Seberapa Besar Tunjangan Makan yang Diterima PNS Golongan III? Ini Penjelasannya!

- Penulis

Jumat, 26 April 2024 - 18:12 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

IMG 20240383 184749278 copy 2137x1200

IMG 20240383 184749278 copy 2137x1200

Pusatdapodik.com Seberapa Besar Tunjangan Makan yang Diterima PNS Golongan III? Ini Penjelasannya! – Kabar baik menghampiri para PNS golongan III di tahun 2024, karena Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengumumkan pemberian tunjangan makan kembali. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49 tahun 2023, tunjangan makan bagi PNS golongan III telah ditetapkan dengan jumlah yang cukup besar. Besaran tunjangan makan untuk PNS golongan III ini disesuaikan dengan golongan masing-masing, yang telah ditetapkan oleh Sri Mulyani.

Tunjangan makan tersebut tidak hanya diberikan sebagai insentif, tetapi juga sebagai upaya untuk memelihara semangat kerja para PNS, baik yang bertugas di instansi pemerintah pusat maupun daerah. Pembayaran tunjangan makan dilakukan setiap bulan, sebagai langkah untuk menjaga kesejahteraan dan produktivitas PNS. Dengan adanya tunjangan ini, diharapkan kinerja para PNS dapat dioptimalkan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang mereka emban.

Besar Tunjangan Makan yang Diterima PNS Golongan III

18r
Besar Tunjangan Makan yang Diterima PNS Golongan III

Berdasarkan PMK No 49 tahun 2023, besaran tunjangan makan untuk PNS golongan III adalah sebesar Rp 37.000 per hari. Proses pembayaran tunjangan makan ini juga mempertimbangkan jumlah hari kerja efektif para PNS. Sebagai contoh, jika dalam satu bulan terdapat 22 hari kerja efektif, maka tunjangan makan sebesar Rp 37.000 akan dikalikan dengan jumlah hari kerja tersebut. Dengan demikian, dalam satu bulan, PNS golongan III dapat menerima tunjangan makan sebesar Rp 814.000.

Tunjangan makan ini diberikan secara terpisah dari gaji pokok bulanan para PNS golongan III. Namun, penting untuk ditekankan bahwa tunjangan makan tersebut hanya akan diberikan untuk hari-hari di mana PNS tersebut benar-benar menjalankan tugasnya. Jika ada situasi di mana PNS tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, seperti saat cuti, absen tanpa alasan, atau sedang menjalankan tugas di luar kantor, maka tunjangan makan tersebut tidak akan dihitung.

Baca Juga :  TOP 5 SMA Terbaik di Kalimantan Timur Versi LTMPT, Juaranya Bukan SMAN 1 Balikpapan, Justru MA Unggulan Ini!

Pasal 21 poin 1 dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49 tahun 2023 memberikan ketentuan terkait pemberian tunjangan makan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penetapan satuan biaya makan untuk PNS adalah suatu biaya standar yang digunakan untuk menutupi pengeluaran makan pegawai dalam rentang waktu tertentu, diukur berdasarkan jumlah hari kerja.

Jika terjadi perbedaan antara ketentuan satuan biaya makan PNS dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49 tahun 2023. Dengan kesepakatan terbaru antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah. Maka satuan biaya makan PNS akan mengacu pada kesepakatan yang terbaru tersebut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besaran Tunjangan Makan

3b
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besaran Tunjangan Makan

Terdapat beberapa faktor yang menjadi penentu dalam menetapkan besaran tunjangan makan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Golongan III. Pertama-tama, adalah golongan dan pangkat yang dimiliki oleh seorang PNS. Semakin tinggi golongan dan pangkat yang dimilikinya, semakin besar pula tunjangan makan yang akan diterimanya. Dalam konteks ini, golongan dan pangkat bukan sekadar mencerminkan tingkat senioritas dalam struktur birokrasi. Tetapi juga mencerminkan tingkat tanggung jawab dan kontribusi yang diemban oleh individu tersebut dalam menjalankan tugasnya.

Selain golongan dan pangkat, faktor kedua yang memiliki pengaruh adalah jenis jabatan yang diemban oleh seorang PNS. Tunjangan makan bagi PNS yang menduduki jabatan struktural umumnya cenderung lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki jabatan fungsional.

Baca Juga :  4 Jurusan Kuliah IPS yang paling Banyak Dibutuhkan di Perusahaan BUMN, Salah Satunya ada Ilmu Hukum

Hal ini mungkin disebabkan oleh perbedaan dalam kompleksitas tugas, tingkat tanggung jawab, atau pun tingkat keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan organisasi. Dengan demikian, jenis jabatan tidak hanya mencerminkan status formal dalam hierarki organisasi. Tetapi juga memperhitungkan kompleksitas dan kontribusi individu dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Faktor terakhir yang juga memiliki dampak signifikan adalah lokasi kerja seorang PNS. Tunjangan makan di daerah dengan biaya hidup yang tinggi umumnya akan lebih besar daripada di daerah dengan biaya hidup yang lebih rendah. Hal ini mengakomodasi perbedaan dalam tingkat inflasi, harga-harga kebutuhan pokok, serta standar hidup yang berbeda di setiap daerah. Dengan demikian, tunjangan makan tidak hanya disesuaikan dengan kondisi personal dan jabatan. Tetapi juga dengan konteks geografis tempat individu tersebut bekerja.

Secara keseluruhan, besaran tunjangan makan bagi PNS Golongan III dipengaruhi oleh kombinasi dari beberapa faktor. Termasuk golongan dan pangkat, jenis jabatan, dan lokasi kerja. Penetapan yang tepat dan adil atas tunjangan ini merupakan bagian penting dalam memastikan kesejahteraan dan motivasi para pegawai dalam menjalankan tugas-tugas mereka dengan penuh dedikasi dan profesionalisme.

Penutup

Dengan demikian, informasi mengenai tunjangan makan bagi PNS golongan III yang telah ditetapkan oleh Sri Mulyani dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 49 tahun 2023 telah dijelaskan.

Berita Terkait

Hampir Putus Asa!! Kemenpan-RB Bingung Untuk Regulasi Tenaga honorer Yang akan diangkat Menjadi PPPK
Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut
Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan
Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024
Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar
Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Top 3 Formasi CPNS dan PPPK untuk Lulusan SMA SMK Paling Banyak di Minati, Cek Apakah ada Formasi Pilihan Kamu ?
Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 25 Juli 2024 - 12:32 WIB

Hampir Putus Asa!! Kemenpan-RB Bingung Untuk Regulasi Tenaga honorer Yang akan diangkat Menjadi PPPK

Rabu, 24 Juli 2024 - 11:10 WIB

Honorer K2 Bakal di Pastikan Langsung diangkat PPPK Tahun Ini, Namun Harus Memenuhi Syarat Berikut

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:26 WIB

Hasil Zoom Dengan Nadiem Makarinm, TPG TW 2 2024 Akan di Carikan Akhir Juli ini, Guru Berikut akan di Prioritaskan

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:12 WIB

Contoh Surat Pernyataan Atau Pakta Integritas Lapor diri piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:03 WIB

Pensiunan Staff tata Usaha Sekolah Akan Mendapatkan Uang Tambahan Yang Nominalnya Cukup Besar

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB