Membuat Papan Visi Dengan Siswa Bahasa Dunia

- Penulis

Jumat, 3 Maret 2023 - 09:53 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

iStock 1356636818 crop scaled

iStock 1356636818 crop scaled

Sebagai seorang pendidik veteran, saya menemukan diri saya terus-menerus mencari cara untuk merasa terinspirasi. Tahun lalu, saya membuat papan visi sebagai bagian dari lokakarya yang berfokus pada kesehatan guru. Dengan gunting, papan poster, tongkat lem, dan beberapa kertas lembar memo dekoratif, saya menghabiskan hari itu dengan melihat-lihat tumpukan majalah dan koran, memotong kata-kata atau gambar yang menonjol bagi saya.

Seperti yang disarankan fasilitator lokakarya, saya fokus pada kata-kata dan gambar yang menarik perhatian saya dan mencerminkan tujuan dan aspirasi saya. Pengalaman itu lebih kuat dan bermakna daripada yang dapat saya bayangkan dan segera membuat saya berpikir tentang bagaimana saya dapat menyesuaikannya dengan kelas bahasa dunia saya.

Beberapa tahun terakhir, saya perhatikan dalam beberapa kesempatan bahwa siswa sekolah menengah saya masih menikmati dan menghargai kesempatan untuk berkreasi di kelas. Wajah mereka menyala setiap kali saya mengeluarkan pensil warna atau spidol.

Bukan rahasia lagi bahwa siswa kami—sama seperti guru mereka—sering kewalahan dan memiliki jadwal yang terlalu padat dan akan sangat diuntungkan dengan mengambil bagian dalam aktivitas yang lebih berorientasi pada kesehatan dan kesadaran. Jadi, proyek licik dan berseni seperti ini kemungkinan akan menarik bagi mereka. Gunting, lem, majalah, koran, kertas lembar memo dekoratif, dan papan poster kecil adalah semua bahan yang dibutuhkan.

Aktivitas Analog

Sementara saya sekilas mempertimbangkan untuk meminta siswa membuat papan visi digital, saya merasa ada nilai dalam tindakan memotong kata dan gambar secara fisik dan mengaturnya di poster. Saya menyukai gagasan bahwa tidak akan ada gangguan terkait komputer atau internet selama proyek berlangsung, sehingga semua siswa saya dapat terlibat dengan penuh perhatian di dalamnya dan menghargai tekstur dan elemen sensorik lain yang terlibat. Saya juga ingin mereka bisa memajang kreasi buatan tangan mereka di rumah.

Baca Juga :  Future Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Setelah menunjukkan kepada siswa model saya dan menjelaskan papan visi saya sendiri, pertama-tama saya meminta siswa saya untuk memahami tujuan mereka. Seperti yang dilakukan fasilitator dalam lokakarya saya, saya mendorong mereka untuk menemukan kata-kata dan gambaran yang menginspirasi mereka atau menyampaikan tujuan mereka dengan cara tertentu.

Menggabungkan Papan Visi dan Pembelajaran Bahasa

Tantangan utama kemudian menjadi, bagaimana saya bisa memasukkan pembelajaran bahasa ke dalam tugas ini?

Saya tahu bahwa saya dapat mencoba mendapatkan sebanyak mungkin majalah dan surat kabar dalam bahasa Spanyol, tetapi itu tampaknya bukan pilihan yang paling praktis. Saya memutuskan bahwa saat siswa bekerja dan membuat kerajinan, saya akan secara informal menanyakan kepada mereka masing-masing untuk menanyakan gambar atau teks apa yang mereka pilih dan bagaimana mereka terinspirasi. Namun, saya segera menentukan bahwa peluang untuk penggunaan bahasa yang kaya akan berperan setelah papan visi dibuat.

Dalam upaya untuk mempraktikkan masa depan dan bentuk kondisional di kelas bahasa Spanyol tingkat menengah saya, saya ingin mereka menggunakan papan visi mereka sebagai dasar untuk kegiatan berbicara presentasi. Memberi siswa contoh teladan itu penting, dan karena saya telah membuat papan visi saya sendiri, saya dapat melakukannya.

Saya memulai dengan menunjuk kata “bepergian” karena saya berencana untuk bepergian ke berbagai negara di masa depan untuk merasakan budaya baru. Saya menjelaskan bahwa saya berharap untuk mengunjungi Jepang dan juga ingin mengunjungi kembali Spanyol, Prancis, dan Inggris. Saya kemudian menunjuk ke frase “sisi terang” karena mendorong saya untuk mempertahankan pola pikir positif bahkan di tengah rintangan. Lain kali saya merasa stres atau kewalahan, saya akan melihat frasa ini dan saya akan ingat untuk hanya bernapas dan menemukan hikmahnya dalam situasi negatif apa pun.

Baca Juga :  KUNCI JAWABAN Kelas 11 SMA SMK Soal PAI dan Budi Pekerti Lengkap Terbaru

Mengikuti model saya, saya mendorong mereka untuk melakukan presentasi mereka dengan cara ini sambil memasukkan berbagai frasa transisi. Saya mengatur mereka ke dalam kelompok yang terdiri dari tiga atau empat orang dan menyetel pengatur waktu, memberi setiap siswa dua hingga tiga menit untuk berbicara tentang papan visi mereka dan bagaimana gambar atau teks mereka mewakili tujuan masa depan mereka.

Elemen interpersonal akan ditambahkan setelah setiap anggota kelompok selesai menunjukkan dan mempresentasikan papan visi mereka. Saya menginstruksikan bahwa setiap siswa perlu merumuskan pertanyaan khusus untuk bertanya kepada setiap anggota kelompok tentang papan khusus mereka. Setelah tanya jawab antarpribadi selesai, sebagai tugas akhir, saya akan meminta siswa menulis refleksi singkat yang menjelaskan apa yang mengilhami mereka atau membuat mereka penasaran dari papan visi teman kelompok mereka dan mengapa, yang nantinya dapat kami bagikan sebagai kelas.

Proyek papan visi ini menjadi unit mini tersendiri untuk dipecah selama beberapa hari pelajaran. Selain itu, logistik komponen presentasi dapat diubah—daripada meminta siswa hadir dalam kelompok, mereka dapat melakukannya secara individu di depan kelas atau melalui rekaman. Mereka juga dapat membuat tulisan presentasi tentang papan visi mereka di mana mereka menulis tentang harapan, impian, tujuan, dan rencana masa depan mereka daripada membicarakannya.

Meskipun tugas dapat bervariasi dalam banyak cara, bagian dasar dari pembuatan papan visi sangat berarti bagi siswa dan dapat membuka jalan bagi penggunaan bahasa target yang autentik. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjangkau dan melibatkan semua pembelajar sambil memberi mereka kesempatan langka untuk memperlambat dan merenungkan apa yang menginspirasi mereka.

Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru