pusatdapodik.com – Contoh format kisi-kisi soal, pedoman penilaian dan kartu soal untuk soal pilihan ganda dan soal essay untuk SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan yang senang pada postingan kali ini, mimin akan kembali membagikan format kisi-kisi pembuatan kartu soal yang juga dilengkapi dengan pedoman penilaian dan contoh format kartu soal mulai dari format kartu soal bentuk pilihan ganda dan esai.


Perlu diperhatikan bahwa jika guru akan membuat kartu soal, hal penting pertama yang harus dilakukan sebelum membuat soal dan kartu soal adalah menyiapkan kisi-kisi soal. Hal ini penting dilakukan karena nantinya kisi-kisi soal dapat digunakan sebagai dasar pembuatan soal dan juga kisi-kisi soal nantinya dapat menjadi acuan siswa yang akan mempelajari jenis materi yang akan dijadikan soal ulangan/ujian.

Sebagai seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah pasti akan dihadapkan pada situasi dimana guru akan mengevaluasinya baik berupa ulangan ataupun ujian. Nah dalam mempersiapkan ulangan atau ujian, guru akan mulai disibukkan dalam mempersiapkan dan membuat soal ulangan atau soal ujian.

Dalam membuat soal ulangan atau soal ujian, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pembuatan kisi soal dan kartu soal. Mengapa hal tersebut penting untuk dilakukan, tentunya pembuatan kisi-kisi dan kartu soal merupakan bentuk administrasi guru yang harus disiapkan oleh guru sebelum membuat soal.

Pada postingan sebelumnya admin sudah membagikan contoh format kartu soal dan juga formulir kartu soal yang sudah jadi, namun pada postingan kali ini admin akan kembali membagikan contoh format kisi-kisi pembuatan kartu soal. Selain kisi-kisi, admin juga telah menyiapkan format kartu soal lainnya berupa kartu soal pilihan ganda dan kartu soal esai sehingga pengguna dapat memiliki semua yang dibutuhkannya.

Dalam pembelajaran kurikulum 2013, guru dalam membuat soal dan kartu soal harus mengikuti jenis kurikulum saat ini yaitu kurikulum 2013.

Pada postingan kali ini admin akan membantu para guru untuk mempermudah pembuatan kisi-kisi soal dan kartu soal dengan menyiapkan format kisi-kisi soal dan format kartu soal.

Pada format kisi-kisi soal untuk kartu soal terdapat beberapa butir di dalamnya, antara lain sebagai berikut:


Subjek


Kelas/semester


Alokasi Waktu


Nomor urut pertanyaan


Kompetensi diuji


Bahan


Deskripsi bahan


Indikator pertanyaan


Formulir pertanyaan

Sebagai informasi, kartu soal digunakan sebagai sarana penyajian makalah soal dan kartu soal sebagai arsip di bank soal sekolah. Perlu diketahui juga bahwa berdasarkan urutan pembuatan soal dibagi menjadi 3 bagian kegiatan diantaranya sebagai berikut :

1. Buat Kotak

2. Buat Kartu Pertanyaan

3. Buat Naskah Pertanyaan

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk diketahui oleh seorang guru agar nantinya ketika guru akan menghadapi supervisi sudah mengetahui tentang pentingnya pembuatan kartu soal sebagai sarana penulisan soal. Bagi anda yang mungkin baru pertama kali membuat kartu soal, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Pada kesempatan kali ini pusatdapodik.com akan membagikan format kisi-kisi soal plus format pedoman penilaian serta contoh format kartu soal pilihan ganda dan esai.

Bagi anda yang membutuhkan file tersebut, silahkan download file dibawah ini :

  • Kisi Pertanyaan dan Pedoman Penilaian Pertanyaan (DI SINI)
  • Format Kartu Soal & Aplikasi Pembuat Kartu Soal (DI SINI)
  • Kartu Pertanyaan dan Esai Pilihan Ganda Pra-dibuat (DI SINI)

Demikian informasi mengenai format kisi-kisi soal lengkap dengan format kartu soal K13 yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga file ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kegiatan para guru dalam membuat dan menyajikan soal ulangan dan soal ujian di sekolahnya masing-masing.

Demikian dan terima kasih.

www.pusatdapodik.com

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *