PusatDapodik
Home Guru Pembelajaran Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka

1674353293 0

pusatdapodik.com – Rangkuman Materi Informatika Kelas VII SMP Bab 2 “Computational Thinking” semester 1 kurikulum mandiri.

Halo sobat kherysuryawan, jumpa lagi di postingan yang membahas materi pelajaran informatika. Materi informatika yang akan admin sampaikan disini adalah untuk kelas 7 Bab 2 semester 1 kurikulum mandiri.

Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 2 Kurikulum Merdeka

Admin sengaja membuat artikel tentang materi rangkuman informatika kelas 7 Bab 2 “Computational Thinking” dengan tujuan untuk memudahkan siswa yang akan menggunakannya sebagai salah satu bahan belajar baik untuk belajar di rumah masing-masing maupun di sekolah.

Sebagai informasi, semua materi yang admin rangkum dalam postingan kali ini adalah materi yang bersumber dari buku pelajaran Informatika kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka tepatnya di buku siswa informatika kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Materi yang akan dipelajari di kelas 7 mata pelajaran informatika bab 2 “Computational Thinking” adalah sebagai berikut:

Apa itu Pemikiran Komputasi?

A. Algoritma

B. Optimalisasi Penjadwalan

C. Struktur Data

D. Representasi Data

Baiklah, bagi anda yang membutuhkan rangkuman materi informatika kelas 7 bab 2 kurikulum mandiri “Computational Thinking”, maka berikut pemaparan lengkapnya:

Bab 2 Berpikir Komputasi

Apa itu Pemikiran Komputasi?

Komputer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah hidup, atau untuk membantu memecahkan berbagai masalah yang kita hadapi. Cara kerja komputer mirip dengan cara kerja manusia.

Komputer banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah hidup, atau untuk membantu memecahkan berbagai masalah yang kita hadapi. Cara kerja komputer mirip dengan cara kerja manusia.

A. Algoritma

Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan pola tersebut? Pola dapat digunakan untuk menentukan bentuk atau struktur tetap. Dalam melakukan berbagai aktivitas, terkadang kita harus mengikuti pola atau aturan tertentu. Contoh: seorang siswa diperbolehkan mengikuti ujian jika membawa kartu tanda bukti peserta ujian. Atau, seorang peserta pertandingan olahraga diperbolehkan mengikuti pertandingan jika sudah menyerahkan formulir pendaftaran dan lulus pemeriksaan kesehatan.

B. Optimalisasi Penjadwalan

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari jam 07.00-12.00 kita pergi ke sekolah. Sepulang sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lain-lain. Dengan demikian, kita harus bisa memilih kegiatan mana yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya kita juga perlu mengatur jadwal agar kegiatan tersebut tidak bentrok waktu.

C. Struktur Data

Dalam kehidupan sehari-hari pasti sudah mengenal data yang disusun dalam bentuk daftar (dalam bidang Informatika biasa disebut daftar).

Misal: daftar belanja yang ibu bawa saat ibu pergi ke pasar, daftar siswa di suatu kelas. Beberapa dari daftar ini dipesan dan beberapa tidak. Daftar nama siswa di kelas dapat diurutkan berdasarkan abjad. Daftar belanja Anda mungkin tidak berurutan, jadi tidak masalah jika Anda membeli tomat sebelum membeli wortel, atau Anda membeli keduanya bersamaan, atau Anda membeli wortel sebelum membeli tomat.

D. Representasi Data

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada banyak pilihan. Pilihan dapat terdiri dari dua kemungkinan atau lebih. Jika hanya ada dua kemungkinan, jawabannya biasanya ya atau tidak.

Misalnya: Apakah Anda sarapan roti hari ini? Jawabannya ya atau tidak. Apakah kemarin hujan? Pertanyaan ini tentunya berbeda dengan pertanyaan: Apa warna kesukaanmu? Soal warna kesukaan tidak bisa dijawab dengan ya atau tidak. Jika pertanyaannya diubah menjadi “Apakah warna favoritmu biru?”, pertanyaannya bisa dijawab dengan ya atau tidak.

Demikian penjabaran materi informatika kelas 7 SMP Bab 2 “Computational Thinking” yang akan dipelajari pada semester 1 kurikulum mandiri. Hasil rangkuman materi ini seluruhnya merupakan materi yang bersumber dari buku siswa informatika kelas VII SMP Kurikulum Merdeka.

www.pusatdapodik.com

Comment
Share:

Ad