Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Serta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

- Penulis

Senin, 24 April 2023 - 14:02 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

shopping gc228947d0 1280

shopping gc228947d0 1280

Setiap makhluk hidup pasti mempunyai kebutuhan yang beragam dan tidak terbatas, misalnya saja saat manusia lahir sudah membutuhkan berbagai seperti makan dan minum. Manusia sebagai makhluk hidup pasti mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam sehingga terdapat jenis-jenis kebutuhan manusia dilihat dari berbagai sudut pandang.

Menurut Abraham Maslow manusia mempunyai lima kebutuhan dasar yakni kebutuhan fisiologi kemana, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri. Sedangkan menurut Gardner Murphy kebutuhan manusia dikategorikan berdasarkan empat jenis yaitu kebutuhan dasar, kebutuhan akan kegiatan, kebutuhan sensori dan kebutuhan untuk menolak sesuatu yang tidak mengenakkan.

Kebutuhan manusia yang beraneka ragam membuat manusia memiliki keinginan untuk memenuhinya dengan cara seperti mencari nafkah. Pemenuhan kebutuhan tersebut sudah menjadi naluri manusia untuk mendapatkannya. Tujuan manusia memenuhi kebutuhannya adalah untuk mendapatkan kepuasan dan kesejahteraan yang diinginkan. Tentunya jika hal tersebut tidak terpenuhi maka manusia akan merasa tidak puas sehingga menimbulkan kekecewaan dan merasa dirinya tidak sejahtera.

Jenis-jenis kebutuhan manusia juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor-faktor yang menyebabkan manusia mempunyai keinginan memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan manusia perhatikan penjelasan jenis-jenis kebutuhan manusia berikut ini.

1. Kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya

Berdasarkan intensitasnya kebutuhan manusia dibedakan menjadi 3 jenis yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Kebutuhan primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang intensitasnya paling tinggi dan yang paling utama harus dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan primer dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup jadi jika tidak terpenuhi maka manusia tidak akan dapat hidup.

Kebutuhan primer yaitu sandang, pangan, papan. Sandang adalah kebutuhan manusia akan pakaian, karena pakaian berfungsi sebagai pelindung tubuh dari lingkungan serta melindungi manusia dari keinginan atau pikiran asusila. Pangan merupakan kebutuhan manusia akan makanan, sebagai makhluk hidup tentunya manusia membutuhkan makan untuk bertahan hidup. Kemudian papan merupakan kebutuhan manusia akan tempat tinggal, yakni sebagai tempat berlindung dan tempat aktivitas manusia.

Baca Juga :  Pengertian Bioteknologi : Sejarah, Prinsip, Jenis, Manfaat dan Penerapan Bioteknologi

Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang muncul atau dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder manusia bermacam-macam sesuai dengan keinginan dan kemampuan manusia itu sendiri. Kebutuhan sekunder dipenuhi sebagai pelengkap kehidupan manusia dimana jika kebutuhan ini terenyi amka kualitas dan kelayakan hidup manusia akan meningkat.

Setiap orang mempunyai kebutuhan sekunder yang berbeda, misal kendaraan, sepatu, make up, handphone, kulkas, atau mesin cuci. Tergantung dengan kemampuan dan keinginan manusia tersebut.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer dna sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini identik dengan kemewahan, kediaman manusia memenuhinya untuk mendapatkan kepuasan dan kenyamanan. Namun, karena kemampuan dan keinginan setiap orang berbeda suatu pemenuhan kebutuhan tersier satu orang belum tentu kebutuhan tersebut menjadi kebutuhan tersier orang lain.

Contoh kebutuhan tersier adala rumah mewah, jam tangan mewah, perhiasan, mobil, rekreasi dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan manusia berdasarkan waktunya

Waktu pemenuhan kebutuhan manusia memunculkan jenis kebutuhan manusia tersendiri yang didasarkan pada lamanya atau cepatnya manusia harus memenuhi kebutuhan tersebut.

Kebutuhan mendesak

Kebutuhan mendesak adalah kebutuhan yang tidak direncanakan untuk dipenuhi namun muncul dalam waktu yang tiba-tiba, serta bersifat kritis, darurat atau genting. Kebutuhan ini harus segera dipenuhi saat itu juga misalnya kebutuhan stok untuk transfusi darah dimana stok telah habis dan jika tidak dipenuhi dapat mengancam jiwa seseorang, lalu kebutuhan plasma darah bagi orang yang terinfeksi virus covid 19.

Kebutuhan masa kini atau sekarang

Jenis kebutuhan ini adalah kebutuhan yang bersifat mendesak dan harus segera dipenuhi, sehingga pemenuhan kebutuhan manusia jenis ini tidak boleh ditunda. Misalnya kebutuhan manusia untuk berobat saat sakit, kebutuhan manusia saat lapar, kebutuhan untuk minum saat haus, kebutuhan siswa membeli buku saat bukunya habis, dna lain sebagianya.

Baca Juga :  Macam-Macam Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia

Kebutuhan masa depan atau yang akan datang

Kebutuhan yang akan datang  merupakan kebutuhan yang dipersiapkan manusia untuk masa mendatang, sehingga jenis kebutuhan manusia ini dapat ditunda untuk waktu pemenuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan ini maka diperlukan pengorbanan sekarang meskipun digunakan untuk masa depan.

Misal kebutuhan masa depan adalah investasi, asuransi dan tabungan.

3. Kebutuhan berdasarkan subjeknya

Berdasarkan subjeknya kebutuhan manusia dibedakan menjadi dua yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan sosial.

Kebutuhan individu

Kebutuhan individu adalah kebutuhan manusia yang bersifat pribadi, keutuhan ini berbeda-beda setiap orang. Biasanya kebutuhan ini juga identik dengan jenis pekerjaan seseorang, misal seorang penulis membutuhkan laptop untuk bekerja, seorang petani membutuhkan alat pembajak sawah untuk bekerja, atau seorang siswa membutuhkan alat tulis untuk bersekolah.

Kebutuhan sosial atau kelompok

Kebutuhan sosial merupakan kebutuhan manusia akan suatu barang atau jasa yang umum dibutuhkan oleh masyarakat luas. Kebutuhan ini bertujuan untuk kepentingan banyak orang, misla kebutuhan ini adalah jembatan, jalan raya, puskesmas, rumah sakit dan transportasi umum.

4. Kebutuhan berdasarkan sifatnya

Terdapat dua jenis kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya yakni kebutuhan jasmani dan rohani.

Kebutuhan jasmani

Kebutuhan ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang berhubungan dengan raga atau tubuh.  Kebutuhan  jasmani juga berkaitan dengan kesehatan dan penampilan serta fisik manusia. Misal kebutuhan jasmani adalah olahraga, pakaian yang bagus, perhiasan, minyak wangi, makan, minum, tidur dan lain sebagainya. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka akan berpengaruh kepada keadaan jamanis seseorang.

Kebutuhan rohani

Kebutuhan rohani berhubungan dengan psikis atau kerohanian seseorang, kebutuhan manusia jenis  ini meliput aspek intelektual, kejiwaan, dan perilaku,. Contoh kebutuhan ini adalah ibadah, rekreasi, musik, film, pendidikan, dan lain sebagainya. 

 

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru