Jelaskan Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja Di PMM Bagi Guru Dan Kepala Sekolah! Berikut Penjelasannya

- Penulis

Jumat, 31 Mei 2024 - 09:37 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Apa manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM bagi guru dan kepala sekolah? Adapun, dengan adanya fitur pengelolaan kinerja di PMM atau Platform Merdeka Mengajar dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk guru sebagai tenaga pendidik.

Salah satu manfaatnya yaitu untuk menentukan sasaran atau target kinerja dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lainnya yang didapatkan oleh guru dengan adanya PMM.

Apa Itu PMM?

Sebagai guru, pasti Anda tahu bukan bahwa pendidikan saat ini telah menggunakan Kurikulum Merdeka selama beberapa waktu. Dengan begitu, Platform Merdeka Mengajar bukan hal baru untuk Guru dan Kepala Sekolah, bukan?

Sebagaimana yang diketahui, Platform Merdeka Mengajar yang lebih sering disingkat dengan PMM merupakan sebuah platform edukasi yang menyajikan berbagai macam referensi bagi guru untuk dapat mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya platform ini, guru dan kepala sekolah dapat menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan para siswa.

Tidak hanya itu, PMM Kurikulum Merdeka juga menyajikan berbagai macam pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi guru. Pendeknya, PMM merupakan sebuah ekosistem yang memudahkan guru dan kepala sekolah untuk mengakses berbagai macam informasi, referensi, dan inspirasi dalam dunia pendidikan.

Fitur Pengembangan Diri PMM

Jelaskan Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja Di PMM Bagi Guru Dan Kepala Sekolah! Berikut Penjelasannya (3)

 

Fitur Pengembangan Diri terdiri atas Pelatihan Mandiri, Komunitas, sampai dengan Seleksi Kepala Sekolah. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai tiap-tiap fitur Pengembangan Mandiri.

  • Pelatihan Mandiri. Fitur ini menyajikan berbagai macam materi secara singkat dan praktis terkait Kurikulum Merdeka. Guru dan kepala sekolah bisa mempelajarinya setiap saat. Fitur ini dapat memberikan ruang untuk guru agar “bertemu” dengan lebih dari 19 ribu guru di Indonesia. Dengan melalui fitur Komunitas, guru bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam praktik Kurikulum Merdeka mengajar.
  • Refleksi Kompetensi. Apa Anda ingin mendapatkan rekomendasi pembelajaran, guru? Maka Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan beberapa rekomendasi yang personal, sesuai pada kebutuhan dan perkembangan mengajar guru masing-masing.
  • Pengelolaan Kinerja. Fitur ini menyajikan panduan perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian kinerja yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Fitur ini juga bisa digunakan untuk peningkatan kualitas di sekolah.
  • LMS. Fitur ini menyajikan berbagai macam akses untuk pelatihan penggunaan LMS (Learning Management System). Agar bisa menggunakan fitur LMS, maka guru dan kepsek harus terdaftar dalam pelatihan terlebih dahulu.
  • Seleksi Kepala Sekolah. Apakah Anda sebagai guru memenuhi kriteria untuk mengikuti seleksi kepala sekolah? Maka Anda dapat memeriksanya melalui fitur Seleksi Kepala Sekolah. Fitur ini akan memberikan informasi terkait persyaratan, tahapan, serta pengecekan kualifikasi dalam seleksi kepala sekolah.
Baca Juga :  Ternyata Potongan Jari Manusia itu Terbungkus dalam Tahu dan Dilihat Saat Dibelah, Polisi : Semua Jari Utuh

Mengenal Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM bagi Guru dan Kepala Sekolah

Adanya PMM dalam kegiatan belajar mengajar ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk guru sebagai tenaga pendidik sekaligus untuk kepala sekolah. Jelaskan manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM bagi guru dan kepala sekolah!

Platform Merdeka Mengajar menyajikan berbagai macam referensi bagi guru untuk dapat mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. PMM juga dapat memberikan kesempatan yang setara untuk semua guru agar terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun berada.

PMM atau Platform Merdeka Mengajar dapat memberi kesempatan yang setara bagi guru untuk dapat memaksimalkan diri dan mendorong guru untuk bisa tetap berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik yang baik.

Baca Juga :  Mulai Bulan Maret PNS akan Terima Gaji dengan Nominal Baru, Golongan III Dapat Tambahan hampir Rp400 ribu, Cek Selengkapnya

Dengan demikian, dapat diketahui jika manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM bagi guru dan kepala sekolah adalah antara lain sebagai berikut:

  • Menjadi acuan untuk guru dan kepala sekolah di seluruh Indonesia agar menjadi pendidik yang profesional dan berfokus pada peningkatan hasil belajar murid.
  • Menyajikan berbagai macam referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
  • Menentukan sasaran dan target kinerja dengan lebih mudah.
  • Membantu memotivasi guru supaya bisa terus belajar, berkarya, mengembangkan kompetensi dan berbagi praktik dengan baik.
  • Memudahkan guru dan kepala sekolah untuk dapat menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan.

Cara Login PMM Merdeka Mengajar

Jelaskan Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja Di PMM Bagi Guru Dan Kepala Sekolah! Berikut Penjelasannya (2)

Setelah mengetahui manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM bagi guru dan kepala sekolah. Maka saatnya guru dan kepala sekolah memahami cara login PMM. berikut ini merupakan pembahasan lengkap terkait cara login PMM Merdeka Mengajar melalui Aplikasi Android:

  1. Silahkan Anda buka aplikasi Merdeka Mengajar yang sudah diunduh dari Google Play Store
  2. Selanjutnya tekan tombol Masuk
  3. Di halaman Beranda, silahkan Anda geser layer ke bawah sampai menemukan tombol Masuk atau Masuk ke Akun
  4. Silahkan Anda pilih akun Belajar.id yang akan digunakan, jika tidak ada email yang sesuai, maka Anda bisa pilih tambahkan akun lain (mengisi email dan password).
  5. Selanjutnya tekan Saya Setuju dan Anda akan segera masuk ke dalam aplikasi Merdeka Mengajar.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap tentang jelaskan manfaat fitur pengelolaan kinerja di PMM bagi guru dan kepala sekolah. Penjelasan di atas dapat membantu menambah wawasan baik bagi guru atau kepala sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan di lingkungan sekolah.

Berita Terkait

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya
Semua Honorer Yang Terdata di BKN Akan Diangkat Menjadi ASN, Begini Cara Melihat Terdata di BKN
Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya
Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?
Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024, Lulusan Baru Perlu Simak!
Mundur Hingga Juli – Agustus, Ini Syarat Baru Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024
CPNS Tahun ini Bakal Lebih Banyak jika Di Bandingkan Formasi untuk PPPK, Paling Banyak dari Divisi Pemerintahan ini
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:48 WIB

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Kamis, 11 Juli 2024 - 11:14 WIB

Informasi Seleksi CPNS dan PPPK Kemenag 2024: Semua Honorer Jadi ASN, Berikut Formasinya

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:36 WIB

Mulai Meredup!! Nasib Tenaga Honorer Makin Tidak Jelas, Jadi di angkat PPPK Tahun 2024 ini ?

Selasa, 9 Juli 2024 - 21:15 WIB

Tips Mudah Lolos Seleksi CPNS 2024, Lulusan Baru Perlu Simak!

Berita Terbaru

Pendidikan

Contoh Doa Penutup MPLS 2024 Dalam Bahasa Indonesia

Jumat, 12 Jul 2024 - 21:32 WIB

Informasi Dapodik

Dapodik 2024-2025 Semester 1 Kapan Rilis? Berikut Prediksi Tanggal Rilisnya

Jumat, 12 Jul 2024 - 16:35 WIB

Kesiswaan

10 Contoh Janji Siswa Paling Tegas dan Penjelasan Maknanya

Jumat, 12 Jul 2024 - 13:48 WIB