Daftar Unsur Kimia Lengkap Dengan Tabel Periodiknya

- Penulis

Rabu, 24 Mei 2023 - 12:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pengertian unsur kimia atau biasa disebut unsur saja adalah zat kimia yang tidak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil. Dengan kata lain, itu tidak dapat diubah menjadi zat kimia lain menggunakan metode kimia biasa. Unsur adalah zat yang hanya mengandung satu jenis atom.

Seperti diketahui, bahwa partikel terkecil dari suatu unsur kimia adalah atom. Dapat dikatakan bahwa unsur adalah atom itu sendiri. Di dalam sebuah atom terdiri dari inti atom atau yang dikenal dengan inti atom yang dikelilingi oleh elektron inti. Atom sendiri terdiri dari sejumlah proton dan neutron. Sampai saat ini diketahui ada kurang lebih 118 unsur di dunia.

Daftar Lengkap Unsur Kimia Dengan Tabel Periodik

Perbedaan Satu Unsur Kimia Dengan Yang Lain

Ada hal yang membedakan satu unsur dengan unsur lainnya, yaitu jumlah elektron dan juga jumlah proton suatu unsur atau ikatan dalam inti atom. Misalnya, semua atom karbon memiliki hingga 6 proton. Sedangkan atom oksigen memiliki 8 proton. Jumlah proton dalam atom dikenal sebagai nomor atom, yang memiliki simbol Z.

Namun, di dalam atom-atom yang ada pada unsur yang sama dapat memiliki jumlah neutron yang berbeda. Ini sering dikenal sebagai isotop. Massa atom suatu unsur memiliki simbol A. Ini adalah massa atom rata-rata unsur yang ada di alam. Karena massa elektron sangat kecil dan massa neutron hampir sama dengan massa proton. Oleh karena itu, massa atom sering dinyatakan dengan jumlah proton dan neutron dalam inti atom dalam isotop yang memiliki kelimpahan paling banyak di alam. Massa atom diukur dalam satuan massa atom. Beberapa isotop bersifat radioaktif dan mengalami dekomposisi dalam radiasi partikel beta atau alfa.

Baca Juga :  Pengertian Pembelajaran Jarak Jauh, Tujuan, Prinsip, Kelebihan dan Kelemahan

Rumus kimia unsur

Unsur-unsur yang partikelnya terdiri dari 1 atom atau monoatomik memiliki rumus kimia yang sama dengan lambang unsur. Contohnya antara lain emas dengan lambang (Au), tembaga (Cu), dan aluminium (Al). Unsur yang telah membentuk molekul unsur dengan bergabung antara dua atom yang sama atau sifat diatomik. Contohnya adalah yodium (I2), hidrogen (H2), dan oksigen (O2).

Elemen baru untuk masuk ke tabel periodik

Ada dua unsur baru yang masuk ke tabel periodik namun keduanya belum diberi nama resmi. Kedua unsur ini merupakan bahan radioaktif dan hanya ada 1 detik sebelum berubah menjadi atom dengan massa yang lebih ringan. Detail dari dua elemen baru tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Pure and Applied Chemistry.

Baca Juga :  Mengganti Baterai Mobil: Kapan, Mengapa, dan Bagaimana Melakukannya

Dua unsur baru telah ditambahkan ke tabel periodik. Setelah dilakukan review selama kurang lebih 3 tahun oleh tim kerja gabungan dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dan International Union of Pure and Applied Physics (IUPAP).

Dan dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah laboratorium telah mengumumkan bahwa mereka telah menemukan unsur kimia baru pada posisi 113, 114, 115, 116, dan 118 pada tabel periodik.

Tim kerja telah menyimpulkan bahwa unsur 114 dan 116 memenuhi kriteria untuk dimasukkan ke dalam tabel periodik. Keduanya diberi nama sementara nunquadium dan ununhexium.

Selama ini unsur-unsur lain dianggap belum memenuhi kriteria untuk ditempatkan dalam tabel periodik unsur-unsur kimia yang dikenal manusia. Kedudukan unsur-unsur dalam tabel telah disusun berdasarkan sifat-sifat struktur atom masing-masing unsur.

rumusrumus.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 4 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB

Teknologi

Ulasan Lengkap: Pengalaman Menggunakan Situs Resmi Octa

Selasa, 23 Jul 2024 - 20:29 WIB