PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Ciri-ciri Teks Biografi dari Sisi Linguistik

Ciri-ciri Teks Biografi dari Sisi Linguistik

teks biografi 1

Banyak sekali tokoh-tokoh hebat yang kita kenal di Indonesia, bahkan di dunia. Tokoh-tokoh ini memiliki kisah hidup yang luar biasa dan inspiratif. Biasanya dituangkan dalam bentuk prosa biografi yang juga kita kenal sebagai teks biografi. Lalu, apa perbedaan teks biografi dengan yang lain, dari segi ciri kebahasaan misalnya?

Teks biografi adalah kisah nyata tentang kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain. Orang yang sejarahnya tertulis dalam teks biografi biasanya merupakan tokoh yang memiliki pengalaman hidup yang luar biasa.

Sosok itu bisa jadi kepala negara, pengusaha, ilmuwan, seniman, penulis atau yang lainnya.

Pada dasarnya teks biografi merupakan salah satu bentuk karya naratif, seperti yang terdapat pada cerita pendek atau novel sehingga penyajiannya mirip dengan cerita naratif. Oleh karena itu, teks biografi memiliki beberapa ciri dari segi linguistik. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kata ganti pribadi

Biografi adalah teks yang menceritakan tentang seorang tokoh sehingga tidak lepas dari kata ganti orang atau kata ganri orang. Kata ganti orang yang digunakan dalam biografi biasanya adalah kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga terdiri dari dia, dia, dia dan mereka.

Baca juga: Menceritakan Kembali Teks Biografi

2. Kalimat simpleks

Kalimat simpleks atau kalimat tunggal adalah kalimat yang memiliki satu klausa utama. Unsur yang harus ada dalam kalimat adalah subjek dan predikat. Di mana hanya ada satu di setiap kalimat.

Contoh kalimat sederhana: Saat itu ia juga seorang jurnalis di Kantor Berita Nasional Antara

3. Kalimat kompleks

Kalimat majemuk atau kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari dua klausa atau lebih. Kalimat majemuk terdiri dari kalimat majemuk koordinatif atau kalimat majemuk yang sepadan dan kalimat majemuk subordinatif atau kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat kompleks koordinasi adalah kalimat yang semua klausanya memiliki kedudukan yang sama.

4. Preposisi

Preposition atau preposisi adalah kata yang menghubungkan kata yang ada di depan preposition dengan kata yang ada di belakang preposition.

Ikuti dan sukai kami:


www.kelaspintar.id

Comment
Share:

Ad