PusatDapodik
Home Berita Pendidikan Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Doa Iftitah dan Artinya Dalam Bahasa Latin Arab Lengkap

Ayovaksindinkeskdi.id– Sangat mudah bagi ummat Islam untuk mempelajari ilmu dari berbagai sumber media internet, misalnya searching Sholat Iftih.

Tanpa harus mengeluarkan banyak biaya ketika ingin mengetahui tentang ilmu agama atau apapun. Saat ini sudah bisa langsung dicari melalui Google dan sudah lengkap.

Apalagi kini beredar video ceramah dari berbagai kalangan ustd memberikan ajaran spiritual.

Ini dapat ditemukan kapan saja, cukup buka aplikasi YouTube, cari nama pembicara dan dengarkan.

Namun demikian sedikit saran jika Anda ingin belajar pendidikan agama

Carilah guru yang bisa diajak berkomunikasi agar bisa membimbing siswa dalam setiap langkah.

Arti Doa Iftitah Lengkap

Arti-Doa Iftitah

Do’a Iftitah adalah sholat sunnah yang dibaca oleh umat islam yang sedang sholat setelah takbirotul ihrom.

Adanya Sholat Iftih bukanlah rukun dalam shalat, tetapi umat Islam sangat dianjurkan untuk membacanya.

Padahal, Sholat Iftitah ini merupakan anjuran dari Rasulullah SAW yang sudah menjadi kebiasaan beliau untuk dibaca pada saat sholat.

Seperti kisah seorang sahabat bertanya kepada Nabi tentang shalat Iftitah ini. Yang diabadikan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh Ra.

Bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Utusan Tuhan, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, biasa mengucapkan takbir saat sholat; Haniyeh terdiam sebelum membaca. Aku berkata: Wahai Rasulullah! Semoga ayah dan ibuku menjadi tebusanmu; Apakah Anda melihat diam Anda antara takbir dan pengajian? Apa katanya? Dia berkata: “Saya katakan: …” dan dia menyebutkannya

Itu berarti: “Biasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, setelah mengucapkan takbir di waktu shalat, beliau akan diam sejenak sebelum membaca ayat tersebut. ayah bunda, aku melihatmu diam diantara takbir dan hafalan ayat, yang kau baca saat itu adalah :… (dia menyebut sholat iftitah).

Namun demikian, pendapat Sayyid Mahadhir dalam kitab ragam shalat Iftitah menjelaskan bahwa shalat Iftitah adalah hukum sunnah.

Sholat Iftih.

Terkait bacaan sholat iftitah yang ke 4 madzhabnya sudah populer. Seperti Imam Hanafi, Imam Syafi’i dan juga Imam Hambali mendukung bahwa membaca shalat itu sunnah.

Namun berbeda dengan Imam Malik yang berpendapat bahwa membaca sholat iftitah bukanlah sunnah.

Selain itu, keempat mazhab tersebut memiliki pendapat masing-masing mengenai hukum bacaan sholat iftitah. Namun, keempat mu’allim tersebut juga memiliki perbedaan dalam pengucapan bacaannya.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut dari hal di atas yang perlu dipahami. Agar umat Islam tidak saling menyalahkan.

Bacaan Doa Iftitah Imam Hanafi

Baca Iftitah Dua yang digunakan oleh Imam Hanafi diriwayatkan oleh Aisyah Ra

Kemuliaan bagi Tuhan, dan segala puji bagimu, dan terpujilah namamu, dan agunglah kakekmu, dan tidak ada Tuhan selain kamu.

tekx latin : Subhanaka Allaahumma adalah yang terbesar, paling kuat, paling kuat, paling pemaaf.

Itu berarti: Betapa sucinya Engkau, ya Tuhan, aku memuji-Mu, Betapa diberkatinya Nama-Mu. Kekayaan dan keagungan-Mu tinggi, tidak ada tuhan yang layak disembah dengan baik selain Engkau. (HR. Tirmidzi, No. 243)

Pembacaan Doa Iftitah oleh Imam Hambali

Lafazd doa Iftitah yang dibacakan Imam Hambali ini diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra. Dikatakan bahwa Nabi Muhammad membacakan doa ini di setiap doa.

SEBUAHYa Tuhan, jauhkan aku Dan di antara dosa-dosaku, saat Engkau kembali antara Mashriq dan Maghrib, ya Allah, kami melaknatku dari dosa-dosa, sebagaimana pakaian yang banyak itu jelas dari agama, dan Allah yang Maha Baik.

tekx latin : Allahumma baa’id bainii wabaina khothooyaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii minal khothooyaa kamaa yunaqqots-tsaubul abyadlu minad-danas. Allahummaghsil khothooyaaya bilmaa-i wats-tsalji walbarodi.

Itu berarti : Ya Allah, jauhkan aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkan dosa-dosaku seperti pakaian putih yang dibersihkan dari kotoran. Ya Tuhan, basuhlah dosa-dosaku dengan air, salju, dan air dingin. (HR. Bukhari, No. 182)

Bacaan Sholat Iftitah Imam Syafi’i

Lafzd doa iftitah yang dibacakan oleh Imam Syafi’i merupakan doa umum, karena memang umat Islam di Indonesia sangat banyak sekali, apalagi kalau membaca doa iftitah menggunakan doa yang diajarkan oleh Imam Syafi’i.

Tuhan maha besar, terima kasih banyak Tuhan, dan kemuliaan bagi Tuhan pagi dan sore.

Aku menghadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi, yang lurus dan muslim, dan aku bukanlah termasuk orang musyrik.

Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah milik Allah, Tuhan semesta alam.

Dia tidak memiliki pasangan, dan dia memenuhi perintah Anda, dan dia adalah dari Muslim.

Teks Latin : Alloohu akbar Kabiroo Segala puji bagi Allah, Wa Subhanallah Bukrotan Wa’asyiilaa. He Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fathoros Samawaati Wal Ardho Hanifan Musliman Wa Maa Anaa Minal Musyrikiin. Dia adalah Soloati, Nusukei, Mahyaa, Mamaatii, Lillaahi, Penguasa Dunia. Kisah Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimin.

Itu berarti : “Allah maha besar dengan cara yang agung, segala puji hanya bagi Allah dengan banyak pujian. Maha Suci Allah di waktu pagi dan petang. , dan aku tidak termasuk orang-orang yang mempersekutukan-Nya. Sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan Semesta Alam, yang tiada sekutu bagi-Nya. Begitulah aku diperintahkan . Dan aku termasuk kaum muslimin (Orang-orang yang menyerah).” (HR.Muslim, No.185)

Imam Maliki

Untuk Imam Maliki dijelaskan bahwa ia berpendapat tentang shalat iftiitah yang sering dilakukan oleh umat Islam saat shalat.

Namun bagi Imam Maliki tidak demikian, ia tidak membacakan doa ketika shalat.

Kata Akhir

Penjelasan terkait Do’a iftiitah itu jelas dan jelas dari semua aliran pemikiran telah dijelaskan.

Oleh karena itu hindarilah perselisihan yang berkaitan dengan bacaan Sholat Iftih yang mungkin berbeda atau bahkan terkait dengan umat Islam yang tidak menggunakannya.

Semoga penjelasan dalam artikel ini mengenai sholat iftitah menurut 4 madzhab ini bermanfaat bagi umat Aamiin semuanya. Wallahu a’lam…

Baca Juga:

  • Doa Qunut Subuh Arab dan Latin, Nazilah Lengkap dan Artinya
  • 99 Asmaul Husna dan Artinya Bahasa Arab, Latin, Bilangan, Dalil
  • Contoh Surat Izin Sakit Sekolah Yang Baik & Benar (File Docx)
  • Contoh Cerpen Singkat Beserta Susunannya Lengkap + File Dok
  • Contoh majas Antonomasia dalam hikayat dan artinya
  • Contoh teks anekdot lucu pendek dan strukturnya
  • Contoh Kata Curriculum Vitae Untuk Lamaran Kerja 2022
  • Contoh Surat Ijin SD, SMP, SMA yang Benar (File Docx)
  • Contoh Kegiatan, Penelitian, Pendanaan, Proposal Bisnis
  • Contoh Teks Redaksi Singkat Beserta Susunannya Terbaru 2022
  • Contoh teks prosedur pendek dan pendek beserta strukturnya
  • Contoh Teks Penjelasan Singkat & Menarik Beserta Strukturnya
  • Contoh teks eksposisi singkat beserta fitur & struktur lengkapnya
  • Doa Setelah Wudhu Pendek Pendek Arab Latin Beserta Artinya
  • Niat Berdoa Wajib Mandi Setelah Berhubungan Badan Haid, Nifas

Awalnya diposting 22-11-2022 14:31:31.

www.ayovaksindinkeskdi.id

Comment
Share:

Ad