Manfaat Papan Pilihan Matematika

- Penulis

Rabu, 5 April 2023 - 03:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

iStock 1071268040 crop 1 scaled

iStock 1071268040 crop 1 scaled

Pengajaran matematika dapat menjadi tantangan bagi guru sekolah dasar baru karena sifat subjek yang kompleks, berbagai kemampuan siswa di kelas mereka, dan terbatasnya waktu dan sumber daya yang tersedia untuk pengajaran. Sebagai spesialis pengembangan profesional STEAM, kami mendukung kolega kami dengan papan pilihan matematika untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif yang mendorong kreativitas, pemikiran kritis, dan kemandirian. Papan pilihan matematika juga mendukung berbagai kemampuan yang dapat membantu guru baru untuk mempromosikan Kekakuan Matematika.

Papan pilihan biasanya mencakup berbagai kegiatan yang dapat dipilih siswa berdasarkan minat dan tingkat kemampuan masing-masing. Untuk mendukung kolega kami, kami sering masuk ke kelas mereka untuk membuat model dan meluncurkan penggunaan papan pilihan. Kami telah menyusun rutinitas 10 langkah untuk memastikan keberhasilan guru dan siswa.

Cara menyiapkan papan pilihan Anda

1. Menentukan standar dan hasil pembelajaran. Mulailah dengan menentukan standar matematika spesifik yang Anda ingin siswa pelajari, dan identifikasi hasil pembelajaran yang ingin Anda capai. Aturan praktis bagi kami adalah, kami selalu menginginkan pemikir matematika.

2. Buat daftar kegiatan. Anda dapat menggunakan Papan Pilihan Guru kami untuk bertukar pikiran tentang daftar aktivitas matematika yang selaras dengan hasil pembelajaran yang telah Anda tetapkan dan merupakan tugas yang bermanfaat. Pertimbangkan berbagai aktivitas yang memenuhi tingkat kemampuan yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menyertakan aktivitas seperti memecahkan masalah matematika, bermain game matematika, atau membuat proyek matematika.

Jika Anda mencari sumber daya yang lebih komprehensif, Anda dapat menggunakan Panduan Sumber Daya Papan Pilihan kami, yang memiliki deskripsi kategori Ide Besar dan penggunaan yang disarankan untuk Materi Sumber Terbuka. Panduan Sumber Daya Papan Pilihan akan mendukung Anda dalam memilih tugas-tugas yang “tepat” bermanfaat bagi siswa Anda.

3. Rancang papan pilihan. Anda dapat menggunakan Templat Papan Pilihan Siswa kami, dengan bagan jangkar, untuk menginspirasi pembuatan model fisik atau virtual Anda untuk berinteraksi dengan siswa. Itu harus ditampilkan dengan berbagai kegiatan yang dapat dipilih siswa. Atur aktivitas ke dalam kategori atau bagian yang selaras dengan hasil pembelajaran yang telah Anda identifikasi. Sertakan instruksi yang jelas, dan sumber daya atau materi yang diperlukan, untuk setiap aktivitas.

Baca Juga :  Pengertian Industri Manufaktur: Proses Pengendalian dan Contoh Industri Manufaktur di Indonesia

4. Berikan ekspektasi yang jelas. Komunikasikan harapan Anda dengan jelas untuk papan pilihan. Jelaskan berapa banyak aktivitas yang harus diselesaikan siswa, berapa lama mereka harus menyelesaikannya, dan bagaimana pekerjaan akan dinilai atau dinilai.

5. Buat model prosesnya. Peragakan cara menggunakan papan pilihan dan selesaikan aktivitas sendiri. Kemudian mintalah siswa mempraktekkan kegiatan tersebut sementara Anda memantau mereka. Ini akan membantu mereka memahami ekspektasi dan merasa lebih percaya diri dengan kemampuan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan.

6. Tetapkan tujuan dan pantau kemajuan siswa. Anda dapat menggunakan Template Menetapkan Sasaran kami untuk menghubungi siswa secara rutin guna memantau kemajuan mereka dan memberikan umpan balik. Dorong mereka untuk berbagi pekerjaan dengan teman sekelasnya, baik secara langsung maupun melalui platform digital.

7. Renungkan dan sesuaikan. Renungkan proses dan hasilnya. Pertimbangkan apa yang bekerja dengan baik dan apa yang dapat diperbaiki. Gunakan umpan balik ini untuk menyesuaikan aktivitas dan desain papan pilihan untuk penggunaan di masa mendatang.

8. Tawarkan dukungan. Berikan dukungan dan bimbingan sesuai kebutuhan. Dorong siswa untuk mengajukan pertanyaan jika mereka tidak yakin tentang cara menyelesaikan suatu kegiatan. Tawarkan saran dan umpan balik untuk membantu mereka tetap di jalur.

9. Mendorong kreativitas. Tekankan pentingnya kreativitas dan pemikiran mandiri. Dorong siswa untuk menjelajahi berbagai aktivitas dan memunculkan ide mereka sendiri tentang cara terlibat dengan konsep matematika.

10. Rayakan kesuksesan. Rayakan keberhasilan siswa dan hargai kerja keras mereka. Sediakan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pekerjaan mereka dengan kelas atau dengan keluarga mereka.

Baca Juga :  Past Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, Contoh Soal

Menggunakan papan pilihan matematika dapat menjadi strategi pengajaran yang sangat efektif, tetapi penting untuk memilih aktivitas yang tepat yang dapat dibedakan sambil menangani pemahaman konseptual, kelancaran prosedural, dan penerapan. Ketiga aspek tersebut, pemahaman konseptual, kelancaran prosedural, dan penerapan, saling berhubungan. Penting untuk melapisi ketiga aspek ketelitian ini, daripada mengajarkannya secara terpisah, karena ketiganya membangun satu sama lain untuk menciptakan pemahaman matematika yang lengkap.

Tanpa pemahaman konseptual, siswa akan kesulitan untuk memahami bagaimana menerapkan konsep matematika dalam situasi dunia nyata. Tanpa kelancaran prosedural, siswa akan kesulitan melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat. Tanpa kemampuan menerapkan konsep matematika, siswa akan kesulitan melihat relevansi matematika dalam kehidupannya. Untuk alasan ini, intensionalitas tugas yang kami berikan kepada siswa kami sama berharganya dengan memberi siswa pilihan untuk terlibat. Kami tidak ingin siswa kami sibuk bekerja. Kami ingin menggunakan tugas untuk melapisi elemen ketelitian matematika untuk memastikan permintaan kognitif tingkat tinggi.

Papan pilihan matematika adalah alat yang ampuh untuk guru sekolah dasar baru karena mereka meningkatkan keterlibatan, kepemilikan, dan ketelitian siswa dalam pendidikan matematika. Dengan memberi siswa menu aktivitas yang selaras dengan standar dan hasil, papan pilihan matematika memungkinkan siswa mengendalikan pembelajaran mereka, memilih aktivitas yang paling menarik bagi mereka, dan bekerja dengan kecepatan mereka sendiri.

Papan pilihan matematika juga dapat memupuk rasa kebersamaan di kelas saat siswa berkolaborasi dan saling berbagi pekerjaan. Selain itu, menggabungkan kekakuan matematika ke dalam kegiatan papan pilihan dapat menantang siswa untuk berpikir secara mendalam dan kritis tentang konsep matematika dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Pada akhirnya, papan pilihan matematika adalah alat kurikuler yang berharga bagi setiap guru baru untuk membantu menciptakan budaya kelas yang menghargai eksplorasi, kreativitas, dan pemikiran matematis.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru

Viral

Jangan Ya Dek Ya Yang Viral Di Tiktok Asli

Rabu, 24 Jul 2024 - 06:53 WIB