PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Pengertian, Pengaruh dan Rumus Viskositas Fisika

Pengertian, Pengaruh dan Rumus Viskositas Fisika

Formula Viskositas – Sebelumnya dibahas secara detail mengenai Rumus Periode Getaran dan Frekuensi dalam Materi Fisika SMA, maka sudah saatnya saya selaku Penulis Website Rumus Rumus untuk membahas lebih detail dan lengkap apa itu Viskositas dan Rumus Viskositas pada Materi Fisika SMA. Hal ini dikarenakan saya pribadi sangat yakin bahwa masih banyak pembaca dan siswa SMA yang belum begitu paham dengan Materi Fisika Viskositas, untuk itu diharapkan Materi Viskositas ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Formula Viskositas Lengkap

Kemudian dalam definisi Viskositas sendiri adalah ukuran kekentalan fluida yang dapat menyatakan besarnya gesekan yang kecil pada fluida, oleh karena itu jika viskositas lebih besar pada fluida maka fluida akan semakin sulit untuk mengalir, dan juga akan menjadi semakin sulit bagi suatu objek untuk bergerak di dalamnya. cairan. Perlu Anda ketahui juga sebagai pembaca dan pelajar SMA, bahwa kekentalan pada zat cair dihasilkan oleh gaya kohesif antara molekul zat cair itu sendiri, namun kekentalan pada gas akan timbul akibat tumbukan antar molekul gas.

Sebagai contoh Masalah Kekentalan Dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari yang bisa anda lihat dan praktekkan sendiri di rumah yaitu Air dan Minyak karena jika anda mencoba menuangkan segelas air dan segelas minyak tentunya air akan cepat habis. Hal ini dikarenakan air mengalir lebih cepat karena memiliki viskositas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak sehingga antar molekul air sangat kecil bergesekan dengan kaca sehingga yang terjadi tentunya laju alir (aliran) air akan lebih cepat dibandingkan dengan minyak. jadi bisa disimpulkan disini bahwa kekentalan ini sangat berpengaruh sekali pada kadar Air dan Minyak.

Kemudian karena Viskositas dalam satuan η digunakan sebagai variabel dependen, Viskositas merupakan fungsi dari besaran turunan kecepatan (dalam satuan V) dan tekanan (dalam satuan P) dan besaran pokok panjang berupa diameter ( dalam satuan D) sebagai variabel bebas.

Selain itu, agar hubungan antara Fungsi dan Variabel jelas, harus ada Konstanta (dalam satuan k) agar Rumus Viskositas yang benar adalah sebagai berikut:

η = kxpx D / V

Dikenal :

η = Viskositas

k = Konstan

P = Tekanan

D = Dia

V = Kecepatan

Formula Fluida Viskositas Fisika

Kemudian setelah anda memahami cara mencari kekentalan fisis, maka dibawah ini anda perlu mengetahui dan memahami cara mencari kekentalan fluida karena sekali lagi kekentalan tidak akan lepas dari fluida. Dan Formula Viskositas Fluida adalah sebagai berikut:

F = ηAxv/L

Dikenal :

F = Gaya yang bekerja dalam satuan N

A = Luas piringan yang bersentuhan dengan fluida dalam m²

v = Kecepatan Fluida

L = Jarak antar Chip

η = Koefisien Viskositas Kg.

Besarnya gaya F yang diperlukan untuk dapat menggerakkan lapisan fluida ini ditentukan oleh kecepatan konstan v untuk luas pelat yang telah bersentuhan dengan fluida A dan berjarak L dari pelat diam.

Selain itu nilai koefisien viskositas dapat berubah sesuai dengan perubahan temperatur dan jika temperatur atau temperatur naik maka viskositas zat cair akan menurun, kemudian pada gas akan meningkat. Namun hal ini akan terbalik jika suhu turun maka viskositas fluida akan meningkat, dan untuk fluida yang berbentuk gas akan menurun.

Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya selaku Author di Halaman Website Formula Formula ini dan semoga apa yang telah dibahas lebih detail mengenai Rumus Fisika Viskositas dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca yang membutuhkan karena tidak dipungkiri bahwa Materi Fisika Viskositas ini cukup sering muncul di Soal-soal Ujian Fisika, baik itu Soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) maupun Soal Ujian Nasional (UN) sehingga sangat bijak untuk siswa sekolah untuk dapat memahami dan memahami cara menghitung viskositas ini.

rumusrumus.com

Comment
Share:

Ad