Pengertian Membaca Intensif : Karakteristik, Ciri, Tujuan, Jenis dan Cara Membaca Intensif

- Penulis

Senin, 25 Desember 2023 - 17:40 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membaca Intensif

Membaca Intensif

Cara Membaca Secara Intensif – Apa yang dimaksud dengan membaca intensif intensif? Bagaimana cara membaca intensif yang benar? Mengapa kita harus membaca secara intensif? Apa tujuan membaca intensif? Apa yang dimaksud dengan membaca intensif dan ekstensif? Mengapa kita harus membaca secara intensif? Apa kelebihan membaca artikel dengan metode membaca intensif?

Baca Juga: Pengertian Tindak Pidato

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian membaca intensif, ciri-ciri, ciri-ciri, tujuan, jenis dan cara membaca intensif secara lengkap.


Isi

bersembunyi

1
Memahami Membaca Intensif

2
Ciri-ciri Membaca Intensif

3
Tujuan Membaca Intensif

4
Manfaat Membaca Intensif

5
Tipe Membaca Intensif

5.1
Bacalah dengan seksama

5.2
Pemahaman membaca

5.3
Bacaan Kritis

5.4
Ide Membaca

5.5
Membaca Bahasa Asing

5.6
Membaca Sastra

6
Cara Membaca Secara Intensif

Memahami Membaca Intensif

Membaca Intensif merupakan kegiatan membaca yang dilakukan secara hati-hati, hati-hati, hati-hati dan dengan penanganan yang rinci yang dilakukan pembaca dalam bacaan pendek yang berkisar antara 2-4 halaman. Membaca intensif yaitu membaca kajian isi dan kajian bahasa membaca.

Pengertian membaca intensif adalah suatu kegiatan membaca yang dilakukan seseorang secara cermat agar dapat memahami teks bacaan secara cepat dan tepat. Kemampuan membaca intensif adalah kemampuan memahami secara rinci isi bacaan secara lengkap, akurat dan kritis mengenai fakta, konsep, pendapat, gagasan, pengalaman, perasaan dan pesan yang terkandung dalam teks bacaan.


Membaca intensif merupakan salah satu teknik membaca untuk belajar. Keterampilan membaca intensif membuat pembaca memahami teks, baik pada tataran lateral, interpretatif kritis, maupun evaluatif. Pada aspek kognitif yang dapat dikembangkan dengan teknik membaca intensif adalah kemampuan membaca secara komprehensif.

Ciri-ciri Membaca Intensif

Ciri-ciri atau ciri-ciri membaca intensif antara lain:


  • Membaca untuk memperoleh tingkat pemahaman yang tinggi dengan harapan dapat mengingatnya dalam jangka waktu yang relatif lama.
  • Bacalah secara detail untuk memahami sepenuhnya isi dan bagian teks.
  • Sebagai dasar untuk belajar pemahaman yang lebih baik dan mengingat lebih lama.
  • Tidak menggunakan metode membaca tunggal tetapi menggunakan berbagai teknik membaca seperti scanning, membaca komprehensif, skimming dan teknik lainnya.
  • Tujuan membaca intensif adalah untuk mengembangkan keterampilan membaca secara rinci yang menekankan pada pemahaman kata, pengembangan kosa kata, kalimat dan pemahaman keseluruhan isi wacana.
  • Melatih siswa membaca kalimat-kalimat dalam teks secara cermat dan penuh konsentrasi, presisi, sehingga menemukan kesalahan struktur, kosa kata, dan penggunaan ejaan atau tanda baca.
  • Dapat melatih siswa untuk berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif.

Tujuan Membaca Intensif

Tujuan membaca intensif adalah untuk memperoleh informasi sebagai bahan diskusi, sebagai sarana menentukan pokok bahasan yang menarik dari teks bacaan yang dapat atau cocok dijadikan bahan diskusi.

Membaca intensif juga dapat digunakan sebagai sarana memilih satu atau beberapa poin yang paling tepat untuk dijadikan bahan diskusi. Selain dengan cara ini, kita juga bisa menentukan bahan pembahasan dengan cara menarik kesimpulan dari gagasan pokok kemudian mengambil inti permasalahan.

Manfaat Membaca Intensif

Berikut manfaat membaca intensif, antara lain:

  • Agar pembaca memahami isi teks dengan baik.
  • Agar pembaca memahami latar belakang penulisan teks tersebut.
  • Sehingga pembaca dapat memiliki daya ingat lebih lama terkait isi teks/buku yang dibacanya.

Tipe Membaca Intensif

Berikut ini jenis-jenis membaca intensif, antara lain:


Bacalah dengan seksama

Tujuan membaca secara cermat adalah untuk memahami secara rinci ide-ide yang terkandung dalam teks dan melihat organisasi atau pendekatan penulisan yang digunakan penulis. Dengan membaca seperti ini, pembaca dituntut mampu mengenali dan menghubungkan gagasan-gagasan yang ada, baik dalam kalimat maupun dalam tiap paragraf.

Baca Juga : Pengertian Retorika

Pemahaman membaca

Pengertian membaca pemahaman menurut Tarigan (1986:56) adalah jenis membaca dengan tujuan memahami standar atau norma sastra, tinjauan kritis, drama tertulis, dan pola fiksi.

Bacaan Kritis

Pengertian membaca kritis adalah suatu jenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh pertimbangan, mendalam, evaluatif, analitis dan tidak sekedar mencari-cari kesalahan.

Ide Membaca

Pengertian membaca ide adalah suatu jenis kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari, memperoleh dan memanfaatkan ide-ide yang terkandung dalam bacaan. Pengertian membaca ide menurut Tarigan (1986:56) adalah kegiatan membaca yang bertujuan untuk mencari jawaban atau pertanyaan dalam suatu bacaan, seperti:

  • Mengapa itu judul atau topik yang bagus?
  • Permasalahan apa saja yang dibahas atau dijelaskan dalam bacaan tersebut?
  • Apa yang dipelajari dan dilakukan karakter tersebut?

Membaca Bahasa Asing

Umumnya tujuan membaca bahasa asing pada tingkat yang lebih rendah adalah untuk meningkatkan kekuatan kata dan mengembangkan kosa kata, pada tingkat yang lebih luas tujuannya tentu saja untuk mencapai kefasihan.

Membaca Sastra

Pengertian membaca sastra adalah kegiatan membaca karya sastra, baik yang berkaitan dengan tujuan penghayatan maupun yang berkaitan dengan tujuan kajian dan tujuan kajian.

Cara Membaca Secara Intensif

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan untuk menyimpulkan informasi atau hal yang baik untuk dijadikan bahan pembahasan dari sebuah teks, antara lain:

  • Bacalah dengan cermat agar Anda bisa menentukan mana yang paling menarik dari hal lainnya. Sebaiknya Anda mencari ide-ide pokok yang ada lalu memilih ide-ide yang paling layak dijadikan bahan diskusi.
  • Pertimbangkan kemampuan Anda sendiri dan kemampuan rekan diskusi Anda mengenai kemampuan Anda dalam menguasai atau memahami hal-hal yang akan dibicarakan. Jangan biarkan diri Anda memilih diskusi yang menarik jika Anda sendiri tidak memahami permasalahannya.
  • Pertimbangkan referensi yang dimiliki peserta diskusi mengenai hal yang akan dibicarakan.

Baca juga : Pengertian Talkshow

Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian membaca intensif, ciri-ciri, ciri-ciri, tujuan, jenis dan cara membaca intensif secara lengkap. semoga bermanfaat


Berita Terkait

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya
Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka
Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..
Contoh Soal IPA Kelas 8 SMP MTs Kurikulum Merdeka Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup
Materi Biologi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Lengkap
20 Soal Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:23 WIB

Bagaimana Cara Membuat Media Pembelajaran Interaktif? Begini Penjelasannya

Sabtu, 6 Juli 2024 - 17:04 WIB

Bagaimana Pembelajaran Yang Sesuai Dengan Tahap Perkembangan Siswa SD Menurut Piaget?

Kamis, 27 Juni 2024 - 11:03 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Rabu, 26 Juni 2024 - 20:15 WIB

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Senin, 24 Juni 2024 - 16:11 WIB

Dalam Rantai Makanan Tumbuhan Hijau Berfungsi Sebagai…..

Berita Terbaru