalam manajemen pendidikan. Pemerintah akan memastikan bahwa penempatan ini memperkuat pengelolaan sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat lokal.

3.      Pemberian Penghargaan Berupa Uang Sebesar Satu Kali Gaji Pokok Yang Sesuai Dengan Masa Kerja

Bagi tenaga honorer 2024 yang tidak memenuhi syarat untuk diangkat sebagai PPPK dan tidak memilih opsi penempatan alternatif. Pemberian penghargaan dalam bentuk uang senilai satu kali gaji pokok akan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka selama masa bekerja sebagai honorer. Penghargaan ini diharapkan dapat memberikan pengakuan atas dedikasi dan usaha yang telah diberikan oleh tenaga honorer terhadap pekerjaan mereka.

Baca Juga :  Kebijakan Guru Honorer PPPK 2024 Agar Bisa Jadi ASN

4.      Penyelenggaraan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi

Pemerintah akan menyelenggarakan program pelatihan yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga honorer yang berpotensi. Pelatihan ini akan mencakup materi yang relevan dengan persyaratan CPNS dan PPPK. Serta arahan tentang proses seleksi yang akan dihadapi di masa depan. Melalui pelatihan ini, diharapkan tenaga honorer akan memiliki kesempatan lebih baik untuk bersaing dalam seleksi CPNS dan PPPK yang akan datang. Sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan status kepegawaian yang lebih stabil dan jaminan masa depan yang lebih baik.

Dengan demikian, pemerintah berkomitmen untuk memberikan solusi yang adil dan berkelanjutan bagi tenaga honorer dalam proses pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Melalui berbagai opsi yang tersedia, diharapkan tenaga honorer dapat memperoleh kepastian status kepegawaian yang lebih baik sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan yang dimiliki.

Pemerintah juga akan terus berupaya untuk meningkatkan manajemen aparatur sipil negara (ASN) secara menyeluruh. Ini demi meningkatkan kinerja dan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat. Dengan kolaborasi dan komitmen bersama, diharapkan langkah-langkah ini dapat membawa dampak positif bagi semua pihak yang terlibat dalam proses reformasi kepegawaian ini.

 

Berita Terkait

Hampir Putus Asa!! Kemenpan-RB Bingung Untuk Regulasi Tenaga honorer Yang akan diangkat Menjadi PPPK
Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut
Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan
Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar
Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 12:32 WIB

Hampir Putus Asa!! Kemenpan-RB Bingung Untuk Regulasi Tenaga honorer Yang akan diangkat Menjadi PPPK

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:10 WIB

Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:26 WIB

Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:03 WIB

Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB