Contoh Teks Cerita Fantasi Berbagai Tema beserta Strukturnya

- Penulis

Rabu, 1 Maret 2023 - 10:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Contoh Teks Cerita Fantasi Dengan Berbagai Tema dan Susunannya

Sobat, kamu pasti pernah membaca atau menonton kartun kan? Cerita dalam film dan buku bacaan dengan ilustrasi termasuk dalam cerita fantasi, karena merupakan cerita yang dikarang oleh imajinasi pengarangnya. Oleh karena itu, mari kenali lebih jauh tentang teks fantasi melalui contoh-contohnya.

Namun, sebelum Sobat dapat memahami contoh teks cerita fantasi. Ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu teks cerita fantasi.

Apa yang dimaksud dengan teks cerita fantasi?

Teks cerita fantasi merupakan salah satu karya tulis yang berisi cerita yang dapat melatih kreativitas dan imajinasi. Tidak ada batasan jumlah kata minimum dan maksimum untuk cerita fantasi.

Teks cerita fantasi juga fiktif, artinya semua cerita dalam cerita fantasi hanyalah rekaan pengarangnya. Teks cerita fantasi disusun menurut strukturnya yang terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi.

Dalam teks cerita fantasi hanya terdapat dua jenis teks yang disesuaikan dengan kondisi dunia khayal pengarang, yaitu teks fantasi total yang memuat susunan keseluruhan cerita, dan fantasi parsial (irisan) yang memuat komposisi dengan menggunakan nama-nama tempat dan peristiwa dalam cerita. dunia nyata. Ciri-ciri teks cerita fantasi adalah sebagai berikut.

  1. Ada keajaiban, misteri, dan keanehan yang melampaui batas logika dan kenyataan.
  2. Miliki ide cerita yang terbuka, karena teks fantasi tidak memiliki batasan realitas.
  3. Menggunakan berbagai latar belakang (lintas ruang dan waktu).
  4. Karakternya unik, seolah-olah memiliki kekuatan supernatural atau kekuatan magis.
  5. Khayali.
  6. Menggunakan bahasa yang beragam/bervariasi, ekspresif, dan menggunakan percakapan yang bukan bahasa formal.

Contoh teks cerita fantasi pendek bertema cerita rakyat

Teks cerita pendek fantasi ini menceritakan tentang cerita rakyat Danau Toba. Cerita ini termasuk dalam jenis teks cerita fantasi irisan, karena masih menggunakan nama-nama tempat yang ada di dunia nyata yaitu Danau Toba dan Pulau Samosir. Berikut ini adalah teks cerita dan strukturnya

Danau Toba

Orientasi

Toba, seorang laki-laki yang hidup dari mencari ikan. Suatu hari, dia menangkap ikan yang sangat besar. Namun, tiba-tiba ikan itu berbicara, “Jangan bunuh aku. Aku akan memenuhi semua kebutuhanmu.”

Toba pun mengurungkan niat untuk memasak ikan. Dia memasukkan kembali ikan itu ke dalam tempayan. Karena lapar, Toba pun tertidur.

Dia terkejut ketika dia bangun. Di depannya, ada makanan enak dan seorang wanita cantik. Wanita itu adalah jelmaan ikan yang diselamatkan oleh Toba.

Tanpa pikir panjang, dia meminta wanita itu untuk menjadi istrinya. Namun, wanita itu hanya setuju untuk menikah dengan syarat Toba tidak boleh memberi tahu siapa pun bahwa dia adalah titisan ikan. Toba setuju, dan mereka menikah, dan memiliki seorang putra.

Komplikasi

Suatu hari, anaknya diberi tugas mengantarkan makanan ke Toba di ladang. Anak itu melakukannya dengan setengah hati. Namun, sayangnya lauk sang ayah jatuh saat sedang bermain.

Pak Toba sangat marah. Dalam kemarahannya, dia berteriak, “Kamu ikan kecil!” katanya kepada anaknya sendiri. Anak itu terkejut ketika mendengar kutukan itu.

Kemudian, sang ibu tiba-tiba muncul di hadapan mereka, berkata, “Tuan, Anda telah melanggar janji Anda. Mulai sekarang, aku bebas dari perjanjian kita.”

“Bencana akan menimpamu, Toba. Sementara aku dan anak kita akan selamat.”

Resolusi

Seketika itu juga terjadi hujan lebat. Wanita itu berubah kembali menjadi ikan. Sang Putra mendapat pijakan, sedangkan Pak Toba tenggelam.

Air hujan badai tersebut kemudian membentuk sebuah danau besar yaitu Danau Toba, dan pijakan sang anak menjadi sebuah pulau di tengah danau tersebut, yang kini dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Baca Juga :  Motif Ekonomi: Intrinsik dan Ekstrinsik

Contoh teks cerita fantasi pendek bertema dunia magis

Teks fantasi singkat ini akan menceritakan tentang dunia magis yang ada di dalam lemari. Cerita ini termasuk dalam jenis teks cerita fantasi total, karena keseluruhan cerita berasal dari imajinasi atau khayalan pengarang. Berikut ini adalah teks cerita pendek fantasi beserta strukturnya.

Lemari Ajaib

(oleh Yacinta Artha Prasanti)

Orientasi

Nayla baru saja memiliki kamar baru miliknya. Kamarnya berwarna biru, karena dia sangat menyukai warna biru. Ayahnya juga membeli lemari berukuran sedang untuk diletakkan di kamarnya.

Komplikasi

Di malam hari, saat Nayla sedang tidur, tiba-tiba ia mendengar suara keras dari dalam lemari pakaiannya.

“Brak bang bang bang bang!”

“Apa yang ada di sana?” Nayla mengucek matanya.

Karena penasaran, Nayla kemudian membuka lemari tersebut. Anehnya, lemari tersebut memiliki tangga di ujungnya.

“Kenapa begitu aneh ?!” Nayla menaiki tangga.

Sesampainya di ujung tangga, ada sebuah pintu di depan Nayla. Dia kemudian membuka pintu, dan ketika dibuka, Nayla mendapati dirinya tiba di sebuah taman.

Sangat cantik! Banyak sekali bunga-bunga indah dan berbagai binatang menggemaskan, seperti rusa, kelinci, dan jerapah di sana. Namun, Nayla bingung.

Hai Nayla! kata seorang gadis berbaju putih yang seumuran dengan Nayla, dan tiba-tiba meraih tangannya.

“Eh!” Tiba-tiba Nayla terkejut.

Rupanya, dia dibawa ke ruang makan yang terdapat meja dan dua kursi. Meja dipenuhi dengan makanan dan minuman yang lezat.

Resolusi

Nayla dan sang anak makan bersama. Setelah makan, keduanya duduk di atas perahu dan menjelajahi danau yang indah.

“Sebenarnya, di mana aku?” tanya Nayla.

“Kamu ada di lemari! Saya adalah penjaga tempat ini. Tempat khusus untuk anak-anak baik sepertimu,” jelas bocah itu panjang lebar.

“Ohh, begitu. Oh, ya aku tidak tahu namamu. Siapa namamu?”

“Namaku Alma” jawabnya.

“Sudah waktunya kamu pulang, Nay,” kata Alma.

“Oke, selamat tinggal!!” kami berpisah.

Alma mengantarku ke ujung pintu tempat lemari pakaianku berada. Di kamar saya, saya langsung tertidur, dan berjanji tidak akan memberi tahu siapa pun tentang pengalaman ini.

Contoh teks cerita fantasi panjang dengan tema pohon kacang ajaib

Dalam teks cerita fantasi panjang ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu dan miskin, yang mendapatkan kekayaan dari pohon kacang ajaib. Cerita ini termasuk dalam jenis teks cerita fantasi total, karena keseluruhan cerita berasal dari imajinasi atau khayalan pengarang. Berikut ini adalah teks cerita pendek fantasi beserta strukturnya.

Jack dan Pohon Kacang

Orientasi

Di sebuah desa, hiduplah seorang anak laki-laki bernama Jack yang tinggal bersama ibunya. Hidup mereka sangat miskin, dan mereka hanya memiliki satu ekor sapi. Sang ibu kemudian menyuruh anaknya untuk menjual sapi tersebut ke pasar.

“Jack bawa sapi kita ke pasar. Jual sapi ini nak, supaya kebutuhan kita terpenuhi,” perintah sang ibu.

“Ya, baiklah, Bu,” jawab Jack.

Komplikasi

Keesokan harinya, Jack membawa sapinya ke pasar dan bertemu dengan seorang lelaki tua.

“Nak, apakah kamu akan menjual sapimu?” tanya Kakek.

“Oh, ya, Kakek,” jawab Jack.

“Maukah kamu menukarnya dengan sebutir kacang ini?”

Baca Juga :  Pengertian Teori Relativitas dan Rumus

Merasa terhina, Jack dengan marah berkata, ”Hah? Bagaimana sapi bisa ditukar dengan kacang!”

“Jangan menghina, kacang yang satu ini bisa membuatmu kaya raya,” pungkas Kakek.

Tergiur dengan kata kaya, Jack justru menukar sapinya dengan sebutir kacang milik kakeknya.

“Baiklah, Kakek,” Jack setuju.

Sesampainya di rumah, Jack memberi tahu ibunya tentang kejadian tersebut dan mulai menanam kacang. Keesokan harinya, kacang yang dia tanam tumbuh ke langit.

Jack tertegun melihatnya, dan penasaran. Dia pun memanjat pohon kacang itu ke atas, dan menemukan sebuah rumah di sana. Jack kemudian memasukinya.

“Hei, apakah ada orang di sana?” teriak Jack sambil memanggil pemilik rumah.

“Ya, siapa kamu nak?”, jawab raksasa wanita yang muncul dari dalam rumah.

“Aku lapar, Bu. Bolehkah aku meminta makanan?” kata Jack dengan wajah memelas.

“Ya, tentu saja”, jawab wanita itu, mengizinkan.

Namun, tiba-tiba terdengar langkah kaki yang ternyata adalah suami wanita raksasa itu. Dia adalah raksasa pemakan manusia. Dengan gesit, Jack langsung bersembunyi di dalam kompor.

“Ha, ha, ha, ha, aku pulang, aku lapar!” teriak raksasa laki-laki.

Setelah raksasa itu selesai makan, lalu dia mengeluarkan pundi-pundi dari sebuah tas berisi emas, dan dia tertidur. Jack dengan sangat cepat keluar dari tungku persembunyiannya, dan mengambil emas itu dan bergegas pulang.

“Mulai sekarang kita menjadi orang kaya, Bu,” kata Jack kepada ibunya.

Setiap hari Jack hanya bersantai di rumah. Tidak butuh waktu lama untuk emas habis.

Jack naik kembali ke pohon kacang dan bersembunyi di kompor. Setelah raksasa itu datang, raksasa itu mengeluarkan seekor ayam sambil berkata, “Ayo Ayam, keluarkan telur emasmu!”

Ternyata, ayam itu juga bertelur emas. Seperti biasa, raksasa itu kemudian kelelahan dan tertidur.

Sesegera mungkin Jack mengambil ayam yang bertelur emas itu dan pulang. Namun karena kelelahan, ayam tersebut mati.

Jangan pernah menyerah sebelum mendapatkan hasil. Kemudian Jack memanjat pohon kacang lagi, dan kali ini Raksasa membawa harpa yang bisa memainkan melodi Indah. Raksasa itu tertidur.

Dengan hati-hati, Jack mengambil harpa itu. Namun, anehnya instrumen itu bisa menjerit!

“Tuanku, ada pencuri!”, teriak sang kecapi.

Raksasa itu segera bangun dan mengejar Jack hingga jatuh ke pohon kacang. Jack mencapai bagian bawah pohon terlebih dahulu dan berteriak agar ibunya mengambilkan kapak untuknya.

“Mama…. Tolong, ambilkan saya kapak!”, teriak Jack

Setelah diberi kapak oleh ibunya, tanpa berlama-lama Jack lalu menebang pohon kacang tersebut. Akhirnya Raksasa yang masih berada di tengah pohon itu tumbang ke tanah dan mati.

Resolusi

Melalui kejadian ini, ibunya memberikan nasihat kepada Jack.

“Jack, jangan lakukan hal menakutkan ini lagi. Semiskin apapun kita, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, Nak. Dengan bersyukur kepada Tuhan, pasti hidup kita akan lebih baik,” saran sang ibu.

“Maaf Bu. Mulai sekarang saya akan bekerja dengan giat dan selalu bersyukur kepada Tuhan,” kata Jack.

Sejak saat itu, Jack bekerja dengan rajin setiap hari diiringi harpa yang memainkan melodi indah yang membangkitkan semangat.

Sobat, itulah beberapa contoh teks cerita fantasi dan strukturnya yang bisa membantumu lebih memahami jenis teks ini. Untuk memperdalam pemahaman Anda tentang teks cerita fantasi, Anda bisa langsung bergabung dengan Quipper Video untuk mempelajarinya melalui video pembelajaran yang disediakan. Yuk, gabung sekarang

www.quipper.com

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB