Artikel ini akan membahas cara membuat peta kehidupan mahasiswa baru untuk 5 sampai 10 tahun ke depan. Life mapping ini disebut juga dengan life plan agar mahasiswa memiliki pandangan dan target selama kuliah.

Definisi

peta hidup adalah segala sesuatu yang Anda harapkan dan rencanakan dalam hidup yang juga dapat diartikan sebagai perjalanan hidup penting yang mengantarkan misi utama Anda (tujuan Anda).

Pada umumnya, peta kehidupan ini adalah misi atau langkah strategis yang nantinya dapat membawa Anda ke tujuan utama dan di waktu yang tepat.

Pemetaan Kehidupan Siswa Baru

Pemetaan kehidupan ini sebenarnya gratis untuk jangka waktu tertentu. Biasanya kalau tugasnya memperkenalkan kampus untuk mahasiswa baru, disuruh bikin 5 tahun atau 10 tahun ke depan. Artinya, jika 5 tahun, berarti selama kuliah, 10 tahun bisa lebih dari itu.

Contoh yang saya berikan di sini tidak sepenuhnya benar, tetapi ini berdasarkan apa yang telah saya lakukan dan mungkin ada orang lain yang sama, ya. Hal utama adalah MEMBAYANGKAN.

Kami membuatnya hanya untuk 10 tahun, dan katakan saja kami mulai kuliah pada tahun 2020.

2020

Pertama buat konten apa saja, misalnya:

  1. Belajar di Departemen Teknologi. Industri
  2. Belajar dengan benar
  3. IPK awal yang bagus 4.0

Paragraf (buatlah paragraf yang memuat 3 hal di atas).

Di tahun 2020 ini, saya adalah mahasiswa baru di PTN X yang menurut banyak orang merupakan PTN terbaik di Indonesia. Saya mengambil jurusan Teknik Industri (misalnya) yang masuk fakultas teknik. Pandangan awal dan imajiner saya tentang Teknik Industri adalah tentang perusahaan, bisnis, dan manajemen. Itulah cita-cita saya, saya ingin membuka lapangan pekerjaan nanti di sektor Industri Kreatif untuk warga lokal di daerah saya.

Tahun ini, langkah pertama saya telah terwujud, yaitu bisa masuk jurusan ini. Setelah itu, saya akan tahu lebih banyak tentang apa jurusan saya dan orang-orang di dalamnya (teman, senior, dan lainnya) jadi yang pertama adalah belajar & mendapatkan IPK yang baik.

tahun 2021

Misi:

  1. Studi & IPK
  2. Organisasi Aktif

Di tahun kedua ini, saya akan masuk semester 2. Tujuan utama saya adalah belajar dan apa yang bisa saya berikan kepada orang tua saya nanti sebagai bukti utama ya IPK ya, oleh karena itu Studi dan IPK menjadi poin penting untuk membahagiakan orang tua saya yang telah membiayai kuliah saya.

Kedua, yang namanya perguruan tinggi juga tidak seperti SMA, dimana semuanya masih diurus oleh pihak sekolah. Di sini saya harus mengembangkan diri dan menentukan cara untuk melatih diri sendiri membuat sebuah keputusan . Soft skill adalah apa yang harus saya dapatkan, salah satu caranya melalui organisasi tingkat jurusan, fakultas dan universitas.

Di semester 3, rencana saya adalah bergabung dengan 2-3 organisasi yang saya minati. Mengapa demikian? kenapa tidak satu organisasi saja? karena saya ingin mengetahui tipe masing-masing organisasi dalam memimpin dan menjalankan roda organisasi. Di sini akan sangat berguna bagi saya terutama jurusan Industri yang harus bisa mengatur orang lain nanti. Tapi sebagai member ya, hehe.

2022

Misi:

  1. IPK
  2. Melayani dalam satu organisasi
  3. Magang/PKL
  4. Dapatkan Beasiswa

Silahkan deskripsikan sendiri, hehe semangat.

Oh ya, kalau mau apply beasiswa, pastikan CV kamu perbaiki ya? Perhatikan 7 hal yang harus Anda miliki di CV Anda untuk lulus beasiswa

Tahun 2023

Misi:

  1. Aktif berorganisasi (semester 5)
  2. Berpartisipasi dalam kompetisi dan konferensi
  3. magang

Di sini Anda sudah mulai memasukkan siswa lama, jadi mulailah membuat keputusan yang lebih besar di masa depan. Setelah lulus, apakah Anda ingin melanjutkan kuliah atau bekerja?

Pilihannya kira-kira seperti ini (belum tentu benar di mata orang lain, ya). Jika Anda ingin melanjutkan gelar master Anda, kompetisi dan konferensi akan direproduksi ketika Anda masih kuliah. Namun jika ingin bekerja setelah lulus, perbanyak magang.

Tahun 2024 – 2026

  1. Kompetisi (target di mana saja)
  2. Submit Jurnal (jika ingin melanjutkan S2)
  3. Lulus Tesis
  4. Buat komunitas (sangat berguna jika Anda ingin gelar master dengan beasiswa)
  5. Kuliah S2 langsung/kerja dulu baru S2/kerja saja (pilih salah satu)

Hal yang tidak kalah penting adalah sebelum lulus kamu harus mempersiapkan beberapa hal, seperti memiliki beberapa sertifikat, seperti sertifikat kejuaraan, sertifikat TOEFL (kalau belum punya, bisa dapat tes TOEFL juga. TOEFL ITP, IBT, atau IELTS), sertifikat pelatihan seperti sertifikasi ISO 9001:2015. , atau sertifikasi di bidang ekonomi dan rantai pasok, dan lain-lain yang intinya menunjang diri sendiri setelah lulus.

Tahun 2026 – 2030

  1. Nikah
  2. Jadikan Haji Ibu
  3. Jalan-jalan
  4. Perencanaan Lainnya (isikan sendiri….)

Nah, setelah semuanya selesai, Anda bisa menyusunnya dalam bentuk mind map agar mudah dipahami. Misalnya, semudah gambar ini.

Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan kepada Anda para pembaca. Semoga bermanfaat dan bisa diimplementasikan sesuai rencana Anda semua.

Baca artikel terkait “Mempelajari” pengikut

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *