Hidrolisis: Pengertian, 4 Macam Reaksi, & Contoh Soal

- Penulis

Minggu, 11 Juni 2023 - 03:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

Untuk menganalisis sifat-sifat suatu larutan dengan garam, diperlukan suatu konsep tertentu yang konstan untuk segala kondisi sehingga dapat dipahami bagaimana sifat-sifat larutan garam yang dihasilkan. Konsep hidrolisis adalah konsep yang digunakan untuk memahami bagaimana garam berperilaku ketika dilarutkan dalam air.

Definisi Hidrolisis

Reaksi antara senyawa asam dan basa akan membentuk garam. Walaupun reaksi asam dan basa pembentuk garam disebut reaksi netralisasi, namun larutan garam yang dihasilkan tidak selalu netral. Beberapa contoh garam non-netral adalah sabun alkali.

Untuk memahami sifat larutan garam digunakan teori yang dapat menjelaskan sifat larutan garam yaitu konsep hidrolisis. Hidrolisis berasal dari dua kata yaitu hydro yang berarti air dan lysis yang berarti penguraian.

Sehingga hidrolisis dapat dipahami sebagai istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan reaksi suatu zat dengan air. Berdasarkan konsep hidrolisis, komponen garam yang terdiri dari anion atau kation yang berasal dari basa lemah atau asam lemah akan bereaksi dengan air (terhidrolisis).

Hidrolisis anion akan menghasilkan ion OH (hidroksida) sedangkan reaksi hidrolisis kation akan menghasilkan ion H3HAI+= H+(hidrogen).

Kedua ion yang dihasilkan dari reaksi garam dengan air (hidrolisis) inilah yang akan menentukan apakah sifat larutan garam yang dihasilkan adalah garam netral, garam basa atau garam asam.

Reaksi Hidrolisis

Reaksi hidrolisis antara air dan garam dibagi menjadi empat jenis berdasarkan sifat ion penyusun garam apakah itu asam kuat dengan basa kuat, asam lemah dengan basa kuat, asam kuat dengan basa lemah atau asam lemah dan basa lemah.

  1. Reaksi Hidrolisis Garam dari Asam Kuat dan Basa Kuat

Larutan garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat tidak akan mengalami hidrolisis. Oleh karena itu larutan garam yang dihasilkan bersifat netral (pH = 7).

Asam kuat adalah senyawa asam yang memiliki nilai pH rendah dan dapat terionisasi sempurna dalam air. Tingkat keasaman asam kuat kurang dari 3. Contoh asam kuat adalah asam klorida (HCl), asam bromida (HBr), asam sulfat (H2JADI4), asam klorat (HClO3), asam nitrat (HNO3) dan lain-lain.

Baca Juga :  Pengertian Huruf Kapital : Fungsi, Tata Cara Penggunaan dan Contohnya

Basa kuat memiliki nilai pH yang tinggi, yaitu lebih dari 11. Ketika basa kuat larut dalam air, molekul basa kuat akan melepaskan ion hidroksida atau OH . Contoh basa kuat adalah natrium hidroksida (NaOH), litium hidroksida (LiOH), kalsium hidroksida (Ca(OH)2), kalium hidroksida (KOH) dan lain-lain.

Contoh garam yang terbuat dari asam kuat dan basa kuat adalah garam meja NaCl (natrium klorida). NaCl terdiri dari anion kl dan kation Na+. Ion kl Dan Na+ keduanya merupakan elektrolit kuat yang bila dilarutkan dalam air akan terjadi reaksi sebagai berikut:

Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

Larutan NaCl tidak akan mengubah perbandingan antara konsentrasi ion OH Dan H+ di dalam air.

  1. Reaksi Hidrolisis Garam Basa Kuat dan Asam Lemah

Asam lemah memiliki tingkat keasaman di bawah 7 dan di atas 3. Larutan asam lemah tidak terionisasi sempurna dalam air karena hanya sejumlah kecil ion hidrogen yang dilepaskan ke dalam air. Contoh asam lemah seperti asam oksalat, asam metanoat, asam karbonat, asam askorbat, asam asetat, dan lain-lain.

Contoh garam yang terbuat dari basa kuat dan asam lemah adalah natrium asetat (NaCH3COO). Garam natrium asetat terdiri dari anion CH3COO dan kation Na+. Ion berasal dari basa kuat (NaOH) jadi ion Na+ tidak akan bereaksi dengan air.

Sedangkan ion CH3COO bersumber dari asam lemah yaitu asam asetat CH3COOH sehingga ion-ion ini akan bereaksi dengan air. Jadi garam natrium asetat adalah NaCH3COO akan terhidrolisis sebagian atau sebagian, yaitu hidrolisis anion CH3COO.

1686430121 323 Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

hidrolisis garam NaCH3COO menghasilkan ion OH sehingga larutan bersifat basa.

  1. Reaksi Hidrolisis Garam Asam Kuat dan Basa Lemah

Berbeda dengan basa kuat, basa lemah adalah larutan basa yang nilai pH-nya antara 8 dan 11. Basa lemah juga tidak terionisasi sempurna dalam air. Beberapa contoh basa lemah adalah amonia (NH3), amonium hidroksida (NH4OH), besi(II) hidroksida, natrium bikarbonat, seng hidroksida.

Sama seperti reaksi hidrolisis garam dari basa kuat dan asam lemah di atas, reaksi hidrolisis garam dari asam kuat dan basa lemah akan mengalami reaksi hidrolisis parsial yaitu hidrolisis kation. Contoh garam dari asam kuat dan basa lemah adalah amonium klorida NH4kl.

Baca Juga :  Cara Mengecek Riwayat Mobil Bekas Sebelum Membeli

NH garam amonium klorida4Cl terdiri dari anion kl dan kation NH4+. Ion NH4+ berasal dari basa lemah NH3 akan mengalami hidrolisis ion sementara kl yang bersumber dari asam kuat HCl tidak akan mengalami hidrolisis seperti ditunjukkan pada reaksi berikut:

1686430121 953 Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

Pada reaksi di atas terlihat bahwa hidrolisis garam amonium klorida menghasilkan ion H3HAI+ sehingga larutan bersifat asam.

  1. Reaksi Hidrolisis Garam Asam Lemah dan Basa Lemah

Jika hidrolisis melibatkan garam yang terbuat dari basa lemah dan juga asam lemah, maka akan terjadi hidrolisis total, yaitu hidrolisis anion dan kation dari garam tersebut. Sifat larutan tergantung pada kekuatan relatif asam lemah dan basa lemah garam.

Jika asam lebih lemah dari basa (Ka < Kb), maka anion akan lebih banyak terhidrolisis sehingga sifat larutan menjadi basa. Namun, jika basa lebih lemah dari asam (Kb < Ka) maka lebih banyak kation yang terhidrolisis sehingga larutan bersifat asam.

Jika asam dan basa sama lemahnya (Ka = Kb) maka akan menghasilkan larutan yang netral. Contoh garam dari asam lemah dan basa lemah adalah amonium asetat NH4CH3COO terdiri dari anion CH3COO dan kation NH4+. Kedua ion ini berasal dari elektrolit lemah sehingga terhidrolisis.

1686430121 6 Hidrolisis Pengertian 4 Macam Reaksi Contoh Soal

Contoh Masalah Hidrolisis

Tentukan ion mana yang mengalami hidrolisis dalam air dan mana yang tidak:

A. cn= terhidrolisis dalam air

B. Na+ = tidak terhidrolisis dalam air

C. CO32- = terhidrolisis dalam air

D. S2- = terhidrolisis dalam air

Penutupan

Hidrolisis adalah istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan reaksi suatu zat dengan air, yaitu reaksi garam dengan air. Dengan konsep hidrolisis dapat diketahui bagaimana sifat-sifat garam bila dilarutkan dalam air apakah terbentuk larutan netral, asam atau basa.

mejakelas.com

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru