Energi Kinetik Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

- Penulis

Senin, 1 Januari 2024 - 04:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Energi Kinetik

Energi Kinetik

Suatu benda dapat bergerak karena adanya energi yang menyebabkan benda tersebut bergerak. Energi terbentuk akibat adanya usaha yang dilakukan, sehingga benda dapat bergerak. Energi pada benda yang bergerak disebut juga ketentuan energi kinetik.

Tanpa disadari, energi ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Memproduksi makanan, menjalankan mesin, dan menghasilkan listrik di rumah, sekolah, dan tempat kerja, semuanya memerlukan energi yang disebut juga dengan energi gerak.

Energi ini juga bekerja dengan pengaruh berat atau massa benda yang bergerak, serta kecepatan gerak benda tersebut. Selain itu, energi tersebut juga dapat diubah menjadi energi lain. Lantas, apa saja perubahan tersebut dan bagaimana cara mengetahui besarnya energi gerak suatu benda?

Apa itu Energi kinetik atau Energi Gerak?

Apa itu Energi Kinetik atau Energi Gerak

Energi dan kinetik merupakan dua kata yang memiliki arti berbeda. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi diartikan sebagai tenaga, daya atau usaha untuk melakukan usaha. Sedangkan kinetik diartikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan gerak.

Menurut asal katanya, energi dan kinetik berasal dari bahasa Yunani yaitu, energia Dan kinensis. Energi Sementara itu, memiliki arti bisnis kinensis berarti gerakan. Berdasarkan arti kata tersebut, tidak mengherankan jika nama lain untuk energi kinetik adalah energi gerak.

Keberadaan energi ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan pada abad ke-7. Saat itu, para ilmuwan terus melakukan eksperimen dan menemukan berbagai kesimpulan. Beberapa di antaranya adalah Gottfried dan Johann Bernoulli.

Ilmuwan menyimpulkan bahwa energi ini dikategorikan sebagai kekuatan hidup. Kemudian, seorang ilmuwan Belanda bernama Willem Gravesande melakukan penelitian lebih lanjut dengan menjatuhkan beberapa balok tanah liat dari ketinggian berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tanah liat mempunyai kedalaman tumbukan yang berbeda-beda. Jadi, didapat kesimpulan bahwa energi yang dihasilkan berbanding lurus dengan kuadrat kecepatan suatu benda saat bergerak.

Jadi, gerak atau energi kinetik dapat diartikan sebagai energi yang dimiliki suatu benda ketika bergerak. Energi ini dipengaruhi oleh massa dan kecepatan gerak benda.

Jenis Energi kinetik Apa yang perlu Anda ketahui

Jenis Energi Kinetik yang Perlu Diketahui

Pernahkah Anda bermain biliar? Anda dapat mempelajari gerak atau energi kinetik dari setiap gerakan bola bilyar. Sebuah bola yang tadinya diam akan mengalami pergerakan bila menumbuk bola lain yang sengaja digerakkan.

Bola yang tadinya diam akan bergerak sesuai dengan kecepatan bola yang mengenainya. Nah, kejadian tersebut menunjukkan bahwa energi bola yang bergerak dapat ditransfer ke bola yang sebelumnya diam. Sehingga menyebabkan bola bergerak dan mempunyai kecepatan.

Peristiwa ini terjadi pada meja yang berada pada garis lurus atau bidang datar. Namun energi kinetik ini tidak hanya berlaku pada benda yang bergerak lurus saja, tetapi juga dapat terjadi pada benda yang berputar. Hal inilah yang menyebabkan gerak atau energi kinetik terbagi menjadi 2 jenis, antara lain:

  1. Gerak atau energi kinetik translasi yaitu energi gerak yang dimiliki suatu benda yang mengalami gerak pada medium datar atau garis lurus. Contohnya adalah pergerakan bola di meja billiard.
  2. Gerak atau energi kinetik rotasi adalah energi gerak pada suatu benda yang mengalami gerak pada saat benda tersebut berputar. Contohnya adalah gerakan yang dialami gasing saat dimainkan.

Bentuk Perubahan Gerak atau Energi Kinetik

Bentuk Perubahan Gerak atau Energi Kinetik

Masih ingatkah Anda dengan hukum kekekalan energi? Ya, James Prescott Joule, seorang ilmuwan dan fisikawan asal Inggris merumuskan hukum ini. Dimana, undang-undang tersebut menyatakan bahwa, “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.”

Dan memang benar, berbagai energi baik itu energi matahari, energi panas, suara ataupun energi lainnya tidak dapat diciptakan apalagi dimusnahkan. Coba pikirkan, bagaimana cara menghancurkan energi matahari? Atau bagaimana kita dapat menciptakan kembali energi-energi ini?

Baca Juga :  Pengertian Tekanan Hidrostatis: Rumus, Soal

Namun pada dasarnya energi tersebut bisa berasal dari energi lain. Jadi, meskipun energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, namun energi dapat berubah wujud menjadi energi lain, termasuk mengubah energi kinetik ke energi lain.

Contoh sederhananya, sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan tertentu, akan mempunyai energi kinetik. Kemudian pada saat mobil mulai direm, energi gerak tersebut akan berubah menjadi energi bunyi dan energi panas.

Mengapa demikian? Simak penjelasan lengkap mengenai berbagai perubahan energi gerak di bawah ini.

1. Energi Panas

Saat berada di daerah yang dingin, Anda akan menggosok kedua tangan untuk menciptakan kehangatan. Kemudian, saat berada di lokasi perkemahan, masyarakat biasa membuat api dengan cara menggosokkan batu atau kayu ke permukaan benda lain.

Tanpa kita sadari, peristiwa tersebut merupakan salah satu bentuk perubahan energi kinetik atau kinetik menjadi energi panas. Dua benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu secara perlahan akan menghasilkan sensasi hangat yang mempunyai energi.

Perlu Anda ketahui juga bahwa energi panas sendiri mempunyai molekul-molekul yang bergerak dan bergesekan satu sama lain. Energi gerak molekul-molekul inilah yang menimbulkan sensasi panas atau energi panas pada benda yang saling bergesekan.

Jadi, jika kita kembali ke contoh mobil yang bergerak, pada saat melakukan pengereman, gesekan antara ban mobil dengan aspal akan menimbulkan energi panas. Jadi, energi kinetik dari mobil saat direm akan berubah menjadi energi panas.

2. Energi Suara

Bunyi berasal dari getaran suatu benda. Getaran tersebut merambat dengan bantuan media berupa udara atau air. Apabila benda bergerak menumbuk benda diam maka benda tersebut akan mengeluarkan bunyi.

Contoh yang lebih nyata adalah ketika membunyikan bel sekolah. Lonceng yang awalnya diam, jika dipukul oleh benda lain dengan kecepatan tertentu akan menghasilkan bunyi. Benda yang bergerak akan mengubah energi gerak menjadi energi bunyi.

Hal ini juga terjadi pada contoh sebelumnya. Dimana selain menghasilkan energi panas, gesekan ban terhadap aspal juga menghasilkan suara. Nah, peristiwa ini menyebabkan energi gerak mobil berubah menjadi energi bunyi.

3. Energi Listrik

Anda pasti sudah tahu tentang pembangkit listrik tenaga air atau angin. Sadarkah Anda bahwa pembangkit listrik telah berhasil mengubahnya? energi kinetik dari air atau angin menjadi energi listrik? Dalam hal ini digunakan generator untuk mengubah kedua jenis energi tersebut.

Angin yang menggerakkan kincir, energinya akan disimpan oleh generator. Sehingga membuat generator bergerak dan mengubah energi gerak menjadi energi listrik. Pekerjaan pembangkit listrik tenaga air juga seperti itu.

Pergerakan arus air akan disimpan sehingga menghasilkan energi gerak pada generator. Kemudian, generator akan mengubahnya menjadi energi listrik. Energi ini nantinya akan disalurkan kepada masyarakat, sehingga kebutuhan listrik setiap rumah dapat terpenuhi.

4. Energi Elektromagnetik

Perubahan energi gerak menjadi energi elektromagnetik ini tidak dapat dilihat dengan mata. Sebab, energi tersebut memanfaatkan pergerakan gelombang radiasi dan ion pada benda elektronik. Contoh yang sangat mudah kita temukan adalah ketika mendengarkan radio.

Pergerakan gelombang radio menyebabkan suara dari radio sampai ke pendengarnya. Selain itu, pergerakan gelombang yang tidak terlihat oleh mata ini juga dapat membuat perangkat elektronik seperti telepon seluler, TV, dan microwave dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  10 Aplikasi Pembelajaran yang Populer di Indonesia

5. Energi Mekanik

Energi mekanik adalah jumlah energi yang tersimpan dalam suatu benda. Jadi, ketika suatu benda bergerak dengan kecepatan tinggi, maka energi yang tersimpan pada benda tersebut bertambah, begitu pula sebaliknya.

Salah satu contohnya adalah saat berolahraga dengan sepeda. Ketika Anda mengayuh sepeda dengan gerakan cepat, maka sepeda akan berjalan dengan kecepatan tinggi pula. Jadi, terjadi perubahan energi gerak menjadi energi mekanik.

Rumus Energi kinetik digunakan

Rumus Energi Kinetik yang Digunakan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, besarnya gerak atau energi kinetik dipengaruhi oleh massa atau berat benda dan kecepatan benda. Jadi, rumus energi gerak yang dapat digunakan antara lain:

Ek = ½ mv2

Dimana, simbol ek dalam rumus ini adalah simbol energi kinetik dengan satuan Joule (J), M untuk massa dalam kilogram (Kg), juga ay untuk simbol kecepatan dalam meter per detik (m/s). Sedangkan rumus menghubungkan energi usaha dan gerak adalah:

W = ∆Ek = ½ mv2 2 – ½ mv2 1

Rumus ini biasanya digunakan untuk mencari energi gerak antara dua benda yang bergerak bersama dengan massa dan kecepatannya masing-masing. Jadi, rumus ini digunakan untuk menentukan besarnya usaha yang dikeluarkan untuk menggerakkan benda tersebut.

Contoh soal

Untuk memahami materi gerak atau energi kinetik, Anda harus berlatih menyelesaikan soal-soal. Di bawah ini kami sajikan salah satu jenis soal dan pembahasan mengenai gerak atau energi kinetik.

Pertanyaan:

Sebuah mobil bermassa 600kg. Kemudian mobil tersebut melaju dengan kecepatan 20 m/s. Pergerakan mobil tersebut menghasilkan energi kinetik sebesar?

Larutan:

Ek = ½ mv2

= ½ (600).(20)2

= ½ (600).(400)

= ½ 240.000

= 120.000J

Jadi, besarnya energi gerak yang terjadi pada mobil tersebut adalah 120.000 Joule.

Manfaat Energi Gerakan Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Energi Gerakan Bagi Kehidupan Manusia

Sekarang Anda sudah lebih paham tentang energi gerak bukan? Tanpa disadari, setiap bentuk energi selalu hidup berdampingan dengan manusia, termasuk energi gerak ini. Dan manusia juga sangat membutuhkan energi tersebut untuk berbagai aktivitas.

Tidak hanya energi gerak itu sendiri, namun setiap perubahan energi gerak menjadi energi lain, selalu mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat energi gerak bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut:

  1. Menghasilkan listrik untuk menerangi rumah, jalan dan tempat lainnya.
  2. Membantu masyarakat beraktivitas dengan berbagai alat transportasi seperti mobil, sepeda motor, sepeda dan lain sebagainya.
  3. Membantu manusia menghasilkan makanan, seperti proses pembuatan tepung terigu dengan memanfaatkan energi gerak dari mesin atau kincir angin.
  4. Memberikan kemudahan komunikasi melalui pergerakan gelombang radio, suara atau elektromagnet yang membuat berbagai perangkat elektronik seperti TV, ponsel dan radio dapat berfungsi dengan baik.
  5. Membuat berbagai permainan berjalan dengan baik. Misalnya saja permainan layang-layang yang menggunakan energi gerak dari angin untuk dimainkan. Ada juga permainan gasing yang bergerak dengan gerakan melingkar sehingga bisa dimainkan.

Jadi, energi kinetik adalah energi pada suatu benda yang bergerak. Baik benda bergerak pada bidang datar maupun berputar, semuanya mempunyai gerak atau energi kinetik. Energi ini juga dapat diubah menjadi energi lain, dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Baca Juga Artikel Lainnya:

  • Pengertian Protein – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya
  • Struktur Virus, Fungsi, dan Penjelasannya (Lengkap)
  • Pengertian Sel Darah Merah, Fungsi, Struktur Dll
  • Sel Tumbuhan dan Sel Hewan – Pengertian, Struktur, Dll (Lengkap)
  • Pembelahan Meiosis 1 – Pengertian, Tahapan, Tujuan & Contoh
  • Fungsi Dinding Sel Tumbuhan, Bakteri, Jamur, Alga Dll
  • Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya (Lengkap)

Berita Terkait

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim
Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN
Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia
Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025
Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah
Contoh Modul Ajar Kurikulum Merdeka PAUD-TK Terbaru 2024
6 Daftar Kegiatan Ketika MPLS Bersama Peserta Didik Baru, Jangan Sampai Terlewatkan !
Ada Perlakuan Khusus untuk PPPK 2024, Semua Guru Akan Diberi Tunjangan Lebih Hingga 3 Juta
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:33 WIB

Untuk Jenjang SMA Tahun Depan 2024/2025 Sudah tidak Ada Lagi Penjurusan, Ini Kebijakan Baru Dari Nadiem makarim

Jumat, 19 Juli 2024 - 10:42 WIB

Pasti dari Jokowi, Tahun Depan tidak Ada Perbedaan Antara PNS dan PPPK, Semua Akan Satu Nama Menjadi ASN

Jumat, 12 Juli 2024 - 21:32 WIB

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 6 Juli 2024 - 11:26 WIB

Contoh Materi MPLS SMP Kurikulum Merdeka Tahun Anggaran 2024/2025

Senin, 1 Juli 2024 - 16:57 WIB

Implementasi Pembelajaran Sosial dan Emosional di Kelas dan Sekolah

Berita Terbaru