PusatDapodik
Home Berita Dikpora Kulon Progo Usulkan Penganggaran Honor Pendidik Paud Sebesar Rp. 500 Ribu Per Bulan

Dikpora Kulon Progo Usulkan Penganggaran Honor Pendidik Paud Sebesar Rp. 500 Ribu Per Bulan

Dikpora Kulon Progo Usulkan Penganggaran Honor Pendidik Paud Sebesar Rp

Kulon Progo, Cakrawala.co– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kulon Progo, mengusulkan alokasi anggaran honor tenaga pendidik anak usia dini tahun anggaran 2024.

“Ini hanya saran. Semoga Pemda Kulon Progo setuju, agar kesejahteraan pendidik PAUD meningkat. Besarannya Rp500.000 per bulan, untuk setiap pendidik PAUD,” ujar Kepala Dikpora Kulon Progo, Arif Prastowo, Senin (15/5/2025).

Aris Prastowo merinci, hingga saat ini jumlah pendidik PAUD di Kabupaten Kulon Progo sebanyak 1.343 orang yang tersebar di 803 lembaga PAUD.

Ia menambahkan, sebagian besar PAUD di Kulon Progo merupakan lembaga yang dikelola oleh Pemerintah Desa dan sebagian kecil lembaga pendidikan swasta.

“Kondisi saat ini, sebagian besar lembaga tersebut masih terkendala dengan belum adanya gedung dan fasilitas pendidikan serta minimnya gaji tenaga pendidik,” tambahnya.

Oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan agar lembaga PAUD ini dapat berkembang sehingga dapat memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi anak didiknya.

Menanggapi usulan dari Dikpora Kabupaten Kulon Progo, Fraksi PAN DPRD Kulon Progo menyatakan setuju dan harus segera direalisasikan.

“Kami setuju. Pendidik di Playgroup/PAUD, agar bisa dianggarkan dalam APBD mulai tahun 2024,” ujar Anggota Fraksi PAN DPRD Kulon Progo, Muhtarom Asrori.

Karena selama ini para guru Kelompok Barmain (KB) atau PAUD gajinya sangat kecil. Dan hanya bersumber dari APBKal (APBDesa, red).

“Itupun masih ada kepala desa yang belum menganggarkan honor tenaga pendidik KB/PAUD, dengan alasan APBKalnya kecil,” ujar Muhtarom Asrori.

Maka, menurutnya, kepedulian Kepala Dikpora Kulon Progo ini harus ditanggapi dengan baik, agar honor tenaga pendidik KB/PAUD bisa dianggarkan dalam APBD.

“Saya melihat, Sekda segera memerintahkan Kepala Bappeda untuk membuka ruang agar usulan ini bisa masuk dalam APBD 2024. Kami Fraksi PAN akan mengawasi, memantau dan memperjuangkannya semaksimal mungkin agar bisa terealisasi,” ujarnya.

Data yang didapat dari sejumlah pendidik PAUD, honornya dari APBKal ternyata rata-rata hanya Rp. 300.000 per bulan, dan biasanya diterima setiap tiga bulan sekali.

“Semakin baik, sebelumnya hanya Rp 100.000 per bulan. Kalau Pemda Kulon Progo memberikan honor Rp 500.000, alhamdulillah lebih baik dilonggarkan sedikit,” ujar pendidik PAUD ini.

www.cakrawala.co

Comment
Share:

Ad