Kisi-Kisi Soal yang Akan Ditanya Saat Wawancara PPG Prajabatan 2024 Beserta Jawabannya

- Penulis

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PUSAT DAPODIK – Dibawah ini merupakan 10 pertanyaan lengkap dengan contoh jawaban wawancara beasiswa PPG Prajabatan 2024. Bagi Anda para pelamar beasiswa PPG yang telah dinyatakan lulus tes substantif berikutnya akan melanjutkan sesi wawancara.

Sebelum mengetahui kisi-kisi soal yang akan ditanya saat wawancara PPG Prajabatan 2024 ada baiknya Anda mengetahui terkait pengertian PPG Prajabatan. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait beasiswa PPG Prajabatan 2024.

PPG Prajabatan Itu Apa?

Kisi-Kisi Soal yang Akan Ditanya Saat Wawancara PPG Prajabatan 2024 Beserta Jawabannya

PPG Prajabatan merupakan sebuah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi seorang guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta pada profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

PPG Prajabatan diadakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan atau Diploma IV baik dari jurusan pendidikan atau non kependidikan bagi calon guru untuk bisa mendapatkan sertifikat pendidik.

Perjalanan menjadi Generasi Baru Guru Indonesia yakni dimulai dengan tahap seleksi dan mengikuti rangkaian Program Pendidikan Profesi Guru. Adapun, program ini diadakan selama dua semester yang terdiri atas perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan, serta pendampingan.

Perlu Diketahui, calon guru yang lulus dari PPG Prajabatan akan mendapatkan sertifikat pendidik pada tingkat pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, serta pendidikan menengah. Sertifikat ini sangat penting sebagai bukti kualifikasi seorang guru profesional. Tidak hanya itu PPG Prajabatan juga membantu meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, profesional, serta kepribadian calon guru untuk memulai karier sebagai guru profesional.

Kisi-Kisi Soal Wawancara PPG Prajabatan 2024

Kisi-Kisi Soal yang Akan Ditanya Saat Wawancara PPG Prajabatan 2024 Beserta Jawabannya (2)

Dibawah ini merupakan pembahasan soal wawancara prajabatan 2024 lengkap beserta jawabannya.

1. Kenapa Anda ingin menjadi seorang Guru?

Jawaban: Saya ingin menjadi guru karena saya mempunyai passion untuk mengajar dan mendidik anak murid. Saya percaya bahwa pendidikan adalah tonggak kemajuan suatu bangsa. Dan saya ingin mengambil bagian dan peran dalam estafet untuk dapat mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

Baca Juga :  Lengkap!! Ini Contoh Pakta Integritas Guru Penggerak untuk Angkatan 11

2. Apa yang Anda ketahui tentang PPG Prajabatan?

Jawaban: PPG Prajabatan merupakan sebuah program pendidikan yang diadakan setelah program sarjana baik dari kependidikan atau non-pendidikan untuk dapat mempersiapkan calon guru yang mempunyai kompetensi yang sesuai pada standar pendidikan nasional serta memperoleh sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Program ini terdiri atas dua semester yaitu, semester 1 khusus teori dan semester 2 adalah praktik pengajar.

3. Jelaskan alasan Anda mengikuti PPG Prajabatan?

Jawaban: Alasan saya mengikuti PPG Prajabatan yaitu untuk meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang guru profesional dan mendapatkan serdik atau sertifikat pendidik yang dapat menjamin saya sebagai guru handal.

4. Bagaimana cara membentuk peserta didik agar memiliki sikap yang bertanggung jawab?

Jawaban: Sikap tanggung jawab bisa dibentuk dengan cara melaksanakan tata tertib sekolah ataupun tata tertib kelas dengan konsisten. Bagi para peserta didik yang melanggar tata tertib tersebut  maka akan diberikan teguran secara langsung.

5. Bagaimana cara Anda sebagai seorang guru dalam memanfaatkan waktu belajar yang banyak dalam pembelajaran di dalam kelas?

Jawaban: Waktu belajar yang banyak bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk memperdalam materi pembelajaran. Terutama pada topik yang dianggap berat, dan bisa digunakan juga untuk mengajak peserta didik menciptakan suatu karya. Tidak hanya itu, waktu yang banyak juga bisa diguakan sebagai kesempatan untuk dapat membangun hubungan yang bersahabat antara guru dan peserta didik, atau antara peserta didik dengan peserta didik lainnya dengan cara bermain games seru.

6. Bagaimana cara Anda memanfaatkan waktu yang singkat dalam pembelajaran di kelas?

Jawaban: Waktu yang relatif singkat bisa digunakan oleh pendidik untuk dapat menyampaikan materi langsung ke intinya. Tidak hanya itu pendidik juga dapat menyampaikan materi dalam bentuk poin-poin penting saja.

Baca Juga :  PPG Prajabatan Dibuka! Ini Dia Kesempatanmu Menjadi Guru Profesional

7. Jelaskan cara Anda sebagai pendidik untuk membangun dan meningkatkan semangat belajar siswa?

Jawaban: Guru bisa membangun dan meningkatkan semangat belajar siswa dengan cara menceritakan kisah sukses para idola mereka. Semangat siswa juga semakin meningkat dengan cara menstimulus psikologi siswa dengan harapan orangtua mereka.

8. Bagaimana cara Anda menghadapi tantangan menjadi pendidik di era digital?

Jawaban: Saya akan terus meningkatkan skill saya dalam bidang teknologi sesuai dengan kebutuhan saat ini serta saya akan memanfaatkan teknologi digital untuk dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.

9. Jelaskan cara Anda sebagai pendidik untuk memperbaiki perilaku negatif dari perseta didik?

Jawaban: Perilaku negatif peserta didik bisa diperbaiki dengan cara memberikan pemahaman secara konkret akibat dari adanya perilaku negatif tersebut dengan melalui bimbingan konseling. Kemudian perilaku negatif yang tidak bisa ditolerir bisa diberikan sanksi sesuai dengan tata tertib sekolah.

10. Apa yang Anda ketahui tentang bidang studi yang Anda lamar?

Jawaban: (versi pendidikan PGSD), saya mempunyai latar belakang pendidikan di bidang PGSD. Saya mempunyai pemahaman yang baik terkait materi pembelajaran di Sekolah Dasar dan metode pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan dasar.

Kesimpulan

Itulah di atas pembahasan lengkap terkait kisi-kisi soal yang akan ditanyakan saat wawancara PPG Prajabatan 2024 lengkap dengan jawabannya. Demikian pembahasan kali ini, semoga informasi yang disampaikan terkait kisi-kisi soal dan jawabannya di atas bisa bermanfaat.

Berita Terkait

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru
Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini
Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!
Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)
Kontrak Honorer Akan Diperpanjang Sampai 2027? Pertanda Kuat Honorer Tidak Jadi Dihapus
Ada beberapa Tunjangan Guru Yang nantinya Akan di Hapus Mulai Tahun 2025, Apa saja itu ?
Bukan Tanggal 15 Juli, MenpanRB Targetkan Seleksi CPNS 2024 Tetap Dibuka Bulan Juli
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:46 WIB

Ini Yang Harus Bapak/ibu Lakukan Jika sudah Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB

Kamis, 18 Juli 2024 - 13:50 WIB

Cara Melihat Penilaian Pengelolaan Kinerja PMM di E- Kinerja BKN Untuk Guru

Rabu, 17 Juli 2024 - 05:24 WIB

Selamat untuk Guru Jateng, TPG TW 2 Akan Segera di Kirimkan ke Rekening Pertengahan Juli Ini

Senin, 15 Juli 2024 - 19:23 WIB

Tirta Dalam Coaching Guru Penggerak, Yuk Pahami Alurnya!

Senin, 15 Juli 2024 - 11:13 WIB

Piloting PPG Daljab 2024 (Sistem Baru Menuju Sertifikasi Guru Profesional)

Berita Terbaru