PusatDapodik
Home Kuliah Pertanyaan Maba untuk Senior (Kating)

Pertanyaan Maba untuk Senior (Kating)

pertanyaan maba untuk senior

Sebagai mahasiswa baru atau mahasiswa baru, tentunya banyak hal yang ingin diketahui dan juga ingin dipahami. Salah satu caranya adalah dengan bertanya kepada senior atau kating. Apa saja pertanyaan mahasiswa baru untuk senior yang biasanya muncul di kalangan mahasiswa baru, mari kita ulas satu per satu di artikel ini.

Pertanyaan Maba untuk Senior

 

1. Bagaimana rasanya kuliah di jurusan ini?

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan oleh mahasiswa baru adalah tentang kenyamanan dan juga masalah membuat percaya diri penuh dalam memilih jurusan. Terkadang banyak mahasiswa baru yang merasa takut salah jurusan, sehingga sering menanyakan hal ini.

Hal-hal yang biasanya dipelajari adalah bagaimana kondisi perkuliahan, bagaimana alumni di sini dan bagaimana kuliah di jurusan itu?

2. Bagaimana dosen dan nilainya?

Pertanyaan kedua, bagaimana sifat dan karakter dosen di jurusan yang dipilih? Biasanya mahasiswa baru sangat takut dengan nilai yang sulit atau dosen yang pelit dengan nilai. Sebenarnya semua dosen pasti punya nilai mudah, tapi karena mahasiswa senior malas atau banyak kegiatan, mereka tidak fokus kuliah dan bilang “nilainya susah”.

Pastikan untuk banyak bertanya kepada senior, sehingga tidak ada bias dalam jawabannya.

3. Organisasi dan UKM apa yang Anda ikuti?

Pertanyaan ketiga untuk mahasiswa baru senior selanjutnya adalah terkait dengan organisasi dan UKM yang mereka ikuti. Dengan menanyakan hal ini, kita sebagai mahasiswa baru benar-benar dapat memetakan organisasi apa yang diikuti oleh sebagian besar mahasiswa jurusan. Kalau mau cari teman bisa banget minta testimoninya dari senior agar ormas dan UKM tidak salah.

Pastikan untuk bertanya apa kegiatannya. Kalau ditanya bagus atau tidak, pasti semuanya berpihak pada organisasinya masing-masing.

4. Beasiswa

Apakah ada banyak beasiswa di jurusan, fakultas atau kampus? Beasiswa apa yang diterima siswa senior di departemen ini?

Dengan mendalami hal ini, kita bisa mempersiapkan sejak dini seperti apa seleksinya, apa saja yang perlu disiapkan dan sebagainya.

Artikel yang relevan dengan beasiswa: Contoh Surat Motivasi Beasiswa

5. Tempat Makan Termurah

Pertanyaan terakhir, dimana tempat makan yang enak, banyak dan murah. Hehe. Semua orang sudah tahu ya, kebanyakan siswa hanya mengandalkan satu sumber penghasilan, yaitu orang tua.

Jadi, uang yang diberikan harus digunakan untuk banyak hal, mulai dari makan, biaya organisasi, jajan dan uang untuk membeli buku.

Nah, itu saja yang bisa saya jelaskan secara singkat berdasarkan pengalaman, ya. Hehe. Semoga bermanfaat.

Comment
Share:

Ad