PusatDapodik
Home Dapodik Kenali 4 Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Kenali 4 Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

images (1)

Pusat Dapodik– Bagi sebagian besar guru honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun di instansi pendidikan tentunya impian terbesarnya adalah memiliki sertifikat pengajar. Untuk memperoleh sertifikat pendidik tersebut, guru harus melalui serangkaian proses PPG. PPG Daljab tahun 2024 merupakan program dari Kemendikbud ristek yang bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi guru.

Program PPG Daljab merupakan bentuk apresiasi dan kesempatan bagi guru yang telah berdedikasi dalam mengajar sehingga bisa mendapatkan sertifikat pendidik. Perlu diketahui bahwa dalam PPG Daljab tahun 2024 ini ada sejumlah kriteria guru yang otomatis  dipanggil program ini. Apa saja Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan Tahun 2024 apakah anda salah satunya?

4 Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Menurut database kemendikbudristek ada Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan Tahun 2024. Penasaran? Langsung saja ini alasannya untuk anda:

1. Guru ASN di Sekolah Negeri Kualifikasi S1 dan S2

Kriteria pertama adalah untuk guru ASN yang sudah mengajar di sekolah negeri dengan kualifikasi pendidikan terakhir baik S1 maupun S2 dari non pendidikan guru. Dengan ketentuan lebih lanjut sebagai berikut ini:

  • Guru ASN yang telah diangkat menjadi PNS atau PPPK dengan kualifikasi S1 atau S2 dari bidang studi lain selain pendidikan.
  • Guru ASN yang mengajar di sekolah negeri yang memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Pendidik).
  • Guru ASN yang belum mengikuti PPG Prajabatan atau PPG Daljab sebelumnya.

2. Guru ASN di Sekolah Negeri Kualifikasi D4 PGSD

Selanjutnya adalah kriteria untuk guru ASN yang sudah mengajar di sekolah negeri dan memiliki kualifikasi pendidikan terakhir adalah Diploma IV atau D4 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Ketentuan lebih lanjutnya adalah sebagai berikut ini:

  • Guru ASN yang telah diangkat menjadi PNS atau PPPK dengan kualifikasi Diploma IV PGSD
  • Guru ASN yang mengajar di sekolah negeri dan memiliki NUPTK
  • Guru ASN yang belum pernah mengikuti PPG Prajabatan atau PPG Daljab sebelumnya.

3. Guru ASN Di Sekolah Negeri Kualifikasi S1 PGSD Namun Belum Bersertifikasi

Selanjutnya merupakan kesempatan bagi semua guru ASN yang sudah mengajar di sekolah negeri di seluruh Indonesia dan sudah memiliki kualifikasi S1 jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar namun belum memiliki sertifikasi guru. Dengan ketentuan :

  • Guru ASN yang telah diangkat menjadi PNS atau PPPK dengan kualifikasi S1 PGSD.
  • Guru ASN yang mengajar di sekolah negeri dan memiliki NUPTK
  • Guru ASN yang belum memiliki sertifikat guru dari Kemendikbud ristek.

4. Guru ASN DI Sekolah Negeri Dengan Kualifikasi S1, S2 Maupun D4 PGSD Dan Memiliki Sertifikat Guru

Terakhir merupakan guru yang sudah berstatus ASN dengan kualifikasi pendidikan terakhir baik S1, S2 maupun D4 Pendidikan guru Sekolah Dasar dan memiliki sertifikat guru dengan ketentuan:

  • Guru ASN yang telah diangkat menjadi PNS atau PPPK dengan kualifikasi S1, S2 atau D4 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan memiliki sertifikat guru yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek.
  • Guru ASN yang mengajar di sekolah negeri dan memiliki NUPTK.
  • Guru ASN yang belum pernah mengikuti PPG Prajabatan atau PPG Daljab sebelumnya.

Kuota Pendaftaran PPG Daljab Tahun 2024

Kabar bahagianya, ada sejumlah kenaikan kuota PPG Daljab tahun 2024 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu persyaratannya semakin mudah sehingga tidak mempersulit guru yang sudah mengabdi cukup lama.

Untuk kuota PPG dalam Jabatan tahun 2024 ini mencapai 600.000 kuota. Angka ini cukup besar jika dibandingkan dengan kuota pada tahun-tahun sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa kuota peserta pendidikan untuk PPG Daljab tahun lalu hanyalah 40.000 saja. Sayangnya, jumlah guru non serdik yang terdata di Ditjen GTK hingga saat ini mencapai 1,5 jutaan.

PPG Dalam Jabatan tahun 2024 ini akan terbagi menjadi 2 kategori teknik kategori regular dan kategori khusus. Kategori khusus merupakan kategori yang diperuntukan untuk guru penggerak dan juga eks PLPG. Sementara guru lainnya bisa masuk ke dalam kategori reguler.

Pelaksanaan PPG lewat LMS

Menariknya belum banyak yang tahu bahwa pelaksanaan PPG dalam jabatan tahun 2024 ini akan dilakukan dalam aplikasi PMM. Nantinya PMM akan ada menu baru yang bernama Learning management System atau LMS.

Nantinya, para peserta PPG Daljab tersebut harus mempelajari 3 modul pembelajaran di PMM secara online dan mandiri. Sehingga masa pembelajaran setiap peserta sangat mungkin berbeda antara satu sama lainnya.

Kabar baiknya, jika peserta PPG Daljab gigih maka 3 modul PMM ini bisa diselesaikan dalam 1 bulan saja.

Nah itulah informasi tentang 4 Kriteria Guru Yang Dijamin Ikut PPG Dalam Jabatan ini. semua guru yang lulus seleksi administrasi dan telah mengikuti seleksi akademik akan menjadi kandidat peserta PPG Daljab 2024.

Disclaimer : Saksikan informasi update terbaru tentang pendidikan, CPNS, ASN dan informasi penting bagi guru lainnya dengan bergabung di channel telegram kami. KLIK LINK BERIKUT dan pilih JOIN.  

 

Comment
Share:

Ad