Cara Mudah Latihan Menyampaikan Isi Berita Seperti Penyiar Profesional

- Penulis

Kamis, 25 Januari 2024 - 00:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

cara menyampaikan isi berita

cara menyampaikan isi berita

Cara Mudah Latihan Menyampaikan Konten Berita – Berita adalah suatu cara untuk menyampaikan segala macam informasi dengan cara berbicara atau menyampaikannya dengan menggunakan media cetak seperti surat kabar atau surat kabar. Sedangkan dengan media lisan, berita biasanya disampaikan melalui siaran televisi atau melalui video streaming seperti yang sering dilakukan saat ini melalui saluran siaran YouTube.
Menyampaikan berita merupakan salah satu aspek pembelajaran bahasa Indonesia yang merupakan rangkaian penting yang harus diketahui oleh siswa dan siswa lainnya karena menyampaikan berita harus menggunakan metode atau kaidah berbahasa yang baik. Kali ini bahasa yang digunakan oleh kaum nasionalis Indonesia.
Menyampaikan isi berita sangat penting dipelajari bagi mereka yang mempunyai jiwa jurnalis karena berita merupakan salah satu kegiatan seorang jurnalis atau presenter berita yaitu seorang penyiar.
cara%2Bmenyampaikan%2Bisi%2Bberita
Dalam menyampaikan suatu berita tentunya banyak hikmah yang harus diketahui agar apa yang disampaikan oleh pembawa berita atau penyiar dapat diterima dengan baik oleh pendengar atau pemirsa. Komunikasi tersebut harus dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan juga artikulasi atau pengucapan yang jelas sehingga mudah untuk didengarkan.
Selain hal di atas, tentunya dalam menyampaikan berita juga harus menggunakan struktur kalimat bahasa Indonesia yang baik. Untuk mempraktikkannya tentu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, beberapa metode yang akan disampaikan dalam artikel ini patut dikaji lebih mendalam agar dapat dikembangkan sesuai dengan gaya masing-masing presenter berita.
Untuk dapat dan mahir dalam menyampaikan berita, seseorang harus berlatih dengan mendengarkan berita di televisi. Perhatikan cara presenter di televisi menyajikan berita, dan pahami juga narasi yang disampaikan oleh presenter. Karena biasanya mereka sangat memperhatikan unsurnya 5W + 1 jam itu adalah :
  1. Apa (Apa)
  2. Siapa (Siapa)
  3. Di mana (Di mana)
  4. Kapan (Kapan)
  5. Mengapa (Mengapa)
  6. Bagaimana (Bagaimana)
Unsur-unsur di atas juga harus Anda pahami saat berlatih menyajikan berita. Setelah anda mendengarkan berita yang sudah anda lihat sebelumnya, anda juga harus menyiapkan catatannya.
Buku catatan yang anda bawa dapat digunakan sebagai bahan untuk menulis atau mengikuti isi pokok yang harus anda tuliskan pada catatan anda agar anda lebih memahami unsur-unsur diatas.
Pelajarilah suatu peristiwa yang disampaikan oleh presenter kemudian catatlah dalam buku catatan Anda dengan menggunakan lima unsur yang disebutkan di atas. Masalah apa yang menjadi pokok berita, siapa yang mungkin menjadi korban atau yang lainnya, dimana kejadian tersebut terjadi, kapan kejadian tersebut terjadi atau dilakukan, mengapa kejadian tersebut terjadi dan terakhir bagaimana atau apa dampak dari permasalahan yang ditimbulkan.
Setelah Anda memahami semua hal tersebut, Anda harus berlatih menyampaikan berita, baik mengikuti penyiar yang pernah Anda lihat atau jika menurut Anda akan lebih baik jika menggunakan gaya dan bahasa yang lebih baik menurut Anda. Itu dia cara menyampaikan konten berita dengan mudah apa yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga :  Pengertian Lingkungan Buatan : Manfaat, Jenis dan Contoh Lingkungan Buatan

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru